--> Skip to main content

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110

Ganti kabel print head dan kabel sensor CR encoder pada printer epson L1110. Ada kalanya printer epson mengalami error hanya disebabkan karena kerusakan pada bagian kabel fleksibel print head. Kerusakan ini tidak hanya terjadi pada printer epson L1110 saja namun bisa terjadi pada semua printer. Sebagai contoh misalnya epson L3110, epson L310, epson L300, epson L120, epson 1390, dll.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Kabel fleksibel print head epson L1110

Untuk jenis kerusakan ini bisa menimbulkan beberapa gejala error yang muncul. Misalnya sebagai berikut ini. Gejala ini bisa terjadi pada semua tipe printer inkjet epson
  • Printer mengalami blinking error pada saat mulai dinyalakan
  • Printer tiba-tiba berhenti pada saat sedang proses mencetak atau print dan muncul blinking atau notifikasi general error pada komputer yang terhubung ke printer
  • Hasil print menjadi rusak misalnya adanya blok warna warni
  • Ada sebagian warna yang tidak keluar pada hasil print 
  • Gerakan rumah catridge yang tidak beraturan misalnya gerakan rumah catridge/rumah head yang bergerak cepat dan membentur sisi kiri dan kanan batas jalur rumah catridge
  • dan banyak lagi
Gejala Error pada printer epson l1110 di atas tidak sepenuhnya mutlak disebabkan karena kerusakan pada bagian kabel fleksibel namun bisa juga disebabkan karena ada kerusakan bagian lainnya.

Bagaimana cara menemukan atau menentukan letak kerusakan pada printer epson?


Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa gejala yang muncul tidak mutlak disebabkan oleh komponen tertentu. Dengan demikian kita harus melakukan analisa pada bagian yang kita curigai. Untuk hal ini kita kembali lagi pada metode perbaikan printer yaitu

Kapan terjadinya error ? pada saat proses apa ? dan komponen apa saja yang berperan dalam proses tersebut? 

Untuk menemukan kerusakan maka terlebih dahulu kita fokus pada komponen tersebut. Jika tidak ditemukan keganjalan maka selanjutnya kita perhatikan komponen pendukungnya.

Dalam perbaikan printer epson ini untuk yang sudah sering melakukan perbaikan biasanya akan langsung tau letak kerusakan walaupun hanya dengan melihat gejala dan gerakan printer sebelum terjadinya error. Hal ini karena hasil pengalaman perbaikan yang biasa dilakukan.

Untuk pemula baik itu yang ingin belajar memperbaiki printer epson atau juga karena keadaan tertentu yang memaksa untuk memperbaiki printer sendiri bisa menggunakan metode yang sudah disebutkan di atas.

Perhatikan semua gerakan printer, dengarkan suara-suara yang muncul pada saat printer bergerak. Jika ada sesuatu yang tidak normal maka  kita fokus pada bagian tersebut.

Perbaikan printer untuk pemula juga akan lebih gampang jika kita mempunyai printer lain yang sejenis yang masih bagus. Dengan printer tersebut kita bisa membandingkan antara printer yang bagus dengan printer yang mengalami kerusakan.

Selain itu juga kita bisa coba-coba ganti komponen yang dicuriagi dengan komponen dari printer yang masih bagus atau normal. Namun tentunya Anda harus berani menanggung segala resiko yang mungkin terjadi.

Untuk lebih lengkap cara perbaikan printer epson untuk pemula mungkin akan dibahas pada artikel lain. pada artikel ini saya hanya membahas secara sekilas saja sebagai pengantar untuk pembahasan cara mengganti kabel print head epson L1110.

Hal ini bertujuan supaya pembaca medapatkan informasi penunjang terhadap pokok permasalahan yang akan dibahas pada artikel ini.

Selanjutnya kita kembali ke pokok permasalahan bagaimana cara mengganti kabel fleksibel printer epson L1110.

Cara mengganti kabel fleksibel print head dan sensor printer epson L1110


Perbaikan atau penggantian suatu alat pasti akan terasa mudah untuk yang biasa. Namun berbeda dengan mereka yang masih dalam proses belajar atau jarang bongkar-bongkar.

Pada artikel ini saya ingin membuat tutorial bagaimana cara bongkar printer L1110, mengganti print head sampai dengan mengganti kabel fleksibelnya.
Untuk proses reset printer yang error berkedip bisa dicek diartikel alinnya tentang reset printer epson L1110

Baikalh kita langsung ke tutorialnya. Namun perlu diingat bahwa saya  tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi karena mengikuti tutorial ini.

Bongkar atau Cara Melepas Casing Atas Printer Epson L1110


Untuk Prosesnya pertama-tama pastikan bahwa printer Anda sudah tidak dalam masa garansi. Jika printer tetap dibongkar maka garansi akan hangus. Tentunya ini sangat merugikan kita.

Jika Anda sudah yakin selanjutnya lepas dulu sambungan listrik dari printer untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Melepas kabel power listrik yang terhubung ke printer

Jika Kabel power sudah dilepas sekarang kita bongkar bagian casing atas printer. Namun sebelum melepas atau bongkar bagian tersebut ada beberapa tahap yang mesti dilakukan yaitu pertama buka penutup tabung tinta terlebih dahulu seperti pada gambar berikut ini.

Cara bongkar casing atas printer Epson L1110
Membuka penutup tabung tinta sebelum melepas casing printer epson L1110

Kemudian buka 2 baut pada bagian depan. Baut  ini mengunci casing atas sehingga harus dibuka dulu. Gunakan obeng plus untuk membukanya.

Cara bongkar casing atas printer Epson L1110
Membuka baut printer epson L1110

Setelah baut bagian depan dibuka selanjutnya angkat casing atas printer perlahan sampai terbuka seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk melepas  casing atas, lakukan dengan cara menggeser casing atau penutup printer atas ke arah kiri. kemudian angkat sisi kiri sampai lepas dari dudukannya, kemudian geser ke arah kanan untuk melepas sisi kanan dari dudukannya

Cara bongkar casing atas printer Epson L1110
Melepas casing atas printer epson L1110

Setelah penutup atau lepas, lepas kabel fleksibel  on/off dari socketnya. Tahap ini sebenarnya bisa di lakukan juga sebelum melepas casing atau penutup atas printer.

Cara bongkar casing atas printer Epson L1110
Melepas kabel fleksibel on/off

Untuk tahapan selanjutnya kita akan melepas bagian printe head.

Melepas/Mengganti Print Head Epson L1110


Print head pada printer merupakan bagian yang sangat sensitif dan menjadi ujung tombak dari kualitas sebuah printer. Kualitas hasil cetak ditentukan oleh bagian ini. Hasil cetak bolong-bolong, hasil cetak bergaris dan masalah hasil cetak biasanya 90% disebabkan karena adanya masalah pada pint head.

Pada saat melepas print head anda wajib berhati-hati saat mengerjakannya. Kalau misalkan bagian nozzle print head tergores maka hasil cetak akan rusak.

Jika sudah terjadi demikian maka tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru dan tentunya dengan harga yang cukup mahal. Untuk printer Epson L1110 ini harga print headnya sekitar 750 - 850 ribu.

Jika Anda sudah yakin dengan resiko yang mungkin terjadi, selanjutya kita lanjut ke tahap melepas print head printer Epson L1110 ini.

Tahap pertama silahkan lepas catridge dengan cara menekan penguncinya kemudian angkat ke atas dengan perlahan.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Melepas catridge epson L1110

Jika catridge sudah dilepas, selanjutnya lepas juga bagian yang diberi tanda anak panah (dudukan catridge) seperti pada gambar di  bawah ini.

Untuk melepas bagian tersebut cukup mudah yaitu dengan cara menekan penguncinya yang berada di sisi kiri dan kanan dengan menggunakan pinset atau sejenisnya.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Melepas dudukan catridge epson L1110

Selenjutnya buka tiga baut pada komponen print head menggunakan obeng plus. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak bagian print head.

Print head yang sudah dilepas terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Melepas print head epson L1110

Setelah print head berhasil dilepas, selanjutnya lepas kabel fleksibelnya. Ingat lakukan dengan perlahan dan hati-hati.

Baca Juga: Cara Membongkar Casing dan Mengganti Head Printer EPSON L110, L300, L310, L210

Melepas dan mengganti Kabel fleksibel Printer Epson L1110


Pada tahapan sebelumnya kita sudah berhasil melepas print head, untuk kali ini kita lanjut ke tahapan melepas kabel fleksibel printhead dan kemudian menggantinya.

Untuk langkah pertama kita lepas kabel fleksibel dari socket pada mainboard printer. Hati-hati jangan sampai sobek.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Lepas kabel fleksibel dari socket pada mainboard 

Selanjtunya silahkan perhatikan gambar di bawah ini. Terlihat ada bagian bagian yang diberi tanda anak panah dengan no 1, 2 dan 3.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Proses melepas kabel print head dan sensor 

Pada tahapan ini sebelum melepas kabel kita lepas dulu bagian yang diberi no.1 dengan cara melepas baut no.2 dan kemudian kita lepas no.1 dengan cara menggesernya ke sebelah kiri sambil menekan penguncinya no 3.

Setelah itu lepas penjepit kabel seperti pada gambar di bawah ini dengan cara menggesernya  kemudian tarik sampai lepas dari dudukannya.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Membuka kabel fleksibel Epson L1110

Untuk langkah selanjutnya kita siapkan kabel fleksibel yang baru. Kabel fleksibel terdiri dari 2 buah kabel fleksibel print head dan satu lagi kabel fleksibel sensor Cr Encoder (sensor yang mengatur pergerakan rumah catridge/carriage unit)

Kabel fleksibel yang baru biasanya masih lurus belum ada lipatan atau lekukan, oleh karean itu silahkan atur lekukannya seperti kabel bawaan printer. Setelah itu pasang kembali seperti semula.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Pemasanga kabel fleksibel sensor CR Encoder printer Epson L1110

Pada saat pemasangan kabel, bagian yang kita dahulukan adalah kabel untuk sensor CR Encoder. Cara memasangnya bisa dilihat seperti pada gambar di atas.

Pasang juga kabel fleksibel yang ke print head. Untuk pemasangannya lakukan dengan hati-hati, jangan sampai ada ujung kabel yang terkelupas. Dan ingat pemasangannya harus benar-benar pas.

Jika pemasangannya sedikit miring akan terjadi konslet yang bisa membakar print head, kabel dan merusak mainboard.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Pemasangan kabel print head epson L1110

Setelah dirasa kabel fleksibel terpasang dengan benar, silahkan satukan dengan kabel sensor kemudian pakailah lakban kertas atau sejenisnya untuk menyatukan dua kabel supaya tertata rapi (bisa dilihat pada gambar di atas).

Lanjut ke sisi kabel yang lain. Pada titik tempat pejepit kabel, siahkan satukan kabel dengan menggunakan lakban seperti gambar di bawah ini. Setelah itu pasang penjepit kabelnya

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Satukan kebel fleksibel dan gunakan lakban

Memasang kabel print head epson L1110 supaya rapih 

Pasang kembali kabel dan penjepitnya (tidak tau nama istilahnya) seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Memasang kabel fleksibel

Langkah terakhir sambungkan kembali kabel fleksibel ke mainboard. Lakukan dengan hati-hati dan pemasangan harus benar-benar pas.

Silahkan coba gerakan catridge ke kiri dan kanan. Pastikan kabel fleksibel bisa bergerak dengan bebas, tidak kusut dan tidak menghalangi gerakan cariage unit.

Jika ketika carriage unit susah untuk di geser, itu tandanya bagian tersebut dalam keadaan terkunci. Silahkan lakukan cara berikut ini untuk mengatasinya.

Baca Juga: Reset Printer Epson L3110 Blinking [reseter epson L3110]

Mengeser Catridge Printer L1110


Ketika printer dimatikan maka carriage unit akan dikunci sehingga susah untuk digerakan. Jika Anda ingin mengesernya maka buka telebih dahulu penguncinya dengan cara memutar gear yang diberi tanda pada gamabr di bawah ini. Silahkan putar sampai carriage unit tidak terkunci.

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Cara melepas pengunci carriage unit Epson L1110

Untuk melihat apakah masih terkunci atau belum, Anda juga bisa melihat penguncinya secara langsung.

Perhatikan bagian yang diberi tanda lingkaran merah pada gambar di bawah ini. Bagian tersebut adalah pengunci catridge. Bagian tersebut posisinya akan mengalangi/mengunci carriage unit.

Pada saat Anda memutar gear maka pengunci akan berubah posisinya

Cara Ganti Kabel Fleksibel Print Head Epson L1110
Posisi pengunci carriage unit pada printer Epson L1110

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang pembahasan cara mengganti kabel print head, kabel sensor pada printer epson L1110. Dan selain itu kita sekaligus belajar cara melepas print head epson L1110.

Tutorial ini mungkin bukan yang tebaik karena masih banyak sekali kekurangannya. Namun walaupun demikian setidaknya bisa menjadi gambaran untuk Anda.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar