Skip to main content

Download Resetter Epson L3210 dan Cara Menggunakannya [LENGKAP]

Setelah sebelumnya membahas cara reset printer epson L1210, pada kesempatan ini admin akan membahas masih seputaran resetter printer epson tetapi lebih detail lagi.

Selain itu juga akan membahas cara reset printer Epson L3210. Printer epson L3210 termasuk printer All In One sama persis seperti pendahulunya Epson L3110. 

Dari segi bentuk antara printer epson L3210 dan  L3110 ini sama persis. Yang membedakan hanya peningkatan dari fitur dan performanya saja. Secara detailnya mengenai spesifikasi printer epson L3210 ini bisa dicek pada website resminya.

Apakah diantara Anda ada yang belum mengetahui reseter? kapan harus reset printer? apa saja penyebabnya? mari kita bahas di sini.

1. Apa itu Resetter ?


Download resetter epson L3210
Resetter epson L3210

Resetter ada sebuah aplikasi kecil yang mempunyai banyak fungsi untuk keperluan perbaikan dan maintenance printer. Tiap merek printer mempunyai resetter masing-masing. Tetapi ada juga apliakasi resetter yang bisa digunakan untuk banyak tipe dan merek printer misalnya wic reset. 

Untuk printer epson resetter bisanya disebuat adjustment program atau resetter. Misalnya resetter Epson L3210. 

Kebanyakan orang mengenal resetter hanya untuk reset saja. Tetapi sebenarnya aplikasi resetter atau adjustment program ini sangat banyak sekali fungsinya.

Berikut ini ada beberapa fungsi dari resetter

  • Kalibrasi mekanik printer setelah penggatian komponen
  • Alignment atau kalibrasi print head
  • Reset waste ink pad counter
  • Head cleaning printer
  • Ink charge printer
  • Dan banyak lagi
Jika Anda penasaran semua fungsi resetter, anda bisa mencoba membuka aplikasi resetter dan silahkan coba semua menunya. 

Ingat,,, saya tidak bretanggung jawab jika printer Anda hasil cetaknya menjadi berantakan gara-gara resetter


2. Ciri-ciri printer harus direset

Error printer  yang bisa diatasi dengan cara reset adalah error secara software. Namun sebelum melakukan reset tentunya Anda harus bisa memastikan bahwa error yang muncul bukan dari hadware.

Untuk membedakan apakah kerusakan berasal dari software atau hadware perhatikan beberapa hal berikut ini.

2.1. Error software pada printer Epson L3210

Error sofware biasanya ditandai dengan blinking (Lampu indikator berkedip) dan muncul notifikasi pada komputer seperti berikut ini:

  • it is nearly time to reset the ink levels
  • it is time to reset the ink levels
  • service required
  • Ink pad is at the end of its service live
  • Ink waste is full

Jika indikator tinta berkedip bersamaan dan muncul notifikasi tersebut, maka segera lakukan reset printer L3210 Anda.

Untuk cara reset bisa dengan 2 cara yaitu menggunakan resetter atau dengan cara manual. 

Reset manual bisa untuk mengatasi error dengan notifikasi "it is nearly time to reset the ink levels" dan "it is time to reset the ink levels" .

Sedangkan reset menggunakan resetter untuk mengatasi error dengan notifikasi "service required" ,  "Ink pad is at the end of its service live" dan ""Ink waste is full".


2.2. Error hardware pada printer epson L3210

Untuk kerusakan error yang disebabkan oleh hardware biasanya ditandai dengan muncul indikator lampu berkedip. 

Berbeda dengan error software,error hardware ini biasanya indikator blinking biasanya muncul ketika printer melakukan proses tertentu seperti berikut ini.

  • Ketika mau print kemudian printer lansung error blinking
  • Lampu indikator blinking sebelum printer standby
  • Lampu indikator blinking ketika menarik kertas
  • dan banyak lagi

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ciri khas error yang disebabkan oleh hardware adalah:

Printer mengalami blinking setelah/sebelum printer melakukan proses tertentu, atau ada gerakan dulu sebelum terjadi error.

Selain itu error yang disebabkan hardware biasanya akan muncul notifikasi pada komputer seperti berikut ini.

  • Muncul notifkasi paper jam
  • Notifikasi general error pada komputer


Untuk mengatasi kerusakan secara hardware tidak bisa dengan cara reset tetapi harus menganalisa terlebih dahulu untuk mencari titik kerusakannya.

Baca Juga: Error pada printer Epson L3210

Nah sekarang Anda sudah tahu tentang penyebab error yang mungkin terjadi pada printer Anda. Selanjutnya mari kita simak cara reser printer epson L3210.


3. Cara reset printer Epson L3210


Reset printer epson L3210 untuk mengatasi error secara hardware bisa dengan 2 cara yaitu secara manual dan menggunakan software. 

Apakah printer saya harus direset secara software atau hadware?

Mungkin Anda bingung apakah error ini harus diperbaiki menggunakan software atau bisa dengan cara manual. Nah untuk hal ini kita bisa mengetahuinya dengan melihat indikator yang muncul pada komputer atau laptop yang terhubung ke printer.

Untuk membedakannya silahkan baca lagi pada pembahasan Error printer secara software

3.1. Reset menggunakan resetter 


Reset printer Epson L3210 ini membutuhkan aplikasi khusus yaitu resetter. Silahkan download menggunkan tautan yang sudah admin sediakan. 

Sebelum download silakan nonaktifkan antivirus terlebih dahulu. Hal ini supaya file resetter tidak kena blok oleh anti virus. 

Anti virus ini bisa anti virus bawaan komputer seperti windows devender atau juga dari pihak ketiga seperti Eset,  Avast, Avira, dsb. 

Setelah berhasil download resetter, silahkan ekstrak terlebih dahulu. Jika meminta password pada saat ekstrak, masukan password "technodand" tanpa tanda petik.

Pada saat pertama kali membuka file adjprog akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Silakan masukan password " i-loadzone.com " tanpa tanda petik

Password restter epson L3210

Dobel klik file adj prog, kemudian klik tombol select kemudian pilih printer epson L3120. Selanjutnya pilih tombol port dan cari port yang terhubung ke printer. Jika bingung, silahkan pilih auto selection kemudian pilih ok untuk menyiman setingan
Setting restter epson L3210
Langkah selanjutnya pilih menu particular adjustment mode. Untuk menu sequential adjustment mode adalah untuk seting kalibrasi jika ada penggantian komponen pada printer.
particullar adjustment mode restter epson L3210

Untuk reset printer maka pilih waste ink pad counter. 

waste ink pad counter reseter


Centang pada Main pas counter. Untuk platen pad counter dan ink system counter boleh dicentang atau diabaikan juga tidak masalah. Terakhir silahkan klik tombol initialze.

Namun jika Anda penasaran nilai counternya silahkan klik check. Jika Anda memilih tombol check terlebih dahulu biasanya pada saat memilih initialize akan terjadi error.

Jika terjadi error silakan tutup resetter kemudian buka lagi dan seting seperti sebelumnya.
Proses reset printer epson L3210


Setelah tombol initialize di klik, akan muncul po up kompirmasi. Langsung pilih ok dan proses reset akan berlangsung.  proses reset hanya memerlukan waktu beberapa detik saja.

Terakhir akan muncuk perintah untuk mematikan dan menhidupkan printer. Silakan lakukan saja seperti yang diperintahkan.

Jika resetter tidak bisa digunakan atau setelah reset printer masih tetap error, itu berarti ada masalah pada hardware atau mekanik printer. Silahkan baca pada pembahasan jenis error dan penyebab gagal reset.

3.2. Cara reset printer dengan cara manual

Cara ini adalah langkah untuk mengatasi error karena ink level. Untuk ciri-cirinya sudah saya bahas di atas. 

Berikut ini adalah tahapan untuk melakukan reset manual printer epson L3210
  1. Lepas kabel power listrik selama 3 hingga 5 menit.
  2. Berikutnya colokan kembali kabel power listrik ke printer.
  3. Hidupkan printer dengan menekan tombol on/off. 
  4. Setelah printer menyala, tekan sambil tahan tombol Resume selama 5 detik, kemudian lepaskan. Tombol resume ini berada disebelah tombol On/Off.
  5. Tekan dan tahan lagi tombol Resume selama 3 detik, lalu lepaskan.
  6. Setelah tahap ini biasanya printer akan melakukan reset.
  7. Jika berhasil, maka lampu indikator tinta/kertas akan berhenti berkedip.
  8. Jika printer masih blinking, silakan ulangi sekali lagi seperti tahapan sebelumnya.
  9. Lakukan test print untuk memastikan printer sudah bisa digunakan lagi.

3.3. Penyebab gagal reset


Ada banyak sekali faktor yang bisa mengakibatkan gagal saat reset printer epson L3210.  Berikut ini beberapa hal yang bisa menyababkan printer tidak bisa direset menggunakan resetter.

  • Resetter diblock oleh anti virus. biasanya jika diblok anti virus, file adjprog akan langsung hilang ketika file rar resetter diektrak. Namjun pada kasus lain bisa menhyebabkan comunication error pada saat proses reset.
  • Koneksi yang tidak stabil antara printer dengan komputer. Untuk mengatasinya bisa dengan cara restart komputer atau printer Anda.
  • Versi resetter tidak mendukung firmware pada printer. kasus ini biasanya terjadi jika resetter versi lama digunakan untuk reset printer yang sudah diupdate ke frimware ke versi terbaru.
  • Printer error blinking karena ada kerusakan pada hardware. Untuk error ini tidak bisa menggunakan resetter untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya silahkan cek pada pembahasan jenis error pada printer epson L3210.
  • Windows pada komputer/laptop mengalami error. Untuk mengatasinya bisa mencoba menggunakan komputer atau laptop lain terlebih dahulu.

4. Download Resetter Epson L3210

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih untuk i-loadzone.com yang sudah membagikan restter ini secara gratis.

Resetter ini mungkin akan di blok oleh anti virus. Jadi pastikan anti virus sudah nonaktif sebelum download file ini. Anda tidak perlu khawatir dengan resetter ini.  Saya judah mencoba mengunakanya dan Alhamdulillah.

Untuk Anda yang belum meiliki resetter ini silahkan untuk melalui tautan berikut ini.

Download 2

Untuk password silahankan baca lagi artikel ini dari atas

Demikian pembahasan cara reset pda printer epson L3210. Jika adan yang kurang dipahami silahkan tinggalkan komentar atau mengirim pesan langsung ke kontak yang sudah disediakan. Terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar