Cara Menemukan Penyebab Error Pada Printer Epson L3210

Pada postingan sebelumnya admin membahas cara reset epson L3120. Reset printer adalah satu cara untuk mengatasi error pada printer. Tanda printer harus direset biasanya muncul ciri-ciri pada printer maupun pada komputer. 

Ciri yang muncul tersebut biasanya berupa berkedipnya lampu indikator atau blinking. Karena ciri printer yang harus direset ditandai dengan blinking, maka banyak para pengguna printer menganggap bahwa setiap printer blinking bisa diatasi dengan cara reset menggunakan resetter.

Cara Menemukan Penyebab Error Pada Printer Epson L3210

Perlu anda ketahui bahya yang menyebabkan printer error berkedip penyebabnya sangat banyak sekali. Adapun penyebabkan bisa karena software atau juga karena kerusakan hardware.

Oleh karena itu untuk pada artikel ini akan admin bahas mengenai error pada printer khususnya epson L3210. Dengan ini saya berharap Anda bisa mengetahui jenis error pada printer epson l3210 sehinggan ketika menemukan error anda sudah tahu penyebabnya.

Jenis Error Printer Epson L3210

Printer epson l3210 adalah generasi penerus dari seri L3110. Printer ini merupakan printer all in one yaitu bisa untuk print data dari komputer maupun untuk foto copy atau scan.

Error pada printer epson L3210 bisa dikategorikan menjadi 2 yaitu error software dan error hardware.  

Error karena software

Error secara software sangat mudah untuk mengatasinya dengan bantuan program atau bisa dengan cara manual. 

Cara manual dengan menggunakan batuan tombol pada printer. Sedangkan cara software dengan menggunakan bantuan tools khusus yaitu resetter epson L3210

Untuk penjelasan secara terperinci mengenai tanda dan cara mengatasinya, Bisa meruuk ke pembahasan cara reset printer Epson L3210

Kerusakan error Epson L3210 yang disebabkan oleh hardware:

Error yang yang disebabkan kareana masalah hardware ini sangat banyak sekali. Untuk mengatasinya kita melakukan analisa sesuai dengan gejala yang muncul.

Berikut ini beberapa komponen yang sering menyebabkan error atau general error.

  1. ASF (Automatic Sheet Feeder)
  2. Gear ASF
  3. Motor Carriage
  4. Scanner
  5. Print head
  6. Sensor Kertas
  7. Motherboard
  8. Encoder 
  9. dll

Dari beberapa komponen di atas biasanya mempunyai gejala yang berberda namun secara indikator yang muncul biasanya sama yaitu berkedipnya lampu indikator secara bersamaan.

Cara Sederhana mengatasi kerusakan hardware printer Epson L3210


Menemukan kerusakan secara hardware memang akan sedikit membingungkan. Kita butuh pengalaman untuk bisa cepat mengetahui permasalahan yang terjadi pada printer tersebut. Namun walaupun demikian kita bisa menganalisa dengan memperhatikan gejala yang muncul.

Pada banyak kasus kerusakan hardware atau mekanik biasanya ditandai dengan lampu indikator berkedip setelah terjadi proses, atau setelah ada gerakan mekanik tertentu.

Karena komponen yang bisa menyebabkan error cukup banyak, jadi mungkin kita akan susah untuk menentukan komponen mana yang sedang bermasalah.

Oleh karena itu bisanya saya memgunakan patokan seperti ini:
Error terjadi pada saat proses apa dan komponen apa saja yang paling berperan dalam proses tersebut? 

Dengan demikian kita bsa mencurigai komponen-komponen tersebut. Setelah itu baru memerika komponen lainnya jika masalah tidak ditemukan.

Selain dengan cara tersebut untuk menganalisa letak kerusakan secara hardware bisa juga dengan cara berikut 

  1. Perhatikan semua pergerakan mekanik printer sebelum mengalami error
  2. Dengarkan semua suara mekanik printer sebelum error
  3. Temukan kejanggalan yang muncul selama melihat dan mendengar bunyi mekanik printer
  4. Jika ada printer lain yang sejenis dan masih normal, coba nyalakan dan bandingkan dengan printer yang sedang Anda perbaiki.
  5. Eksekusi terlebih dahulu pada komponen yang Anda curigai
Untuk pemula atau yang belum pernah memperbaiki printer mungkin akan sedikit kesulitan menganalisa kerusakan secara hardware. Namun jika sudah biasa mungkin hanya butuh bebrapa detik saja untuk menemukan kerusakannya.


Untuk pembahasan secara lengkap mengenai cara perbaikan printer epson L3210 secara hardware mungkin akan dibahas secara terpisah