Download Resetter Epson L3110, L3150, L3100, L3101 dan Cara Menggunakannya

Anda mencari resetter epson L3110? Silahkan dapatkan pada potingan ini. Tetapi tidak hanya untuk tipe L3110 saja. Ini adalah Reseter Epson L3110, L3150, L3101 dan L3100 jadi lengkap dan tentunya gratis untuk Anda.

Para penguna printer sudah familiar dengan istilah resetter ini. Resetter menjadi program atau tools yang wajib dimiliki oleh para pemilik printer khususnya printer merek Epson.


Resetter Printer Epson L3100 L3101 L3110 L3150 Adjustment Program

Table of Contents

Sekilas Tentang Resetter

Resetter adalah sebuah tools yang sangat penting untuk perbaikan dan maintenance printer. Terdapat banyak fitur yang berada di dalamnya diantarnya untuk seting printer, maintenance, sampai alignemt printer.

Walaupun demikian, kebanyakan dari pengguna perinter hanya mengetahui resetter itu hanya sebatas reset waste ini pad saja. Jika Anda gali, dengan resetter ini Anda bisa memperbaiki hasil cetak yang berbayang, mengganti serial number printer, atau bahkan bisa untuk mengetahui jenis kerusakan pada printer. Untuk secara mendalam mungkin akan admin bahas pada artikel khusu membahas resetter. 

Perlu diketahui bahwa resetter yang digunakan untuk mereset printer harus sesuai dengan merek dan tipe printernya. 

Sebagai contoh misalnya printer Epson L1110 maka harus direset dengan menggunakan resetter Epson L1110. Untuk reseter yang bisa diunduh pada artikel ini adalah restter yang hanya bisa digunakan untuk printer Epson  L3100, L3101, L3110 dan L3150.

Kenapa harus reset printer?

Pada saat printer berhenti berfungi dan ditandai dengan notifikasi pada komputer dan lampu indikator (LED) yang berkedip bergantian. Sebenarnya keadaan ini bukan termasuk hal serius namun mau tidak mau printer tersebut harus diservice.

Kondisi printer yang ditandai dengan berkedipnya lampu atau sering dikenal dengan istilah blinking sebenarnya adalah fitur yang sudah ditanamkan pada printer untuk mencegah kerusakan. Setiap printer melakukan proses printing, atau juga head cleaning, maka jumlah tinta atau jumlah pencetakan akan dihitung oleh sistem pada printer.

Jika hitungannya sudah mencapai batas tertentu maka printer akan berhenti beroperasi dan harus dilakukan perbaikan atau maintenance. Adapun tindakan perbaikan atau maintenance yang perlu dilakukan adalah dengan cara direset dengan menggunakan tool khusus yaitu adjustment program atau lebih dikenal dengan istilah resetter printer.

Para vendor printer sudah merancang agar printer berhenti setelah melakukan proses printer dengan jumlah tertentu. Tujuan sebenarnya dari hal ini adalah untuk mencegah tinta pada penampungan pembuangan (waste ink pad) tidak meluap keluar. Jadi ketika printer berhenti dan direset, maka kita lakukan reset printer dan juga cek tabung pembuangan apakah sudah penuh atau belum.

Jika tabung pembuangan sudah penuh maka harus segera dibersihkan supaya tinta pada pembuangan tidak meluap dan merusak printer.

Download Resetter Epson L3100 L3101 L3110 L3150

Anda sudah faham mengenai resetter dan kenapa printer harus direset? Jika sudah anda boleh download resetter ini secara gratis dan unlimited. Artinya Anda bisa memakainya terus menerus tanpa batasan waktu.

Namun Sebelum itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:
  • Resetter Epson L3110, L3150, L3100, L3101 ini mungkin akan dianggap virus oleh komputer
  • Matikan antivirus pada komputer anda sebelum download. 
  • Untuk windows 10 dan windows 11 matikan windows devender dan anti virus lainnya. Anda tidak perlu khawatir karena file resetter ini bukan virus.
  • Segala bentuk file unduhan yang ada di situs technodand.net hanya merupakan bahan edukasi. Admin tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang ditimbulkan karena file unduhan tersebut (Do With Your Own Risk).
Jika sudah setuju dengan semua poin di atas, silahkan unduh resetternya

NamaEpson Adjustment Program
FileAdjprog.exe
SupportWindows 7, 8, 8.1, 10 (32bit/64bit)
LinkDownload  (Epson L3110 Only)
Download (Epson L3100, L3001, L3110, L3150)

Password: Untuk password ada di akhir postingan ini, silahkan scroll ke bawah.



Kenali Jenis Error Printer Sebelum Melakukan Reset


Resetter Epson L3100, L3101, L3110 dan L3150 hanya tools biasa yang bisa langsung memperbaiki printer. Oleh karena itu sebelumnya Anda harus riset error kerusakan yang terjadi.

Ada banyak kerusakan pada printer yang bisa terjadi. Dari semua error biasanya ditandai dengan indikator tinta dan kertas yang berkedip secara bersamaan (blinking ink and paper light) secara terus menerus. 

Untuk Anda yang masih awam tentu akan kebingungan ketika printer tiba-tiba mogok dan tidak bisa digunakan. Anda juga mungkin bingung harus melakukan apa untuk memperbaikinya. Mengatasi error pada printer Epson ada yang bisa dengan cara reset secara manual, reset menggunakan aplikasi ada juga yang tidak bisa direset. 

Untuk membedakannya simak terus artikel ini sampai akhir.

Jenis error yang bisa diatasi dengan aplikasi resetter

Error ini masuk dalam kategori masalah ringan. Saat terjadi error ini ada indikator sangat mudah untuk dikenali yaitu sebagai berikut:
  • Lampu indikator tinta dan kertas berkedip bersamaan sesaat setelah printer mulai dinyalakan. 
  • Pada komputer muncul dialog yang berisi informasi error pada pada printer seperti berikut.
    • Ink waste is full
    • Service required
    • Ink pad is at the end of its service live
  • Untuk printer Epson tipe lama biasanya lampu indikator berkedip bergantian.

Error yang bisa diatasi dengan reset manual

Sekilas indikator error seperti sama tetapi cara mengatasinya sangat berbeda. Error ini disebabkan karena ink level sudah mencapai nilai maksimal.  Pada kondisi ini biasanya printer langsung error pada saat dinyalakan tetapi ada juga yang bergerak dulu tetapi pada waktu standby lampu indikator tinta akan menyala. Selain itu akan muncul notifikasi atau dialog yang berisi informasi seperti berikut.
  • it is nearly time to reset the ink levels
  • it is time to reset the ink levels
Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut ini.


Dengan demikian Resetter Epson L3110, L3150, L3100, L3101 tidak bisa mengatasi masalah ini. Cara mengatasinya bisa dengan cara reset manual. Detail cara resetnya akan di bahas dibawah.

Error yang tidak bisa diatasi dengan resetter

Kerusakan ini merupakan kerusakan yang sudah masuk ke masalah hardware. Indikator yang muncul pada saat terjadi error ini biasanya yaitu lampu indikator tinta dan kertas berkedip bersamaan. Indikator ini muncul setelah setelah printer melakukan proses tertentu, misalnya setelah printer melakukan kalibrasi setelah dinyalakan, ditengah kalibarasi, pada saat menarik kertas, atau pada proses lainnya. Keruskan printer seperti ini disebuat dengan general error.

Banyak komponen yang bisa menjadi penyebab keruskan general error. Namun, pada banyak kasus berikut ini daftar komponen-komponen yang sering menjadi penyebab general error:
  • Gear ASF
  • Motor Carriage
  • Roller ASF
  • Pompa pembuangan
  • Kabel fleksibel 
  • Sensor Cr Encoder
  • Print head
  • Motherboard
Sebelum kita mencurigai semua komponen di atas, sebaiknya kita melakukan dulu pemeriksaan secara fisik pada bagian mekanik printer. Pada kondisi ini kita hanya memeriksa kemungkinan ada gangguan benda asing pada mekanik printer, misalnya potongan kertas, isi staples, atau benda lainnya.

Pada banyak kasus Admin sering menemukan ballpoin pada bagian masuknya kertas sehingga meyebabkan printer tidak mengalami general error.

Selanjutnya kita akan bahas cara melakukan reset pada printer dengan resetter dan secara manual.

Cara Reset Printer Epson L3110, L3150, L3100, L3101

Reset printer Epson L3110, L3150, L3100 dan L3101 caranya sama jadi pada tutorial ini saya hanya akan mencontohkan cara reset tipe L3110 saja. Untuk tipe lainnya tinggal menyesuaikan saja. 

Mereset printer epson sebenarnya sangat mudah. Untuk mereset printer kita bisa melakukanya sendiri dengan bantuan aplikasi atau secara manual. Namun jika merasa kesulitan, untuk langkah terakhir kita bisa membawanya langsung ke service untuk diperbaiki.

Seperti yang sudah  disinggung di atas bahwa reset printer itu ada 2 macam, yaitu bisa secara manual atau juga bisa dengan menggunakan resetter atau program adjustment. Hal ini tergantung gejala atau notifikasi yang muncul pada printer. Bila belum jelas apa saja yang membedakannya, silahkan simak lagi uraian di atas tentang jenis error dan cara mengatasinya.

Reset Printer Epson L3110 dengan Resetter

Download resetter epson L3110, L3150, L3100, L3101 menggunakan link yang sudah dicantumkan di atas. Jika sudah berhasil, ekstrak file resetter dengan menggunakan winrar. Jika meminta password, masukan password yang sudah dicantumkan di bawah link download.

    Pastikan printer blinking karena harus direset dan bukan karena paper jam atau general error.

    Buka file hasil ekstrak, kemudian double klik file Adj.Prod. Akan muncul tampilan awal. Setelah itu pilih tombol select dan sesuaikan tipe printer Anda yang akan direset.
    Untuk pilihan port bisa disetting sesuai port terhubung ke printer atau juga bisa memakai mode auto. Jika sudah disetting, klik tombol OK.

    Pilih tombol Particular adjustment mode untuk masuk ke daftar menu yang ada pada resetter.


    Pada tampilan berikutnya pilih waste ink pad counter dengan cara double klik atau klik sekali dan lanjut tombol OK.


    Tampilan berikutnya masuk ke menu waste ink pad counter. Perhatikan pada daerah yang di tandai dengan kotak merah besar. Di situ ada 2 pilihan yaitu main pad counter dan platen pad counter. Pada pilihan ini Anda bisa mencetang keduanya atau salah satu saja pada main pad counter.

    Setelah itu klik tombol Initialize, muncul jendela konfirmasi, silahkan klik OK.


    Untuk printer blinking dengan error Ink waste is full, Service required, Ink pad is at the end of its service live biasanya hanya dicentang main pad counter saja biasanya langsung berhasil.

    Tunggu proses reset selesai. Biasanya proses reset hanya membutuhkan waktu beberapa mili detik saja.
    Setelah ada perintah untuk mematikan printer, silahkan matikan dan kemudian hidupkan lagi.

    Setelah tahapan ini printer tidak akan blinking lagi dan siap untuk digunakan.

    Apabila muncul error pada proses reset seperti muncul kode tertentu, coba restart printer lalu coba lagi reset seperti langkah di atas.

    Penyebab Gagal Reset Printer Epson

    Yang menyebabkan gagal reset biasanya berasal dari beberapa hal berikut ini;
    • Resetter diblok antivirus,
    • Memory printer sibuk jadi harus di restart terlebih dahulu printernya,
    • Resetter tidak sesuai dengan tipe printer yang akan direset,
    • Settingan port yang salah pada resetter,
    • Resetter sudah tidak support printer (perlu menggunakan reseter dengan versi yang lebih baru).

    Video Cara Reset Printer Epson L3110


    Mungkin ada diantara Anda yang kurang memahami tahapan reset printer menggunakan aplikasi dengan penjelasan diatas. Anda juga bisa melihat tutorialnya berupa video cara reset di bawah ini.


    Reset Manual Epson L3110 Tanpa Aplikasi Resetter


    Reset Manual Epson L3000 series seperti L3110, L3150, L3100, L3101 adalah solusi cepat untuk menormalkan kembali fungsi printer. Dengan cara ini kita tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi apapun. Cara ini sangat mudah dilakukan dengan beberapa trik supaya reset secara manual bisa berhasil.

    Kembali saya ingatkan bahwa cara ini adalah untuk reset printer epson L3000 series dengan gejala yang sudah dijelaskan di atas. Cara ini tidak akan berhasil untuk kasus counter tinta pembuangan penuh (waste inkpad is full) atau kerusakan general error. Reset secara manual hanya untuk mengembalikan ink level atau mereset jumlah maksimal tinta yang sudah keluar.

    Berikut ini cara reset manual printer Epson L series;
    1. Cabut kabel power listrik selama 3 hingga 5 menit, tujuannya supaya daya dalam printer benar-benar habis.
    2. Setelah itu pasang kembali kabel power.
    3. Tekan tombol on/off  untuk menyalakan printer.
    4. Tunggu sampai mekanik printer tidak bergerak (standby), kemudian tekan dan tahan tombol Resume (logo tinta/kertas) selama 5 detik, lalu lepaskan.
    5. Selanjutnya tekan lagi dan tahan lagi tombol Resume selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
    6. Pada tahap ini printer akan reset otomatis. Silahkan tunggu sampai proses reset printer selesai.
    7. Apabila proses reset manual berhasil, maka lampu indikator tinta/kertas akan berhenti berkedip.
    8. Coba lakukan pengetesan untuk memastikan printer sudah bekerja dan berhasil reset.
    9. Jika gagal silahkan ulangi sekali lagi.
    Mungkin itu saja yang bisa Admin tulis pada artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung ke technodand.net

    Password Resetter Epson L3110, L3150, L3100, L3101 adalah: www.technodand.net

    NOTE:
    Jika ada yang komentarnya selalu dihapus oleh D0isqus, silahkan komentar di video youtubenya. caranya play videonya kemudian klik tulisan youtube (watch on youtube). Silahkan tulis ID di komentar youtube. Untuk key generator juga ada di sana (pada komentar yang sudah saya pinned).