Skip to main content

Download resetter Epson L1210 Gratis + Cara Reset

Sebuah printer pasti tidak akan luput dari yang namanya resetter. Ketika printer meminta untuk reset biasanya akan menunjukan tanda atau notifikasi error. Error  akan muncul pada saat printer akan melakukan proses mencetak.

Untuk notifikasi yang muncul biasanya berupa hal seperti berikut ini.

  • Lampu indikator berkedip bergantian atau bersamaan sesuai dengan tipe printer
  • Muncul notifikasi " ink waste is full " atau " service required "  atau " ink pad is at the end of it's service live " pada saat akan melakukan proses mencetak.
Pada kondisi ini printer tidak bisa digunakan. Satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah dengan cara melakukan reset menggunakan resetter.

Pada artikel ini admin akan membagikan resetter epson L1210 dan cara menggunakannnya. Untuk resetter epson L1110 atau L3110 bisa dicek pada postingan sebelumnya.

Password untuk file rar resetter L1210 adalah "technodand" ( tanpa tanda petik ).

Kenali Tanda Error Pada Printer Sebelum Reset.


Sebelum melakukan reset, kita harus tahu penyebab printer error tidak bisa print. Ada banyak hal yang menjadi penyebabnya namun bisa digolongkan menjadi 2 kategori.
  1.  Error tidak bisa print karena harus direset
  2.  Error karena ada kerusakan hardware atau mekanik
Untuk poin 1 bisa diatasi dengan cara direset menggunakan resetter. Dalam hal ini resetter epson L2110. Namun untuk poin 2, penyebabnya sangat banyak sekali. Untuk memperbaiki kerusakan hardware kita harus menganalisa penyebabnya. 

Cara megatasi kerusakan printer secara hardware bisa merujuk ke postingan lain pada website ini.


Ciri printer harus direset menggunakan resetter


Seperti yang telah disinggung pada awal artikel, ada beberapa ciri yang muncul ketika printer harus direset. Dua ciri sudah disebutkan di atas, namun ada satu ciri lagi yaitu sebagai berikut.

Printer berkedip bergantian atau bersamaan seketika setelah printer dinyalakan, tanpa ada gerakan mekanik terlebih dahulu

Jika printer berkedip bersamaan setelah mekanik printer bergerak, maka bisa dipastikan bahwa penyebab error adalah mekanik atau hardware lainnya.

Download resetter epson L1210 technodand


Untuk mendapatkan resetter sangat mudah sekali. Silahkan klik tombol yang sudah admin sediakan. Jika tautan diblok, silahkan pilih tautan yang lain.

Sebelum mendownload pastikan anti virus atau windows devender pada komputer Anda sudah dinonaktifkan.

Resetter ini 100% gratis, terima kasih untuk *i-loadzone.com* yang sudah membagikan resetter ini.

Download resetter epson L1210 full

Google Drive: Download
Zippyshare    : Download

Password silahkan cari pada artikel ini. Jika anda tidak menemukan password untuk file rar resetter, berarti anda tidak membaca artikel ini, hehe

Tutorial reset printer epson L1210 dengan resetter

  • Tahap pertama periksa lagi anti virus pada komputer sudah benar-benar tidak aktif.
  • Ekstrak resetter yang sudah Anda unduh menggunakan winrar versi 4.5 atau lebih tinggi
  • Jika meminta password, silahkan masukan password rar yang bisa ditemukan pada artikel ini.
  • Buka folder hasil ekstrak, kemudian dobel klik file adjprog
  • Pada awal mula dibuka  aplikasi resetter akan meminta password. silahkan masukan password " i-loadzone.com" (tanpa tanda petik)
  • Selanjutnya lakukan seperti biasa reset printer inkjet epson yang lainnya. Namun jika Anda belum mengetahuinya silahkan ikuti cara reset printer epson L1210 berikut ini.
Setelah resetter terbuka, silahkan pilih tombol select kemudian seting model ke Epson L1210 dan port ke port yang terhubung dengan printer.

resetter epson L1210

Perhatikan gambah di bawah ini. Untuk port bisa memilih port yang terhubung dengan printer atau bisa juga memilih auto. Pilih tombol OK untuk mengkonfirmasi setingan


Resetter epson L1210

Untuk tahapan selanjutnya silahkan pilih tombol Paticular adjustment mode.

Cara reset printer epson L1210

Selanjutnya akan muncul banyak pilihan menu. Pilih sesuai dengan kebutuhan. Karena pada pembahasan ini hanya akan reset printer epson L1210 saja, maka pilih menu Waste ink pad counter.

Cara reset epson L1210

Setelah masuk ke menu waste ink pad counter, centang counter yang akan direset. Saran saya, centang semua saja. Kemudian pilih tombol initialize untuk mulai reset printer. 

Jika Anda penasaran, sebelum pilih tombol initialize bisa memilih tombol chek terlebih dahulu. Fungsi check ini adalah untuk mengecek counter value.

Pada banyak kasus biasanya jika memilih check terlebih dahulu akan terjadi error pada saat initialize. Jadi saran saya langsung pilih initialize saja tanpa mengecek terlebih dahulu.

Resetter epson L1210

Jika Anda terlanjur memilih tombol check dan terjadi error pada saat reset (initialize), silahkan tutup program resetter dan ulangi lagi dari awal.

Terakhir, akan muncul perintah untuk mematikan dan menghidupkan printer. Silahkan lakukan seperti yang diperintahkan.

Penyebab Printer tidak bisa reset atau gagal reset


Ada banyak kasus printer error tidak bisa direset. Dalam hal ini, printer masih error blinking meskipun sudah Reset menggunakan resetter, atau terjadi kegagalan pada saat reset

Adapun yang menyebabkan printer error dan tidak bisa direset. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Resetter diblok oleh antivirus
  2. Errror pada sistem windows
  3. Printer error karena ada kerusakan pada hardware printer
Demikian tutorial cara reset printer epson L1210, somoga bisa dipahami. Jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar pada artikel ini atau melalui chanel youtube technodand. Terima kasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar