Printer Epson 1390 General Error CR Motor Error

General error pada printer Epson SP1390 memang sudah menjadi hal yang biasa bagi para pengguna printer jenis ini. Baik itu printer yang baru digunakan maupun printer yang sudah lama. Untuk general error yang  terjadi pada printer baru bisanya disebabkan karena ada benda asing yang masuk ke area print atau karena pergerakan rumah catridge yang terganggu misalnya pada printer 1390 yang sudah dimodifikasi menggunakan sistem infus.

Bagaimana Cara Penanganan Printer Epson 1390 yang Mengalami General Error?


Penanganan general error pada printer yang masih baru atau belum lama dipakai biasanya sangat mudah untuk diselesaikan. Kemudian untuk general error yang terjadi pada printer lama, biasanya disebabkan karena ada komponen dalam printer tersebut yang fungsinya sudah tidak normal.

Motor CR penyebab general error

Untuk penangananan general error pada printer yang sudah cukup lama digunakan ini sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan general error yang terjadi pada printer yang masih relatif baru. Hal ini karena penyebab kerusakannya biasanya dibebakan oleh banyak faktor mengingat komponen-komponen yang ada  pada printer sudah mulai berkurang kemampuannya

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan-postingan sebelumnya, bahwa untuk melakukan perbaikan general error pada printer epson 1390 setidaknya kita harus tahu semua gerakan atau proses yang muncul pada printer yang masih dalam keadaan normal, bagaimana dan seperti apa prosesnya serta komponen apa saja yang berperan pada proses tersebut.

Dengan demikian ketika kita dijumpai dengan printer yang mengalami error,  hanya melihat gerakan printer sebelum error dengan seketika kita akan bisa memprediksi komponen apa atau bagian apa yang mengalami masalah.

Artikel yang berhubungan

General Error Akibat Motor Carriage


Mengenai General error ini, dari semua printer yang  mengalami general error yang pernah technodand perbaiki, hampir 75% nya  disebabkan oleh salah satu komponen. Komponen tersebut adalah Sebuah motor yang berfungsi untuk menggerakan print head pada saat proses kalibrasi, pada saat print dan pada saat head cleaning.

"Motor CR atau motor carriage" itulah komponen yang technodand maksud. Komponen motor CR inilah   yang paling sering menyebabkan general error pada printer Epson SP1390  ini. Namun walaupun demikian, pada saat kita memperbaiki printer Epson 1390 yang general error, Janganlah kita langsung memvonis bahwa penyebab kerusakan generall error adalah karena motor CR yang sudah rusak, tetapi kita harus menganalisanya terlebih dahulu supaya perbaikannya menjadi tepat sasaran.

Beberapa gejala General Error (fatal error) yang disebabkan Motor Carriage


Ada beberapa gejala yang biasanya muncul ketika general error yang disebabkan oleh motor CR yang sudah rusak yang harus kita ketahui. Dan berikut ini adalah beberapa gejala yang muncul karena ada kerusakan pada komponen motor CR versi technodand.
  • Error bisa terjadi baik pada saat printer mulai dinyalakan, ditengah proses print, maupun setelah proses print beres.
  • Gejala yang paling mudah dikenali yaitu gerakan rumah catridge yang terlihat tersendat sendat saat bergeser. 
  • Error yang muncul pada program adjustment tools yang disebabkan oleh error motor carriage biasanya tidak menentu..
  • Dalam keadaan mati, jika rumah catridge kita gerakan biasanya akan terasa sangat berat.
  • Dll
Dari sekian banyak gejala yang muncul, ada dua gejala yang bisa dijadikan patokan bahwa motor CR sudah rusak. Gejala tersebut adalah gerakan catride yang tersendat sendat dan rumah catridge akan terasa berat pada saat kita geser ( rumah catridge digeser dalam keadaan rumah catridge tersebut tidak dalam keadaan terkunci ).

Jika kedua gejala tersebut muncul, segera lepas motor carriage-nya dan silahkan cek dengan cara diputar porosnya menggunakan tangan. Jika terasa berat atau putarannya terasa kasar maka sudah dipastikan bahwa motor carriage tersebut sudah rusak dan sudah waktunya untuk diganti.

Untuk versi video cara perbaikan General error Epson 1390 karena CR Motor ada pada video berikut ini


Itulah mengenai pembahasan tentang general error pada printer Epson SP1390 yang bisa technodand sampaikan. Jika ada pertanyaan atau ada hal yang kurang dipahami mengenai pembahasan pada artikel ini, silahkan tinggalkan komentar. Jika tidak ada halangan, technodand akan berusaha segera menjawabnya.

Akhir kata, technodand mengucapkan terima kasih atau kunjungannya. Janga lupa untuk like, share atau subscribe technodand.com.

11 komentar

  1. Salam technodand,
    Beberapa waktu lalu saya mengganti motor CR printer epson 1390 krn sy cek di adjustment tools notifnya 'CR drive error'. Setelah saya ganti komponen tsb kenapa masih terjadi error yg sama ya? Apa ada penyebab lain? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kami saya baru bisa membalas komentar Agan.
      Memang betul terkadang seperti itu, hal tersebut dikarenakan sistem eprom masih menyimpan data sebelumnya. untuk mengatasinya bisa dengan cara kalibrasi melalui program adjustment setiap setelah mengganti komponen tertentu.

      Untuk kode error yang muncul pada hasil tes menggunakan program adjustmnet juga terkadang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. tingkat kecocokannya sekitar 70%

      Hapus
  2. mohon solusinya gan,
    printer saya epson 1390
    awal print printer jalannya normal baru setengah jalan ngeprintya jadi melambat, cek di adjprog cr motor error lalu saya ganti motornya tapi tetap jalannya lambat apakah ada penyebab lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai pelumas gan.. sy pernah kasus spt itu

      Hapus
  3. Nice.
    please visit - www.remosite.com

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum Wr. Wb. Semoga Allah selalu melindungi dan memberi kelancaran menjalani usahanya dlm menekuni "Servive IT", dik. Sy boleh izin download *eeprom sp1390* yg support ke windows 10 update assistant. Masalah "General Error" printer sy belum Fix (belum bisa)..!! ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜ด

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam,, aamiin

      Hapus
    2. boleh di jelaskan general errornya seperti apa? misal terjadinya ketika proses apa, pas bagian mana yang bergerak dan sebagainya supaya lebih gampang menganalisanya. Kemudian untuk motor carriage banyak yang jual di tokopedia atau bukalapak, ketik saja dipencarian "motor carriage epson 1390".

      Hapus
  5. CR Motorx beli dimana "mas d'ras print".. Beli online, yach...?? Boleh minta alamatx yg menyediakan CR M itu..๐Ÿ˜ด๐Ÿ˜ด

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum ganti pastikan motor cr printer punya agan sudah rusak. Untuk menastikannya perhatikan dari gerakan rumah catridge, apakah tersendat-sendat atau lancar. Jika tersendat-sendat berarti rusak. kemudian coba bongkar motor carriage nya, putar rotornya dengan tangan. jika sudah agak berat berarti sudah rusak

      Hapus
  6. kang, printer saya sama kasusnya head kaya berat saat ngeprint.

    langkah yg sudah saya lakukan.
    1. saya cb cek pakai prog resseter " cr motor drive error "
    2. saya gunakan gres geser kiri kanan secara manual ( biasanya ini manjur, tp tidak kali ini.. hehehe )
    3. saya cb ganti dengan cr motor stockan saya ( memang sdh 1thn tidak dipakai printer lama saya tp setau sy motor cr tsb tidak ada masalah diprinter sblmnya )
    4. Timming Belt ( dan ujung rodanya ) saya cek Oke alias tidak macet.

    pertanyaan saya,
    kalau kasus seperti ini, selain motor CR yg bikin lemot rumah head apakah adalagi ???

    terimakasih, semoga pertanyaan saya jg bermanfaat buat yang lainnya, sukses selalu ya kang

    BalasHapus


EmoticonEmoticon