--> Skip to main content

Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR part 1

Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR - Printer Epson 1390 adalah salah satu produk Epson yang sudah dilengkapi dengan sistem 6 warna yaitu black, yellow, cyan, light cyan, magenta, dan light magenta sehingga gambar yang dihasilkan juga sudah bagus selain itu juga printer ini bisa digunakan untuk ukuran kertas A3.

Sebenarnya masih banyak fitur yang dimiliki oleh printer ini tetapi karena yang akan saya bahas di sini adalah cara perbaikannya jadi mengenai fiturnya kita bahas sekilas saja. Namun secanggih apapun teknologi pasti akan mengalami yang namanya rusak atau error.

Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR part 1
Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
Begitu juga dengan printer epson 1390 ini, satelah printer ini dipakai cukup lama dengan frekuensi yang cukup besar pasti akan mengalami  kerusakan baik itu secara hardware  maupun software. Dan pada kesempata ini saya akan membagi pengalaman saya tentang masalah error pada printer ini.

Pada judul postingan ini sengaja saya akhiri dengan kata part 1. Kenapa demikian,, ? yahh seperti yang kita tahu bahwa jenis general error pada printer 1390 ini sangatlah banyak tentunya dengan gejala yang berbeda, kerusakan yang berbeda  namun dengan indikator error yang sama. oleh karena itu dalam pembahasan general error ini akan saya bagi menjadi beberapa part sesuai penyebab kerusakannya.

Gejala umum yang muncul pada kerusakan printer Epson 1390 general Error 


Untuk pembahasan pada postingan ini akan saya bahas kerusakan general error pada printer epson 1390 dengan gejala  error seperti uraian berikut ini

" Pada saat dinyalakan, printer bergerak normal, catrideg bergeser ke sebelah kiri, kemudian kembali ketempat semula,,,, " biasanya setelah itu catride bergerak turun kemuan naik dan bergerak lagi".. tapi yang ini langsung diam dan lampu indikator tinta dan paper jam berkedip bersamaan cepat "blinkink" kemudian muncul pesan "fatal Error " di PC yang terhubung dengan printer ini.

Untul lebih jelas mengenai gejala kerusakan ini juga bisa anda lihat pada video berikut ini.



Cara analisa dan perbaikan printer epson 1390 general error blinking lampu indikator


Untuk langkah-Langkah cara menganalisa dan cara perbaikannya bisa diikuti beberapa langkah berikut ini.

Pertama hidupkan printer sampai terjadi error blinking ( general error). Jangan lupa untuk menghubungkan printer dengan koputer dengan kabel usbnya.

  • Pada saat printer dalam keadaan blinking,  buka program adjustment atau sering dikenal dengan nama resetter 1390 pada komputer atau laptop yang terhubung dengan printer, sebelumnya jangan lupa untuk merubah tanggal pada komputer atau laptop sesuai tanggal modified pada resetter sebelum membuka program ini, karena jika tanggal tidak dirubah maka programnya tidak akan bekerja.  Setelah program adjustment berhasil terbuka, ikutilah beberapa langkah  berikut ini.
  • Setelah program adjustment terbuka, pilih atau klik Accept
Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
( pilihlah accept )
  • Setelah itu akan muncul menu berikutnya. Langsung saja pilih menu particullar adjustment mode
Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
    • Langkah berikutnya memilih menu untuk melakukan pengecekan terhadap error yang terjadi pada printer. Jadi pastikan printer dalam keadaan hidup dan terhubung ke komputer. Silahkan pilih menu printer information check.
    Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
    ( pilih menu Printer Information Check )
    • Setelah kita memilih menu information check, makan kan muncul menu berikutnya yang merupakan informasi dari printer yang terhubung ke komputer. Namun sebelumnya pilih dulu atau klik tombol check pada adjustment. Perhatikan gambar berikut ini.
    Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
    ( klik tombol check )
    • Berikut ini informasi printer hasil pengecekan menggunakan menggunakan program adjustment.
    Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
    ( gambar pesan error yang muncul )
    • Pehatikan pada gambar yang ke-4. setelah kita memilih menu printer information check maka program akan melakukan pengecekan pada printer dan pada kasus ini pesan error atau informasi yang muncul adalah  APG motor drive error  yang bisa diartikan bahwa ada error atau kerusakan  pada bagian kompone APG motor. kerusakan ini pasti motornya yang rusak tetapi semua aspek yang berhubungan dengan daerah APG motor baik itu motor, sensor atau proses yang membutuhkan komponen pada bagian APG
    • Untuk langkah selanjutnya karena kita setidaknya sudah bisa memprediksi kerusakannya maka kita langsung fokus ke bagian tersebut dalam kasus ini bagian APG motor. Karena bagian ini ada dibagian dalam printer maka bongkarlah casingnya terlebih dahulu.

    Baca juga  : cara membongkar printer 1390

    •  Periksalah semua komponen pada bagian APG motor. Letaknya ada di sebelah sisi kiri printer 
    Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
    Motor APG
      Baca juga :  bagian-bagian printer epson 1390
      • Hidupkanlah  printer dalam keadan casing sudah dibongkar dan catridge tinta dalam keadaan terpasang, setelah itu perhatikan proses yang terjadi mulai dari printer dinyalakan sampai terjadinya error. Terutam pada bagian yang sudah dicurigai yaitu bagian APG motor.
      Mengatasi EPSON 1390 Blinking GENERAL ERROR
      APG
        • Coba besihkan bagian ini dengan kuas terutama pada bagian sensor, dan gir, periksa juga girnya jangan sampai ada yang rontok atau posisinya berubah. Periksa juga motornya dengan cara dilepas kemudian putar dengan tangan, jika putarannya berat silakan ganti ( motor ini jarang rusak )
        • Setelah dibersihkan cobalah  hidupkan kembali printernya,,,, seharusnya printer sudah bisa normal lagi...
        • Jika printer masih mengalami error, berarti ada kerusakan lain selain APG motor. Lakukan pengecekan lebih lanjut. 

        Baca Juga : Printer Epson 1390 General Error " PW sensor Error " tidak bisa Mode Photo

        Mengenai error printer pada epson 1390 saya cukupkan sekian semoga bisa memberikan manfaat dan untuk error yang lainnya akan dibahas lagi pada postingan selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini.

        Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
        Buka Komentar
        Tutup Komentar