--> Skip to main content

Tips Epson Agar Printer Epson Lebih Awet dan Hasil Cetakan Tetap Bagus

Maintenance printer atau merawat printer menjadi sesuatu yang wajib bagi pada pengguna printer. Baik itu printer merek epson, hp, canon, brother atau apapun itu harus dilakukan perawatan secara rutin. Perawatan ini bertujuan supaya printer selalu prima saat dipakai dan bisa dipakai dalam jangan waktu yang lama (awet).

Pada postingan ini saya akan mencoba mengulas beberapa cara melakukan perawatan untuk printer Epson. Cara yang dijelaskan di sini adalah yang biasa saya lakukan untuk printer epson.

Tips Epson Agar Printer Epson Lebih Awet dan Hasil Cetakan Tetap Bagus


5 Langkah Merawat Printer Epson Supaya Awet 


Berikut ini ada beberapa langkah perawatan printer epson inkjet secara umum jadi bisa dilakukan untuk seri yang lama maupun seri yang baru misalnya epson L series

  • Membersikan body printer


Salah satu merawat printer adalah membesihkan body printer.  Untuk proses ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan performa printer tetapi hanya untuk kebersihan saja. Jika printer terlihat bersih akan enak dipandang dan lebih nyaman saja ketika kita meletakannya dimeja kerja.

  • Mengecek suplay tinta pada tabung tinta 


Tahap ini sangatlah penting untuk dilakukan karena sangat berhubungan dengan kinerja dan hasil pencetakan. Untuk printer epson yang sekarang misalnya printer seri L untuk suplay tinta sudah menggunakan sistem infush sehingga mudah untuk dilakukan pengecekan.

Yang harus Anda lakukan hanyalah mengecek suplay tinta saja. Pastikan tinta tidak habis atau masih tersisa sekitar 5 s.d 10 ml. Jika ternyata hampir habis atau sudah tersisa sekitar 5 s.d 10 ml maka segera isi ulang tinta sesuai warnanya..

Perhatikan gambar tabung tinta pada printer epson di bawah ini.

Merawat Printer Epson Agar Lebih Awet dan Hasil Cetakan Tetap Bagus
Tabung tinta pada printer epson L110, L300, L310
Gambar di atas adalah tabung tinta pada printer epson seri L110 atau L300 atau L310. Pada gambar telihat garis horizontal yang dibeti tanda anak panah. Tanda tersebut adalah batas maksimal ketersediaan tinta dan harus segera diisi ulang.

Jangan sampai salah atau tertukar warna saat isi tinta. Jika terlanjur maka Anda harus menguras tabung tinta dan catridgenya sampai besih 

Jika kita lupa mengisi tinta dan terlajur sudah kosong nanti akan menyebabkan catridge kosong dan akhirnya suplay tinta ke print head jadi tidak ada. Keadaan ini menyebabkan print head kering dan buntu.


  • Periksa tinta yang ada pada Catridge


Tinta yang berada pada catridge adalah tinta yang berhubungan langsung dengan print head. Catridge inilah yang memberikan suply tinta ke print head pada saat melakukan pencetakan. Jika catridge kosong akan menyebabkan suplay tinta ke print head akan terganggu dan menyebabkan print head kering dan buntu.

Merawat Printer Epson Agar Lebih Awet dan Hasil Cetakan Tetap Bagus
Catridge printer Epson L110 L300 L310
Untuk melakukan pengecekan pada catridge memang sedikit agak susah dan ini mendektai level teknisi. Hal ini karena kita harus melepas catridge dan memeriksanya. Untuk melepas catridge ini pada beberapa printer sangat mudah untuk lakukan tapi pada beberapa tipe sedikit susah dan kita harus membuka casing printer terlebih dahulu.

Untuk pengecekan catrige bisa dilakukan setiap 6 bulan untuk printer dengan pemakaian ringan dan setiap 3 bulan untuk printer dengan pemakaian berat.

Jika catridge mulai kosong silahkan vacum dengan suntikan sampai tintanya penuh kemudian pasang kembali seperti semula.

  • Vacum catridge jika tinta pada catridge mulai kosong


Tahap ini adalah kelanjutan dari poin sebelumnya. vacum catridge kita lakukan ketika catridge kosong atau ketika tinta tersisa sekitar 1/4 nya. Jika catrdige sudah kosong dan dibiarkan maka akan menyebabkan printer head kering karean akekurangan supply tinta.

Tips Epson Agar Printer Epson Lebih Awet dan Hasil Cetakan Tetap Bagus
Vacum catridge printer epson L110 L210 L300 l310 

Untuk melakukan vacum pada catridge kita memerlukan alat khusus berupa suntikan yang ujungnya dipasang sambugan yang didesain khusus untuk catridge.

Untuk Anda yang belum tau cara vacum catridge pada printer epson, bisa disimak panduannya pada artikel berikut.

Baca Juga: Cara Vacum atau Buang Udara pada Catridge Epson L220 L210

  • Membersihkan tempat pembuangan tinta


Membersikan tempat pembuangan tinta terdengar seperti hal sepele namun menurut saya sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Setiap printer dipakai untuk ngeprint atau juga pada saat  head cleaning maka printer akan menghasilkan sampah tinta. Sampah tinta ini kemudian dibuang dan dikumpulkan pada tempat sudah disediakan atau sebut saja tabung pembuangan tinta. Tentang pembuangan tinta printer inkjet bisa simak di Memasang Tabung Pembuangan Eksternal Printer Inkjet

Sampah yang terkumpul pada tabung pembuangan lama kelamaan akan penuh dan harus dibuang. Jika tidak dibuang maka tinta sampah akan meluap dan membanjiri komponen printer disekitarnya misalnya power supply dan sensor. Oleh karena itu membuang dan membersihkan tabung pembuangan tinta sangatlah penting dan harus dilakukan secara rutin.

Pada printer Epson keluaran baru biasanya tabung pembuangannya sudah didesain sukup besar dan bisa menampung sampah tinta cukup banyak. Namun walaupun demikian kita susah untuk mengeceknya karena letaknya berada di dalam printer. Oleh karena itu ketika printer sudah habis masa garansi, silahkan buat tabung pembungan eksternal sehingga mudah untuk dipantau maupun dibersihkan..

Berikut ini adalah contoh pemasangan pembuangan eksternal pada printer epson L210 atau L220



Sebagai contoh cara membuat tabung pembuangan eksternal bisa di simak pada postingan berikut ini.

Baca juga:
Untuk printer epson 1390, tinta sampah tidak hanya dibuang pada satu titik tetapi ada 2 titik pembuangan. Pembuangan yang satu keluar dari pompa pembungan sebelah kanan dan yang kedua sebelah kiri.

Untuk printer 1390 ini pembuangan eksternal hanya bisa dipasang untuk yang terhubung ke pompa saja. sedangkan untuk pembuangan sebelah kiri tidak bisa. Dengan demikian meskipun Anda membuat tabung pembuangan eksternal anda harus tetap membersihkan pembuangan yang satunya dengan cara membongkar body bawah printer.

Untuk lebih jelasna bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Printer epson 1390
Pada gambar di atas terlihat jelas ada genangan tinta pada body bawah printer epson 1390. Genangan tinta tersebut adalah tinta sampah yang keluar dari print head pada saat head cleaning. Untuk membesihkan bagian tersebut, Anda harus membongkar cover atas printer dan body bawah printer.

Dengan melakukan pemeriksaan dan yang dilanjutkan perawatan seperti yang sudah dijelaskan di atas bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada printer epson Anda.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai tips agar printer epson Anda bisa lebih awet dan hasil cetakan tetap bagus. Jika ada tambahan silahkan tambah melalui komnetar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar