Memasang Tabung Pembuangan Eksternal Printer Inkjet

Memasang Tabung Pembuangan Eksternal Printer - Pada semua jenis printer merek apapun itu pasti sudah disediakan sebuah tempat untuk menampung sampah tinta. Namun walaupun demikian bisanya tempat pembuangan atau tabung pembuangan yang bawaan pabrik biasanya berukuran kecil. Selain itu lokasinya yang sulit dijangkau sehingga sulit untuk dilakukan perawatan.

Memasang Tabung Pembuangan Eksternal Printer Inkjet


Pentingkah tabung pembuangan eksternal pada printer Inkjet? 


Berdasarkan uraian di atas, pembuangan tinta bawaan pabrik biasanya berukuran kecil dan susah dijangkau. oleh karena itu tabung pembuangan pada printer sangatlah penting. Dengan tabung pembuangan eksternal kita bisa dengan mudah melakukan perawatan pada printer meskipun kita tidak tahu sama sekali mengenai perbaikan printer.

Contoh tabung pembungan eksternal pada printer Epson L300
Tabung pembuangan tinta bawaan pada printer L110 L210 L300 L310

Untuk printer dengan pemakaian jarang biasanya membutuhkan waktu yang relatif lama sampai sampah pada tempat pembuangan tintanya penuh. Tetapi untuk printer yang sering digunakan atau juga sering dilakukan head cleaning, tentunya tabung pembuangan akan cepat penuh.

Berikut ini manfaat pemasangan tabung pembuangan eksternal pada printer inkjet

  1. Mempermudah perawatan printer
  2. Mencegah terjadinya banjir sampah tinta
  3. Mencegah kerusakan hardware pada printer karana terkena tinta sampah. 

Banyak kasus printer yang mengalami kerusakan mati total gara-gara komponen pada mainboard terendam oleh sampah tinta

 Cara memasang tabung pembuangan pada printer



Memasang tabung pembuangan eksternal pada printer apapun mereknya sebenarnya sangatlah mudah. Syarat mutlaknya kita harus bisa membongkar casing dari printer tersebut.

Terus bagaimana kalau kita tidak bisa membongkar casing printernya? 

Jaman sekarang ini sudah sangat banyak tutorial cara memperbaiki atau membongkar printer baik itu
di blog termasuk blog ini atau juga di youtube misalnya chanel "technodand" dan banyak lagi chanel yang membahas tentang printer.

Memasang Tabung Pembuangan Eksternal Printer Inkjet
Contoh tabung pembungan eksternal pada printer Epson L300
Memasang Tabung Pembuangan Eksternal Printer Inkjet
Contoh tabung pembungan eksternal pada printer Epson L1800

Untuk mencari tutorial membongkar printer sangatlah mudah, silahkan masuk youtube terus ketikan pada kolom search dengan keyword misalnya "epson L210 disassembly" atau "cara bongkar Printer L210" dsb. Jika Anda sudah menemukan tutorial cara membongkar model printer yang dibutuhkan, silahkan ikuti instruksinya.  Atau Anda juga bisa langsung mencasi  tutorial cara memasang pembuangan eksternal pada printer sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Rekomendasi untuk Anda:



Hal yang harus diperhatikan sebelum memasang tabung pembuangan eksternal printer


Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan sebelum Anda memasang pembuangan eksternal pada printer Anda.

# Resiko kerusakan akibat membongkar printer


Jika anda tidak yakin bahwa anda bisa memasang pembuangan eksternal printer, saran saya lebih baik meminta bantuan kepada orang yang ahli di bidangnya. Anda juga bisa bawa printer ke tempat service printer. Katakan saja "saya ingin memasang tabung pembuangan tinta eksternal" tukang service pasti sudah paham.

Jika Anda memang ingin belajar bongkar atau memperbaiki printer, maka silahkan lakukan dengan hati-hati dan yang pasti dengan segala kemungkinan risiko yang terjadi.

# Pasang tabung pembuangan eksternal akan menghanguskan garansi printer


Memasang tabung pembuangan pada priner harus dilakukan dengan cara membuka casing terlebih dahulu. Dengan membuka casing tentunya akan merusak segel garansi printer tersebut. Dengan demikian silahkan pertimbangkan dengan matang sebelum Anda melakukannya.

Saran saya jika masih dalam masa garansi lebih baik tidak memakai pembungan eksternal, silahkan tunggu sampai masa garansi habis barulah pasang tabung pembuangan. Untuk pemakaian wajar biasanya akan membutuhkan waktu 1 tahun s.d 2 tahun sampai pembuangannya penuh. Namun jika sering dihead cleaning, biasanya hanya butuh 6 bulan sampai tabung pembuangan bawaan penuh.

Jika tabung pembuangan bawaan sudah penuh dan tidak langsung dibersihkan maka tinta sampah akan maluap keluar. Sampah tinta akan membasahi meja kerja Anda dan lebih parahnya membanjiri komponen printer itu sendiri.

Dengan uraian di atas sekarang Anda tahu bahwa tabung pembuangan eksternal pada printer itu sangatlah penting. Namun walaupun begitu Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu manfaat dan risikonya.

Itu saja yang bisa saya sampikan, semoga tulisa ini mudah difahami. Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui kotak komentar yang sudah disediakan. Jika tidak ada halangan Insya Allah saya akan menjawabnya sesuai yang saya ketahui. Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung dan mohon maaf atas segala kekurangannya.

1 komentar

  1. Febtop.com offers you this large-format 3 in 1 3d modular printer that can be used for industrial purposes. For more information you can check more about large format 3d printer for more information.

    BalasHapus


EmoticonEmoticon