Printer LaserJet Hp M402 Tidak Menarik Kertas [Paper Jam]

Printer LaserJet Hp M402 Tidak Menarik Kertas [Paper Jam] - Pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki printer Hp laserjet M402 yang mengalami paper jam. Paper jam pada printer laserjet sangat banyak jenis dan penyebabnya. Adapun yang di maksud dengan paperjam adalah kondisi gagal print, kertas nyangkut di awal proses print, di tengah proses atau di akhir proses print.

Untuk pembasan pada artikel ini adalah paperjam dengan gejala kertas hanya tertarik setengah dan berhenti sebelum melewati catridge.

Perhatikan pada gambar dibawah ini. terlihat kertas menyangkut ditengah proses print. Jika kita perhatikan, kertas berhenti sebelum masuk ke bagian pemanas dan juga belum menyentuh bagian drum pada catridge.

Printer LaserJet Hp M402 Tidak Menarik Kertas [Paper Jam]
(gambar 1.1) Printer Hp laserjet paper jam

Dengan demikian kita bisa menyimpulkan bahwa kerusakan bukan pada bagian pemanas tetapi pada mekanik yang berperan mengantarkan atau menggerakan kertas masuk ke area catridge dan masuk ke area pemanas.

Baca Juga: Cara mengatasi printer laserjet hp M402 cetakan tidak rata

Bagaimana langkah perbaikan Printer laserjet M402 tidak menarik kertas?


Tahap 1: Untuk langkah awal analisa, coba periksa pada daerah sekitar tempat catridge, dan daerah sekitar sebelum catridge. Pastikan tidak ada benda asing seperti potongan kertas, isi staples atau yang lainnya berada pada daerah ini.

Pada beberapa kasus biasanya printer laserjet M402 akan paper jam jika ada benda logam misal isi staples menempel pada daerah pemanas. Entah karena ada sensor yang mendeteksi keberadaan benda logam asing atau karena karena hal lain. Tetapi banyak juga kasus isi staples lolos masuk ke bagian pemanas dan merusak bagian tersebut.


Printer LaserJet Hp M402 Tidak Menarik Kertas [Paper Jam]

Tahap 2: Selain memerika daerah sebelum masuknya catridge, periksa juga apakah drum catridge macet atau putarannya berat. Untuk memeriksa bagian catridge, Anda cukup memutar bagian drum dengan jempol Anda. Jika drum terasa berat ketika diputar atau bahkan tidak bisa diputar, bisa dipastikan penyebab paper jam berasal dari bagian catridge.

Silahkan ganti catridge yang rusak dengan yang masih bagus kemudian coba lakukan pengetesan. Jika masih terjadi paperjam, silahkan lanjut ke tahap berikutnya.


Tahap 3: Setelah pemeriksaan cartidge, selanjutnya periksa bagian paper pickup. Paper pickup roller adalah komponen untuk menarik kertas.
'
Cara menganalisa kerusakan pada paper pickup cukup gampang. Anda hanya tinggal memperhatikan proses pada saat kertas ditarik. Apakah kerja paper pickup bekerja dengan normal pada saat menarik kertas?

Selain itu Anda juga bisa memeriksanya dengan memeperhatikan fisik dari paper pickup tersebut apakah sudah tipis atau aus ?

Paper pick roller ini sangat berpengaruh pada proses penarikan kertas. Tetapi walaupun demikian jika gejala kerusakannya seperti pada gambar pertama (gambar 1.1) pada artike ini, kemungkinan kerusakan bukan berasal dari paper pickup roller.

Tahap 4: Selanjutnya  ada satu bagian yang wajib dicurigai yang harus diperiksa. Bagian ini bisa menjadi penyebab terjadinya paper jam dengan gejala "kertas tertahan ditengah sebelum masuk mekanik pemanas" (lihat gambar 1.1).

Bagian yang patut dicurigai tersebut adalah sebuah plat yang berada tepat dibawah drum catridge (ketika catridge dipasang). Perhatikan gambar di bawah ini

Printer LaserJet Hp M402 Tidak Menarik Kertas [Paper Jam]

Biasanya bagian tersebut sedikit terangkat ke atas sehinggan menggangu pergerakan kertas. Untuk mengatasinya, silahkan lepas bagian tersebut dengan digeser ke arah kanan.

Pada saat melepas bagain plat tersebut, lakukan dengan hati-hati karena tiap ujungnya sedikit tipis jadi bisa melukai jari Anda. Saran saya gunakan sarung tangan pada saat melepasnya. Setelah dilepas bentuknya seperti pada gambar di bawah ini.

Printer LaserJet Hp M402 Tidak Menarik Kertas [Paper Jam]

Setelah dilepas lakukan sedikit modifikasi, perhatikan gambar dibawah ini. Jika dilihat dari sisi ujungnya  membetuk siku-siku tetapi tidak 90 derajat. Nah tugas Anda hanya sedikit merubahnya supaya membetuk siku siku 90 derajat sepeti pada gambar berikutnya di bawah ini.




Jika sudah silahkan pasang kembali sepeti semula. Untuk memasangnya cukup lakukan kebalikannya pada melepasnya. Yaitu dengan cara menggesernya ke sebelah kiri. Sebagai patokan perhatikan gambar di bawah ini.


Pada gambar terlihat ada bagian yang diberi tanda lingkaran. Bagian tersebut adalah pengunci plat yang kita lepas tadi. Jadi pada saat dipasang maka pengait pada plat akan dikunci oleh bagian ini (yang ditandai lingkaran).

Kesimpulan:


Untuk memperbaiki kerusakan atau error paper jam pada printer lasejet Hp m402 dibutuhkan analisa seperti apa paper jam yang terjadi?

  1. Apakah paper jam karena kertas tidak berhasil ditarik oleh penarik kertas (paper pick up)?
  2. Apakah paper jam terjadi ketika kertas masuk ke area pemanas dan kemudian kertas nyangkut pada bagian tersebut atau tepatnya antara fuse film dan pressure roll?
  3. Apakah paper jam terjadi setelah kertas tertarik normal namun berhenti sebelum masuk mekanik pemanas?


Untuk pembahasan pada artikel ini lebih mengarah ke poin 3. Untuk poin 1 dan 2 bisa dicek pada postingan saya yang lain.

Baca Juga: Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Printer  Hp Laserjet Pro400 M401n

Secara umum ada beberapa komponen yang harus dicurigai pada kasus paper jam printer laserjet hp m402, yaitu sebagai berikut.

  1. Catridge
  2. Paper pick up roller tray 1 atau tray 2
  3. Mekanik pemanas (fuser film, pressure roll, sensor fuser, heating element)
  4. Plat yang berada di bawah catridge ( seperti yang dijelaskan di atas)
  5. Benda asing sekitar jalur kertas
  6. dll
Langkah perbaikan yang sudah dijelaskan di atas sifatnya tidak mutlak. Banyak kerusakan yang gejalanya sama namun komponen penyebab dan cara perbaikannya berbeda. Oleh karena itu lakukan analisa berdasarkan gejala dan proses yang muncul sebelum terjadinya error 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam pembahasan cara pebaikan Printer LaserJet Hp M402 Tidak Menarik Kertas [Paper Jam]. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda. Mohon maaf jika ada kesalahan. Terima kasih

0 Comments

Posting Komentar