Mengatasi Printer Laserjet Hp M402 Cetakan tidak Rata [Tipis Sebagian]

Cara mengatasi printer laserjet hp M402 cetakan tidak rata - Printer laser jet M402 merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya yaitu hp laserjet M401. Berdasarkan pengalaman printer laserjet M402 memang lebih ungul jika dibandingkan dengan printer lain sekelasnya seperti laser hp P2035n atau juga M401.

Pada saat proses print, suara yang keluar dari printer m402 lebih lembut dan sangat cocok jika digunakan untuk perkantoran atau juga di rumah. Dari segi kekuatan saya tidak bisa mengatakan bahwa printer ini lebih kuat dari printer seri lain. Hal ini dikarenakan usia printer tergantung user yang menggunakan, penempatan printer serta frekuensi penggunaan.

Untuk pembahasan penyebab atau faktor yang mempengaruhi umur dari sebuah printer laserjet bisa ada simak pada postingan berikut:

Baca Juga: Apa saya faktor yang mempengaruhi umur printer laserjet?


Mengatasi Printer Laserjet Hp M402 Cetakan tidak Rata [Tipis Sebagian]


Masih pada pembahasan printer laserjet M402. Untuk selanjutnya pada postingan ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi kerusakan hasil cetak pada printer laser hp m402 yaitu "hasil cetakan tidak rata". Cetakan tidak rata ini gejalanya hampir sama seperti ketika catridge mulai habis. Misalnya cetakan tipis di setiap sisinya, tengahnya tipis, dll.

Hal yang harus diperhatikan sebelum perbaikan hasil cetakan tidak rata pada printer laserjet


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau kita lakukan sebelum kita memperbaiki printer laserjet khususnya dengan kerusakan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hal ini supaya perbaikan kita tepat sasaran atau tidak tebah-tebakan. 

Ketika printer Anda hasil cetakannya tidak rata atau rusak, Anda jangan langsung mengklaim bahwa printer anda mengalami kerusakan. Namun cek catridge yang anda gunakan apakah sudah habis, drum cacat, magnet cacat atau sebagainya. Cobalah untuk memakai catridge lain yang masih bagus

Selain itu, cek hasil cetak printer apakah hasilnya rusak parah, kusut, berbayang atau tipis sebagian. Jika rusak parah atau kusut bisa disebabkan karena bagian pemanas yang rusak. Jika hasil cetak berbayang kemungkinan yang mengalami kerusakan adalah catridge, Jika hasil cetak tipis sebagian kemungkinan disebabkan karena catridge atau laser printer bermasalah.

Untuk mengatasi kerusakan hasil cetak yang disebabkan karena kerusakan bagian pemanas bisa Anda baca pada postingan lain pada blog ini

Untuk memperbaiki hasil cetak tipis sebagian atau tidak rata silahkan lanjutkan baca artikel ini.

Langkah perbaikan printer laserjet hp cetakan tidak rata atau tipis sebagian


Perbaikan kerusakan ini sebenarnya sudah saya bahas pada postingan sebelumnya tetapi untuk printer laserjet hp seri M401. Untuk caranya secara garis besar sama saja.

Sebelumnya siapkan alat yang akan kita gunakan seperti obeng min, obeng plus, dan lap bersih. Selanjutny aikuti langkah perbaikannya berikut ini.

  • Pertama-tama bongkar casing printer bagian kiri kanan dan belakang. Pada saat membongkar casing usahakan lakukan dengan hati-hati.
  • Selanjutnya buka casing penutup bagian atas (tanda panah kuning). Untuk melepasnya cukup mudah yaitu dengan menekan penguncinya yang berada tepat dibawah yang saya tandai dengan panah merah pada gambar di bawah ini.
Mengatasi Printer Laserjet Hp M402 Cetakan tidak Rata
Buka casing penutup atas

  • Setelah casing penutup atas printer sudah dibuka selanjutnya perhatikan bagian yang diberi tanda panah pada gambar di bawah ini.

Mengatasi Printer Laserjet Hp M402 Cetakan tidak Rata
Lepas modul laser
Bagian tersebut adalah modul laser yang berfungsi menembakan data yang berasal mainboard ke bagian drum catridge. Bagian laser inilah yang sering menjadi penyebab hasil cetakan printer laser tidak rata meskipun catridge dalam keadaan bagus.

Penyebab bagian laser mengalami masalah biasanya dikarenakan toner yang masuk kedalamnya. Masuknya toner ke dalam bagian laser biasanya disebabkan dari catridge yang bocor. Selain itu masalah pada laser bisa juga disebabkan kareana terkena debu biasa.

Untuk pebaikannya cukup mudah, Anda hanya tinggal membersihkan semua komponen yang berada pada bagian modul laser ini.

Jika Anda baru memperbaiki printer laser dan sedikit bingung cara membongkar dan membersihkannya, silahkan perhatikan uraian berikut ini

Membongkar dan membersihkan modul laser pada printer laserjet hp M402


Lanjutan dari uraian di atas, setelah casing printer dilepas, selanjutnya kita melepas bagian modul laser. Silahkan buka semua bautnya (jumlahnya ada 4 buah). Kemudian lepas semua kabel yang terhubung ke bagian laser tersebut. Perhatikan 2 gambar berikut ini.

Mengatasi Printer Laserjet Hp M402 Cetakan tidak Rata
Lepas konektor laser


Mengatasi Printer Laserjet Hp M402 Cetakan tidak Rata
Lepas kabel fleksibel laser
Setelah semua kabel dilepas, selanjutnya bongkar bagian lasernya dengan cara melepas satu buah baut pada bagian atas dan 4 buah pengait pada tiap sisinya. Berikut ini adalah letak pengait penutup modul laser printer laserjet hp M402.

Mengatasi Printer Laserjet Hp M402 Cetakan tidak Rata
Bongkar modul laser
Bersihkan semua komponen yang ada pada modul laser tersebut. Ada beberapa bagian vital yang wajib dibersihkan yaitu reflektor pada motor, dioda laser dan lensanya, serta bagian lainnya seperti yang saya beri tanda pada gambar modul laser di bawah ini.

Untuk membersihakn bagian modul laser, Anda bisa menggunakan lap kering bersih atau untuk lebih bagus bisa menggunakan kompressor

Mengatasi Printer Laserjet Hp M402 Cetakan tidak Rata
Bersihkan bagian komponen modul laser
Jika modul laser sudah dibersihkan, silahkan pasang kembali seperti semula dan lakukan pengetesan dengan menggunakan catridge yang masih bagus. Jika ternyata hasil print tidak keluar sama sekali, silahkan cek kembali semua konektor yang terhubung ke bagian modul laser. Pastikan terhubung dengan baik.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai pembahasan perbaikan hasil printer laserjet hp M402 cetakan tidak rata. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Jika ada yang kurang dipahami silahkan tinggalkan komentar pada kotak yang sudah disediakan di bawah postingan ini.

0 Comments

Posting Komentar