Skip to main content

Cara Perawatan Printer LaserJet yang Tepat dan Mudah Dilakukan

Cara Tepat Perawatan Printer LaserJet dan Mudah Dilakukan

Cara perawatan printer LaserJet yang tepat dan mudah dilakukan - Perawatan atau maintenance printer laserjet merupakan sesuatu hal yang wajib untuk para penggunanya. Seperti yang kita ketahui bahwa printer laserjet menggunakan tinta berupa serbuk atau toner. Toner ini dimasukan ke dalam catridge sebagai media penampunya. 

Jika serbuk toner dibiarkan akan mengotori dan menempel pada mekanik pemanas. Kondisi ini akan meperpendek umur komponen pada mekanik pemanas. Tidak hanya bagian pemanas, bubuk toner juga bisa mengganggu kinerja bagian mekanik gear.

Oleh karena itu Anda wajib melakukan perawatan pada printer lasetjet Anda. Pada artikel ini saya ingin berbagi cara melakukan perawatan pada printer laserjet. Pada contoh di sini saya menggunakan printer laserjet hp m402n sebagai bahan.


Penyebab Toner Bocor Pada Printer Laserjet

Salah satu hal yang menjadi penyebab kita harus melakuan perawatan pada printer laserjet adalah masalah toner. Serbuk toner inilah yang membuat printer menjadi kotor dan rawan mengalami kerusakan. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kebocoran toner pada printer laserjet

1. Kualitas catridge

Catridge printer laserjet sangat berpengaruh pada ketahanan dari catridge itu sendiri. Untuk catridge yang kualitasnya kurang bagus biasanya toner mudah cepat rembes keluar. Tones yang rembes keluar itu biasanya karena bahan material spare partnya yang kurang bagus.

2. Umur catridge

Semakin lama catridge laserjet digunakan, maka komponen-komponen yang berada didalamnya akan aus atau menjadi lemah. Keadaan inilah yang meyebabkan toner bocor keluar dan mengotori printer. Sebagai contoh misalnya ketika komponen wiper blade sudah lemah. Kondisi karet pada wiper blade lemah menjadikan serbuk toner yang berada pada tabung sampah toner akan mengalami kebocoran.

Selain wiper blade komponen yang lainnya yang bisa menyebakan kebocoran adalah doctor blade

3. Jumlah isi toner pada catridge

Mengisi catridge laserjet tidak boleh sembarangan. Selain tipe toner harus sesuai, Jumlah atau gramasi toner yang harus dimasukan ke dalam catridge juga harus sesuai dengan tipe catridgenya. Toner yang dimasukan tidak boleh kurang dan juga jangan terlalu banyak.

Jika toner yang dimasukan terlalu sedikit maka toner akan cepat habis. Dan jika terlalu banyak, maka ketika sampah toner sudah penuh, toner dalam tabung supply masih tersedia. Akibatnya user akan terus menggunakan toner tersebut tanpa memperhatikan sampah yang sudah penuh. Ketika tabung sampah sudah penuh, wiper blade tidak bisa menampung serbuk toner karena sudah terlalu banyak. 

Di sinilah masalah bermulai. Toner pada tabung sampah akan terus keluar selama printer di guanakan dan membanjiri bagian dalam printer.

4. Kerusakan cartridge

Penyebab kebocoran toner yang lainnya adalah kerusakan pada catridge. Kerusakan pada catridge bisa disebabkan karena umur catridge yang sudah lama dan komponennya sudah banyak yang lemah. 

Kerusakan catridge juga bisa sebabkan karena penggunanya. Sebagai contoh misalnya pada saat melepas catridge yang terlalu tergesa-gesa sehingga menyebabkan catidge patah. Selain itu misalnya pada saat catridge macet tidak bisa dilepas dan user memaksa mencabut catridge dan menyebabkan catridge hancur sehingga tonernya tumpah di dalam printer.


Kapan Kita Harus Melakukan Perawatan atau Maintenance Printer Laserjet?


Untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan pada printer laserjet, Kita bisa membuat jadwal yang tepat. Jadwal bisa disesuaikan dengan tingkat penggunaan printer tersebut. Semakin tinggi intensitas penggunaan berarti perawatan juga semakin sering dan sebaliknya.

Namun walaupun demikian perawatan printer laserjet tidak harus sesuai dengan jadwal maintenace.  Perawatan printer laserjet bisa dilakukan kapan saja jika memang darurat. Sebagai contoh misalnya ketika ada kebocoran pada catridge atau juga pada saat melakukan perbaikan pada printer yang rusak.

Dengan demikian masalah kapan kita harus maintenance printer laserjet kita? Maka jawabanya Anda lebih tahu tentang hal ini.

 

Langkah-langkah Cara Perawatan Printer Laserjet

Proses perawatan printer laserjet itu sangat mudah. Buat anda yang bukan teknisi juga Insya Allah bisa melakukannya. Perawatan printer bisa dilihat secara fisik. Jika terlihat kotor maka kita harus membersihkannya. Memang ada bagian-bagian tertentu yang sensitif, namun menurut saya itu cukup mudah untuk dilakukan.

Hal terpenting dalam perawatan printer laserjet adalah kita harus bisa membongkar casing printer tersebut. Asalkan kita hati-hati insya Allah bisa melakukanya. Jika Anda ragu atau tidak bisa sama sekali, Anda bisa mencari tutorialnya di youtube atau website. Pelajari dulu baru lakukan sesuai tutorial yang ada. 

Untuk beberapa tipe printer laserjet, tutorialnya ada di blog ini dan juga di chanel technodand

Berikut ini beberapa tahapan untuk melakukan perawatan pada printer laserjet. Pada contoh tutorial ini saya menggunakan printer laserjet hp M402n. Silahkan simak artikelnya, pelajari, baru praktekan. Jika ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan komentar atau juga bisa melalui chanel youtube technodand.


1. Membersihkan Printer dari Toner

Membersihkan mekanik printer lasetjet adalah sesuatu hal yang sangat wajib. Printer yang digunakan lama kelamaan akan menbuat printer menjadi kotor. Tidak hanya bubuk toner yang mengotori printer, namun biasanya debu juga akan masuk ke dalam printer dan mengotori bagian dalamnya.

Biasanya printer yang digunakan di tempat terbuka atau ruangan yang banyak debu seperti gudang, Pritner akan lebih cepat kotor dibandingkan dengan printer yang digunakan di ruangan ber-AC

Hal yang paling fatal adalah adalah kebocoran toner. Toner yang bocor akan mengotori bagian dalam printer terutama di area catridge dan pemanas atau fusher. Jika hal ini dibiarkan, toner akan terbawa masuk ke bagian fuser film dan pressure roll.

Berikut ini ada beberapa masalah yang disebabkan karena toner masuk ke mekanik pemanas:

  • Hasil cetakan kotor - Toner yang menempel di fusher film sebagian akan ikut menempel ke kertas media cetak dan sebagian menempel pada bagian fusher. Karena toner yang bocor ikut menempel ke kertas sehingga menyebabkan banyak bercak hitam pada kertas hasil print.
  • Fusher film cepat rusak - Toner yang mempel di fusher lama kelamaan akan mengerak atau juga bisa mengikis permukaan fusher. jika ini terjadi maka fusher film akan cepat rusak selain itu juga pada hasil print akan telihat garis hitam tebal di sisi-sisi kertas.
  • Pressure roll sobek. Toner yang mengumpul di mekanik pemanas akan mengeras dan jika sudah banyak akan menggores pressure roll dan juga fusher.
Untuk mencegah hal tersebut kita harus membersihkan atau maintenance pada bagian dalam printer. Cara maintenance bagian dalam printer cukup mudah sekali. Berikut ini tahap cara membersihkan bagian dalam printer.
  • lepas casing printer sebelah kiri dan kanan
  • lepas casing printer bagian belakang
  • Lepas mekanik pemanas atau mekanik fusher
  • Bersihkan bagian dalam printer menggukana kuas dan kompressor

2. Membersihkan Mekanik Laser

Membersihkan mekanik laser printer laserjet M402n
Laser printer hp M402n

Selain membersihkan bagian dalam printer, membersihan bagian laser atau mekanik laser juga sangat penting. Kebersihan bagian ini sangat berpengaruh pada hasil print. Jika bagian laser kotor oleh debu atau toner menyebabkan hasil print tidak rata, misalnya sebelah kiri tebal namun sebelah kanannya pudar. Pada kasus parah menyebabkan hasil print menjadi sangat pudar.

Cara maintenance bagian ini sangat mudah dilakukan. Caranya tinggal lepas casing atas kemudian lepas mekanik laser dan bersihkan menggunakan kuas, kompressor atau bisa juga dilap menggunakan tisu.

Lokasi laser berbeda-beda tergantung tipe printer laserjetnya. misalnya untuk laserjet hp m402, m401, 2035, laser terletak tepat di bagian atas. Sedangkan untuk laserjet p1102, 1505, letak laser ada diseblah depan. 


3. Membersihkan mekanik pemanas. 


Membersihkan mekanik fusher atau heater printer laserjet
mekanik pemamas printer laserjet hp M402

Membersihkan mekanik heater bukan berarti membersihkan bagian dalam heater atau dalam fusher. Namun lebih ke bagian luarnya . biasanya disekitar pressure akan banyak terdapat toner yang masih berupa serbuk atau juga yang sudah mengeras menyerupai plastik. Bersihkan semua kotoran yang ada di dalam atau sekuitar mekanik pemanas ini.

Jika pada fusher film terdapat toner yang sudah menempel, silahkan bersihkan dengan hati-hati. Ingat jangan sampai menggores permukaan fusher film.


4. Mengganti Grease Pada Fuser Film


Mengganti Grease Pada Fuser Film printer laserjet
grease fusher film printer laserjet hp m402n

Mengganti grease pada fuser film tidak selamanya wajib. Grease yang kotor atau sudah lengket akan menyebabkan printer laserjet sering paper jam (kertas tersangkut di tengah-tengah mekanik fusher film).

Walaupun demikian mengecek grease sangat perlu dilakukan. Silakan lepas fusher film dari heater (pemanas). Setelah itu perhatikan grease yang menempel pada heater. Jika grease masih original maka tidak perlu diganti. Karena jika diganti memakai grease biasa akan menyebakan umur grease cepat rusak dan lengket.

Sebaliknya jika grease sudah pernah diganti, saran saya lakukan penggantian grease. Pastikan heater dibersihkan dulu sebelum ganti grease baru.

Note: Grease yang masih original biasanya terlihat seperti tepung, jika dipegang tidak akan lengket.

Berikut ini adalah contoh heater yang greasenya masih bawaan atau original.


5. Bersihkan Paper Pickup Roller

Paper pickup roller berfungsi untuk menarik kertas pada saat proses print. Pada printer yang memiliki 2 tray kertas, bagian ini terletak di 2 lokasi yaitu pada tray 1 bagian atas dan tray 2 bagian bawah. Untuk printer yang hanya mempunya1 tray kertas berari hanya memiliki 1 paper pickup roller saja.

Cara Perawatan Printer LaserJet yang Tepat dan Mudah Dilakukan
Paper pickup roller tray1 printer laserjet m402n

penarik kertas printer laserjetm hp M402n
Penarik kertas atau paper pickup roller tray 2 printer laserjet hp M402n

Ketika paper pickup roller kotor oleh debu atas toner maka proses penarikan kertas akan terganggu atau bahkan gagal. pada saat melakukan maintenance printer silakan bersihkan bagian ini dan periksa apakah masih bagus atau sudah rusak. Jika sudah rusak seperti tipis, licin, atau permukaanya tidak rata maka harus segera diganti.

Membersihkan paper pickup roller bisa menggunakan air pakai sabun atau bisa juga menggunakan alkohol.

6. Membersihkan casing printer

Untuk hal ini sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Proses pembersihannya bisa menggunakan cairan pembersih plastik sperti sampoly atau sejenisnya. 


Kesimpulan

Maintenance atau perawatan printer laserjet sangat penting untuk dilakukan. dengan dilakukannya maintenance secara tepat dan tidak terlambat akan memperpanjang umur printer serta menghasilkan hasil cetak yang selalu bagus. Perlu diperhatikan juga bahwa salah satu hal yang sangat penting adalah Anda harus menggunakan catridge yang masih bagus, pengisian ulang yang bagus dan jika catridge sudah sedikit bocor jangan dipaksakan memakainya. 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara perawatan printer laserjet. Semoga bisa memberikan manfaat. Terima kasih sudah berkunjung.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar