Memperbaiki Printer Bluetooth Blue Bamboo P25i Mati total

Memperbaiki Printer Bluetooth Blue Bamboo P25i Mati total - Pada kesempatan ini saya menulis pengalaman saya pertama kali memperbaiki 2 buah printer bluetooth Blue Bamboo tipe P25i. Untuk gejala kerusakannya printer sama yaitu printer tidak bisa menyala (mati total) dan ada bau terbakar.

Printer Blue Bambbo P25i merupakan printer portable yang bisa dibawa kemana saja. Printer ini menggunakan power dari baterai dan sistem koneksinya menggunakan bluetooth. Bisa digunakan baik dengan laptop maupun smartphone

Memperbaiki Printer Bluetooth Blue Bamboo P25i Mati total
Printer bluetooth Blue Bamboo P25i atau P25i-M

Proses pengecekan printer Bluetooth Bamboo mati total


Pada proses perbaikan printer ini saya melakukan pengecekan secara manual dengan cara melihat fisik dari komponen. Pengecekan secar fisik bisa membantu menemukan apakah pada device ada komponen yang terbakar atau tidaknya sehingga bisa lebih mudah untuk proses perbaikan dan analisa selanjutnya.

Dari hasil pengecekan secara manual, saya menemukan ada 2 buah komponen yang sudah terbakar. Komponen tersebut adalah sebuah IC kontroler Charging dan sebuah komponen elco tantalum yang berfungsi sebagai filter pada tegangan masuk adaptor charger.

Memperbaiki Printer Bluetooth Blue Bamboo P25i Mati total
Kerusakan printer bluetooth Blue Bamboo P25i atau P25i-M

Setelah pengecekan secara manual saya mencoba melakukan pengecekan tegangan dengan cara menghubungkan printer ke adaptor/charger kemudian mengukur tegangan pada mainbord menggunakan AVO meter. Dari hasil pengecekan ternyata tegangan menjadi drop. Drop nya tegangan ini kemungkinan karean terjadi hubung singkat pada IC atau kapasitor yang terbakar

Untuk adaptor charge tidak ada permasalah, tegangan stabil di 9,2 Volt. Karena tegangan adaptor stabil berarti kemungkinan keruskan buakan disebabkan oleh adaptor charger tersebut.

Prediksi penyebab kerusakan Printer Bluetooth Blue Bamboo P25i


Berdasarkan data yang saya dapat dari user yang menggunakan printer blue bamboo tersebut, saya mendapat informasi bahwa printer dioperasikan menggunakan adaptor charger secara terus menerus selama digunakan (dicharge terus-menerus)

Setelah mendapat informasi mengenai cara menggunaan serta data yang didapat dari hasil pemeriksaan secara hardware makan ditemukan beberapa kemungkinan penyebab keruskan seperti berikut ini.

  1. Penyebab kerusakan kemungkinan disebabkan karana adanya over charging
  2. Over charging kemungkinan disebabkan karena device (printer) dicharge secara terus menerus. Secara default device ini sistem powernya menggunakan tegangan dari baterai, dengan demikian jika dicharge secara terus menerus (tegangan charger mengalir terus ke device) akan menyebabkan over charging dan menyebabkan IC kontrolernya terbakar.

Pada umumnya device yang mengunakan baterai dan bisa dicharge biasanya sudah menggunakan sistem cut off pada system chargenya. Dengan system cut off ini charger akan berhenti mengisi baterai ketika baterai sudah penuh. Namun walaupun demikian jika terus menerus tegangan charger mengalir akan menyebabkan IC kontroler bekerja dengan berat sehingga bisa menyebabkan IC tersebut terbakar.

Proses Perbaikan Blue Bamboo P25i Mati total


Pada saat melakukan perbaikan saya mengalami kendala mengingat komponen IC penggantinya tidak ada (harus dipesan dari marketplace luar). Namun sebagai langkah terakhir untuk menguji apakah device tersebut bisa diperbaiki lagi atau tidaknya, kami melakukan proses pencabutan IC dan kapasitor yang mengalami kerusakan.

Setelah IC dan kapasitor di lepas, saya coba hidupkan printer dengan menggunakan baterai dari device lain yang masih bagus. Hasilnya printer masih bisa berjalan dengan normal.

Kesimpulan


Printer Blue Bamboo P25i-M secara default  menggunakan baterai untuk system powernya. Untuk yang menggunakan printer bluetooth blue bamboo, ada bebrapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisasi kemungkinan terjadinya kerusakan pada bagian kontroler charger seperti kasus pada printer yang saya perbaiki.

  1. Charge printer sampai baterainya penuh kemudian lepas adaptor charger dan pasang lagi adaptor charge ketika baterai printer sudah lemah atau dengan kata lain jangan charge secara berlebihan
  2. Jika Anda menggunakan printer ini secara terus menerus misalnya di toko dan malas untuk cabut colok charger, maka bisa digunakan  terminal listrik atau stop kontak yang menggunakan timer. Dengan timer ini adaptor charger akan aktif pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan setingan timer.
Catatan: 
Untuk mengetahui baterai dalam keadaan penuh atau kosong  bisa ketahui dari indikator lampu pada printernya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada table di bawah ini.

Memperbaiki Printer Bluetooth Blue Bamboo P25i Mati total
Kode error printer bluetooth Blue Bamboo P25i atau P25i-M


Tips di atas hanya untuk meminimalisir kerusasakan pada bagian IC charger printer saja. Tentunya masih banyak tips dan perawatan supaya printer bisa lebih awet.

Mungkin itu saja yang bisa saya tulis pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangannya. Terima kasih.


0 Comments

Posting Komentar