Tips Merawat Timbangan Digital Supaya Akurat dan Awet

Tips Merawat Timbangan Digital Supaya Awet - Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana tips membeli timbangan digital. Berikutnya pada postingan ini kita akan bahas bagaimana cara merawat timbangan digital yang sudah kita beli tersebut. Tujuan dari perawatan timbangan adalah supaya masa pakainya bisa bertahan lama dan lancar ketika digunakan saat menimbang beban.

Tips Merawat Timbangan Digital Supaya Akurat dan Awet


Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan supaya timbangan lebih awet dan tidak error.

Cara Melakukan perawatan Timbangan Digital


Cara ini bisa kita lakukan sendiri atau juga bisa meminta bantuan dari tenaga yang ahli di bidangnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan.

Bersihkan timbangan dgital secara rutin 


Timbangan digital biasanya rawan dengan tingkat kebersihannya. Untuk timbangan yang dipakai ditempat yang lembab atau juga di tempat berdebu biasanya timbangan akan rentan kotor. Timbangan yang kotor jika tidak dibersihkan secara rutin akan menyebabkan tingkat keakuratannya terganggu. Selain itu juga bisa merusak komponen timbangan yang ada didalammnya.

Untuk membersihkan timbangan lakukanlah secara rutin maksimal selama 6 bulan sekali. membersihkan timbangan tidak hanya luarnya saja, tetapi bagian dalamnya pun harus dibesihkan.

Membersihkan timbangan bagian dalam mungkin akan membutuhkan sedikit keahlian. Oleh karena itu saran saya lebih baik meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli atau setidaknya paham tehnik elektro.

Banyak kasus timbangan digital yang error disebabkan kurangnya perawatan kebersihan

Pada bagian dalam timbangan digital ada komponen yang namanya Loadcell dan AD board. Jika komponen ini lembab, penuh dengan debu atau kotoran lainnya, Biasanya akan menyebabkan timbangan tidak akurat

Ganti Baterai 6 Bulan Sekali

Untuk timbangan yang menggunakan baterai, lakukanlah penggantian baterai sekitar 6 bulan sekali. Sebenarnya baterai pada timbangan ada yang bisa mencapai 1 tahun pemakaian. tetapi tidak sedikit juga yang baterainya habis setelah pemakaian sekitar 6 bulan.

Tips Merawat Timbangan Digital Supaya Akurat dan Awet
Baterai untuk timbangan digital
Untuk mengetahui baterai sudah lemah biasanya akan muncul indikator berupa lampu atau tulisan pada display timbangan misalnya LB, LOWBATT, dll. Untuk beberapa jenis timbangan ada juga yang menunjukan gejala berupa tulisan error pada displaynya.

Penggantian baterai bisa dilakukan sendiri atau juga bisa meminta bantuan teknisi timbangan. Adapun harga untuk sebuah baterai timbangan biasanya bervariasi sesuai dengan ukurannya. Untuk timbangan kecil biasanya harganya berada pada kisaran 150 ribu - 200 ribu.

Pada saat penggantian baterai timbangan, pastikan tegangan charger pada timbangan voltasenya normal. Besar voltase timbangan harus sedikit lebih besar dari voltase baterai ( sekitar 1,5 -2 volt lebih besar)


Melakukan Kalibrasi Sendiri


Untuk mengecek keakuratan timbangan digital kita bisa menggunakan batu timbangan atau anak timbangan. Pastikan nilai yang muncul sesuai dengan berat dari batu timbangan. Jika beratnya tidak sesuai maka perlu dilakukan kalibrasi ulang. Untuk melakukan kalibrasi timbangan digital kita memelukan anak timbangan yang akurat. Namun jika tidak ada anak timbangan, Anda bisa menggunakan benda lain seperti barbel dengan syarat beratnya harus akurat.

Tips Merawat Timbangan Digital Supaya Akurat dan Awet
Anak timbangan untuk kalibrasi timbangan digital

Bagaimana proses melakukan kalibrasi timbangan digital?

Cara atau tahap-tahap kalibrasi timbangan digital biasanya disesuaikan dengan mereknya. Silahkan buka buku manual yang disertakan pada saat pembelian. Tiap timbangan satu dengan yang lain yang berbeda merek biasanya berbeda cara melakukan kalibrasinya.

Baca juga: Cara kalibrasi timbangan digital DIGI SM 500

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan kalibrasi, silahkan bawa kepada tegana ahli dibidangnya.

Hindari meletakan barang di atas timbangan dalam kurun waktu yang lama


Timbangan dibuat dan diseting untuk menimbang barang dengan cara meletekannya diatas timbangan. Namun walaupun demikian jika barang diletakan di atas timbangan dalam kurun waktu yang relatif lama, maka akan menyebabkan komponen pada timbangan mengalami kerusakan. Akibatnya timbangan menjadi tidak akurat atau bahkan error tidak bisa menimbang.

Pada kasus ini, komponen yang sering rusak adalah Load cell ( sensor berat). Oleh karena itu hindari meletakan barang atau beban di atas timbangan dalam kurun waktu yang relatif lama.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai pembahasan cara merawat timbangan supaya lebih awet dan akurat. Semoga bermanfaat dan mohon maaf  jika ada kesalahan. Terima kasih.

0 Comments

Posting Komentar