Tips Membeli Timbangan Digital : Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Timbangan Digital

Tips Membeli Timbangan Digital – Timbangan digital atau Digital Balance Scale merupakan perangkat yang sangat membantu dalam berbagai kegiatan operasional pada sektor-sektor tertentu baik di  sektor industri maupun komersial. Alat elektronik ini hadir dengan berbagai model, merek, ukuran, dan juga fitur yang dimilikinya. Mulai dari dari yang sederhana sampai canggih pun ada.

Di era sekarang ini timbangan digital sangat diminati oleh para konsumen. Hal ini menyangkut pertimbangan dari tingkat keakuratan dan juga kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan timbangan konvensional.


Tips Membeli Timbangan Digital : Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Timbangan Digital


Banyaknya jenis, merek dan juga model timbangan, tentunya akan sedikit membingungkan tatkala kita berniat untuk membelinya. Ketika berniat untuk membeli timbangan digital kita perlu mempertimbangkan kapasitas, ukuran, model serta fitur dari timbangan tersebut supaya tepat dengan kebutuhan kita.

Pada artikel ini  ada beberapa tips untuk Anda yang hendak atau sedang mencari timbangan digital supaya Anda tidak salah pilih.

Tips Sebelum Membeli Timbangan Digital


Banyaknya merek yang beredar dipasaran akan sedikit membingungkan. Timbangan merek apa yang harus kita pilih?. Perlu diketahui bahwa berpaktokan pada merek tidak menjamin kita mendapatkan timbangan digital yang paling bagus. Berdasarkan pengalaman tidak jarang timbangan dengan merek terkenal cepat rusak sebelum masa garansi habis.

Apakah hal tersebut disebabkan karena merek terkenal tersebut jelek?

Masa pakai barang elektronika memang tidak bisa diprediksi. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang dapat mempengaruhi usia dari alat elektornika tersebut. Begitu juga dengan timbangan digital, ada banyak faktor yang bisa bepengaruh terhadap usia pakainya. Faktor ini sangat berhubungan dengan cara pengunaan, lokasi penempatan, dan jenis timbangan yang digunakan apakah sesuai atau tidak.

Untuk itu berikut ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli timbangan digital.

Pilihlah timbangan timbangan digital yang mempunyai fitur sesuai dengan kebutuhan 


Timbangan yang beredar sekarang sangat banyak sekali mulai dengan fitur sederhana sampai yang canggih pun ada. Jika Anda hanya memerlukan fitur sederhana seperti hanya untuk timbang saja, maka belilah timbangan dengan spesifikasi tersebut. Anda tidak perlu membeli timbangan dengan fungsi print barcode atau dengan fungsi touchscreen. Selain harga yang mahal juga nantinya pasti tidak akan terpakai semua fiturnya.

Beda hal jika Anda mencari timbangan untuk dipakai disebuah swalayan modern. Untuk kebutuhan  ini tentunya Anda membutuhkan timbangan dengan fitur yang canggih misalnya mempunyai fitur print out barcode, bisa menampung data, serta dilengkapi sistem jaringan untuk transfer datanya dan sebagainya.

Tips Membeli Timbangan Digital : Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Timbangan Digital
Contoh timbangan platform untuk area kering dan berdebu

Jika timbangan akan digunakan di tempat yang lembab misalnya untuk timbang ikan dan daging, maka carilah timbangan yang lebih tahan air. Konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak penjualnya. Banyak sekali timbangan yang sangat rentan dengan kondisi lembab dan timbangan ini tidak cocok untuk penggunaan di tempat lembab.

Pilih Timbangan Digital yang Sudah dikalibrasi (tera)


Hampir semua timbangan yang dijual biasanya sudah dikalibrasi dan sudah ada stempel dari badan metrologi. Untuk saran silahkan tanyakan terlebih dahulu apakah timbangan sudah dikalibrasi atau belum. Jika belum dikalibrasi silahkan minta pihak penjual untuk kalibrasi terlebih dahulu.

Sebenarnya kalibrasi bisa dilakukan oleh kita namun kite memerlukan anak timbangan dengan berat tertentu untuk proses kalibrasi. Namun tentunya hal ini sangat merepotkan untuk Anda sebagai pengguna. Jadi kesimpulannya pastikan timbangan yang Anda beli sudah dikalibrasi. Lebih bagus lagi jika sudah ada stempel atau label dari metrologi.

Baca juga: Kalibrasi Timbangan Digital DIGI SM-500

Menghidupkan serta menimbang secara berkala termasuk cara yang bisa dilakukan supaya timbangan digital Anda selalu ter-update dengan bagian sensor timbangan atau Loadcell. Dengan kata lain semakin timbangan digital sering digunakan maka tingkat akurasinya akan semakin bagus.

Walaupun demikian, keakuratan sebuah timbangan juga sangat berpengaruh dari tingkat kebersihan dari timbangan tersebut. Pastikan timbangan selalu bersih dan tidak lembab


Kapasitas Timbangan Lebih Besar Dibanding Kapasitas Berat Barang


Sebelum kita memilih sebuah timbangan digital ada hal lain yang perlu kita perhatikan. Jika barang yang akan kita timbang maksimal adalah 100 Kg maka kita pilih timbangan dengan kapasitas yang lebih besar. Sebagai contoh misalnya timbangan dengan kapasitas 150 Kg atau juga yang lebih besar lagi misalnya timbangan dengan kapasitas 300 kg.

Dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa timbangan yang akan kita beli harus mempunyai kapasitas maksimal lebih besar dari beban maksimal barang yang akan kita timbang. Namun walaupun demikian Anda jangan memilih timbangan yang terlalu jauh kapasitasnya karena kemungkinan tidak akan digunakan secara maksimal.

Pilihlah kapasitas timbangan sesuai dengan kebutuhan

Jangan tergoda dengan harga timbangan yang murah


Timbangan dengan harga murah belum tentu kualitasnya buruk. Namun walaupun begitu Anda jangan tergiur dengan timbangan yang menawarna harga murah tetapi dengan segudang fitur yang canggih. Sebelum membeli pastikan Anda menanyakan lebih detail mengenai spesifikasi dari timbangan tersebut. Tidak hanya masalah hardware tapi tanyakan juga mengenai garansi serta layaran perbaikannya.

Saran saya belilah timbangan dengan harga sesuia dengan fitur yang ditawarkan oleh penjual. Selain itu kalau bisa sebaiknya Anda meminta pendapat atau rekomendsai dari rekan Anda atau sesorang yang ahli dibidangnya.

Perhatikan Ketersediaan Spare Part dan Garansi timbangan


Setiap timbangan digital dengan merek tertentu biasanya memiliki spare part yang khusus. Sebagai contoh misalnya komponen AD board, Loadcell, Diplay, Thermal head dll, tidak bisa diganti dengan spare part dari timbangan tipe lain atau merek lain. Jika timbangannya bermerek Metler toledo dengan seri x maka sparepartnya juga harus untuk timbangan tersebut.

Tips Membeli Timbangan Digital : Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Timbangan Digital
Contoh Loadcell timbangan

Dengan demikian sebelum Anda membeli timbangan, pastikan Anda menanyakan ketersediaan spare part pengganti. Apakah sparepart tersedia? dan bagaimana pelayanan perbaikannya?. Hal ini sangat penting untuk persiapan jikalau suatu hari timbangan digital yang sudah dibeli mengalami kerusakan.

Tidak hanya dari ketersedian sparepart tetapi tanyakan juga dari harga spare part tersebut. Berdasarkan yang saya tau bisanya komponen untuk timbangan digital mempunyai harga yang relatif mahal jika dibadingkan dengan alat elektronika biasa.

Setelah itu jangan lupa tanyakan juga sistem garansi yang diberlakukan oleh penjual. Intinya Anda harus banyak bertanya sebelum melalukan pembelian.

Itulah beberapa tips yang bisa menjadi refensi ketika akan membeli timbangan digital.Tentunya masih banyak tips lain tetapi untuk saya pribadi sepertinya beberapa tips diatas sudah cukup. Namun walaupun demikian saya harap Anda tidak puas dengan semua  yang saya tulis diatas. Silahkan cari lagi referensi lain dan tanyakan kepada tenaga ahli dibidangnya.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Jika tulisan ini menurut Anda bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman, saudara atau kerabat Anda

Technodand

0 Comments

Posting Komentar