Cara Melakukan Pengukuran Arus pada Rangkaian Elektronika

Cara Melakukan Pengukuran Arus pada Rangkaian Elektronika - Multimeter Analog tidak memiliki pengukuran arus AC tetapi hanya arus DC. Pada proses pencarian kesalahan dan perbaikan, anda jarang sekali melakukan pengukuran arus.

Kebanyakan multimeter digital mempunyai pilihan pengaturan arus AC (ACA or lac) dan Arus DC (DCA atau Idc) dalam sebuah rangkaian, meski demikian hanya sedikit sekali jangkauan yang dapat dipilih. Normalnya multimeter analog tidak memiliki jangkauan arus AC.

Cara Melakukan Pengukuran Arus pada Rangkaian Elektronika
Pengukuran arus pada rangkaian


Sebagaimana pada pengukuran tegangan, arus diukur ketika rangkaian bekerja dengan daya terpasang, tetapi arus harus diukur secara seri dengan rangkaian atau komponen yang diperiksa.

Cara Melakukan Pengukuran Arus pada Rangkaian Elektronika
Mengukur arus dengan multimeter digital


Tombol Pengukuran Arus DC menggunakan Multimeter Digital. Jika ditekan tombol biru akan berubah menjadi Pengujian arus AC

Tehnik Mengukur Arus Pada Rangkain Elektronika


Memasang sebuah multimeter secara seri, bukan merupakan pekerjaan mudah. Pada beberapa kasus anda harus secara fisik memotong jalur pada titik yang ingin diperiksa dan  emudian memasang probe pemeriksa melintasi potongan tersebut. Meskipun mudah untuk memotong rangkaian, perlu diingat bahwa anda harus menyambung kembali rangkaian tersebut.

Setel multimeter pada fungsi yang dikehendaki (DCA atau ACA) dan pilih jangkauan yang sesuai. Jika anda tidak yakin dengan jangkauan yang tepat, setel multi pada jangkauan terbesar. Pastikan  ahwa multimeter dapat menangani jumlah arus yang anda harapkan.

Matikan semua daya ke rangkaian sebelum menyisipkan sebuah ampere meter sebagaimana terlihat pada foto di bawah. Sisipkan multi dan pasang kembali sumber tegangan. Baca nilai arus secara  langsung dari panel LCD multimeter.

Cara Melakukan Pengukuran Arus pada Rangkaian Elektronika
Tehnik pengukuran arus pada rangkaian eleltronika


Untuk melakukan pemeriksaan arus pada sebuah rangkaian elektronika, Anda harus melepas sambungan (jumper) jalur. Setelah itu silahkan menyambungkan DC ampere meter melintasinva.
Sebagai contoh pada 2 gambar di bawah ini.

Cara Melakukan Pengukuran Arus pada Rangkaian Elektronika
Cara salah dalam melakukan pengukuran arus

Gambar di atas adalah tindakan yang salah pada saat melakukan pengukuran arus. Dikatakan salah karena pada saat pengukuran arus, penyambung atau jumper jalur tidak dilepas terlebih dahulu.

Kemudian untuk gambar dibawah ini adalah cara yang tepat dalam pengukuran arus pada rangkaian elektronika. Sebeleum dilakukan pengukuran arus, jalurnya di pisahakan dulu

Cara Melakukan Pengukuran Arus pada Rangkaian Elektronika
Jumper dilepas dulu pada saat mengukir arus dengan multimeter



PERHATIAN

Jangan pernah mencoba membaca arus secara paralel. Menempatkan ampere meter secara paralel dapat menyebabkan hubungan pendek rangkaian yang dapat merusak komponen, rangkaian yang diperiksa atau bahkan multimeter anda


0 Comments

Posting Komentar