Printer Epson SP 1390 Error Berhenti di Tengah Proses Print [lampu kertas dan tinta berkedip]

Printer Epson SP 1390 Error Berhenti di Tengah Proses Print [lampu kertas dan tinta berkedip] - Sebuah printer epson dengan seri Stylus Photo 1390 ini membuat saya sedikit putus asa ketika memperbaikinya. Error berkedip lampu indikator tinta dan indikator kertas berkedip bersamaan kerap terjadi pada saat proses print berjalan. Hampir semua komponen sudah saya cek namun error selalu saja terjadi.

Tetapi pada akhirnya Alhamdulillah saya berhasil memperbaikinya dengan cara yang sangat sederhana bahkan tanpa satu komponen pun yang diganti. Untuk log perbaikannya akan saya tulis pada artikel ini, dan semoga saja bisa memberikan manfaat untuk pembaca semua.


Printer Epson SP 1390 Error Berhenti di Tengah Proses Print [lampu kertas dan tinta berkedip]


Gejala Error yang mucul pada kerusakan printer Epson 1390  


Sebuah indikator yang muncul pada kasus ini sama seperti biasanya yaitu lampu indikator tinta dan kertas berkedip cepat dan bersamaan. Untuk pemilik printer epson ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan gejala ini. 

Gejala error seperti ini memang sedikti sulit untuk menebak komponen mana yang bermasalah, hal ini karena error ini atau dikenal juga dengan istilah " general error " merupakan kerusakan yang sifatnya umum sehingga sedikit sulit untuk menemukannya tetutama untuk yang baru berurusan dengan printer ini. 

Namun walapun demikian kita bisa bisa meprediksi letak kerusakan sebuah printer dengan mudah hanya dengan memperhatikan proses yang terjadi pada printer sesaat sebelum terjadinya atau munculnya pesan error. 

Kapan terjadinya error, pada saat proses apa terjadinya error, komponen apa yang berperan dalam proser tersebut

Itulah kunci untuk menemukan komponen mana yang mengalami kerusakan.

Kembali ke log perbaikan kerusakan printer 1390 yang berhenti di tengah proses print. berikut ini beberapa gejala yang muncul pada printer yang rusak tersebut.

  1. Printer kadang berjalan normal, proses print berjalan normal, namun pada saat-saat tertentu ditengah proses print atau proses mencetak, printer tiba-tiba error di tengah tengah proses.
  2. Indikator yang muncul pada kondisi error adalah berupa general error yang ditandai dengan berkedipnya lampu indikator tinta dan kertas secara bersamaan.
  3. Error bisa terjadi pada saat mencetak baik pada kulitas photo maupun text
Itulah gejala yang muncul. 

Analisa kerusakan dan bagaimana menemukan komponen yang rusak atau bermasalah


Prediksi awal:


Kalau dilihat dari gejala yang muncul kita bisa memprediksi kerusakan berasal dari print head yang sudah lemah atau senor pw bermasalah. Hal ini dapat kita lihat dari timing terjadinya error yaitu terjadi di tengah-tengah proses. Namun setelah dicoba beberapa mode kualitas print, ternyata printer tetap error di semua mode (text, text imege, photo, dan best photo).

Dengan demikan untuk predikisi kerusakan pw sensor dapat kita abaikan mengingat untuk kerusakan pw sensor biasanya terjadi pada mode photo, best photo atau juga error muncul sesaat sesudah kalibrasi. Karena error Pw sudah dibaikan berarti print head yang patut dicurigai.

Untuk mengetes print tidak ada cara lain selain dengan mengganti dengan print head lain yang masih normal. Dikarenakan banyak printer yang sejenis yang saya perbaiki, saya coba pakai print head dari printer lain. Setelah dicoba menggunakan print head lain ternyata printer masih error, kertas masih paper jam ditengah proses print dan disertai dengan blinking general error

Cek error printer epson 1390 menggunakan software


Printer Epson SP 1390 Error Berhenti di Tengah Proses Print [lampu kertas dan tinta berkedip]


Cek menggunakan software sebenarnya bisa dilakukan diawal perbaikan, namun karena saya terlalu yakin bahwa error disebabkan print head sehingga cek menggunakan software jadi saya abaikan.

Untuk software yang digunakan seperti biasa adalah reseter epson 1390 atau adjustment program, sebuah program keciil yang cukup powerfull untuk maintenace printer epson.

Baca Juga: Cara cek error menggunakan adjustment program ( link)

Dari hasil cek error menggunakan reseter didapat keterangan error "pf speed to low error" kira-kira seperti itu (kalau tidak salah).

Ingat hasil cek error menggunakan software terkadang tidak sepenuhnya benar, terkadang bisa menjebak

Setelah mengecek dengan software saya langsung memeriksa  komponen pada bagian tersebut. Ada beberapa komponen pada bagian Pf ini yang bisa menjadi penyebab terjadinya error diantaranya:

  1. Motor Pf
  2. Pf encoder (bentuknya seperti disk transparan)
  3. Sensor Pf (yang membaca Pf encoder)
Untuk Pf encoder setelah diperhatikan ternyata terlihat bersih tidak ada kotoran ataupun tinta yang menempel. Berarti ada 2 komponen lagi yang bisa dicurigai yaitu motor dan sensor Pf. Karena spare part kanibalan cukup banyak jadi saya coba ganti kedua komponen tersebut.

Setelah penggantian komponen saya test printer dan ternyata printer berhasil mencetak 5 lembar gambar dengan kualitas photo. Karena masih penasaran saya coba tes lagi mencetak 10 gambar namun ternyata printer kembali error di lembar ke 7. Makin setres rasanya, apalagi yang punya printer terus-terusan menanyakan kabar printer servisannya.

Mengecek semua komponen yang biasa menyebabkan printer epson 1390 error


Printer Epson SP 1390 Error Berhenti di Tengah Proses Print [lampu kertas dan tinta berkedip]


Karena sudah sedikit putus asa, akhirnya saya menggunakan jurus pamungkas yaitu "jurus rambo". Semua komponen yang bisa menyebabkan general error saya periksa satu-persatu. Beberapa komponen seperti Motor CR, kabel fleksibel,CR encoder, Sensor ASF, dan mainboard saya ganti. 

Dari hasil analisa dan pengantian komponen yang dicurigai ternyata tidak membuahkan hasil.

Setelah cukup lelah karena printer satu ini, saya pindahkan printer dari meja kerja ke meja yang lain dengan maksud akan saya kerjakan keesokan harinya mengingat masih banyak antrian barang yang harus saya perbaiki.

Pada saat memindahkan printer, tidak sengaja saya menyentuh bagian PF encoder (Pf Scale). Saya cukup kaget ternyata bagian sensor ini sedikit longgar. Saya coba putar bagian PF encoder (Pf Scale) dan ternyata memang benar, dengan sangat mudah bagian ini bisa diputar. Setelah diperhatikan ternyata piringan encoder sudah tidak menempel lagi pada gear mekanik PF nya.

Tanpa panjang lebar langsung saya lepas bagian gearnya dan pf encoder kemudian saya lem lagi menggunakan double tape yang biasa dipakai untuk kertas. Setelah dites mencetak beberapa kali Alhamdulillah printer tidak mengalami error lagi. Semua komponen yang sudah diganti saya lepas dan saya ganti dengan komponen bawaanya.

Kesimpulan


Printer epson 1390 yang sering berhenti dan error di tengah proses print bisa disebabkan oleh berbagai kerusakan. Untuk komponen mana yang menjadi penyebabnya tentunya tidak terpatok pada satu komponen saja namun bisa terjadi pada semua komponen. Dalam hal ini tentunya komponen yang dimaksud adalah komponen yang lebih berperan dalam proses tersebut .

Meskipun gejala kerusakan sama, belum tentu penyebabnya sama. Oleh karena itu diperlukan analisa supaya bisa menemukan letak kerusakannya. Berikut ini beberapa komponen yang saya temukan dan sering menjadi peyebab sebuah printer epson 1390 error ditengah proses print dan menyebabkan general error:

  1. Kondisi print head yang sudah lemah
  2. Pw sensor ( sebuah sensor yang mendeteksi kertas dan terletak di bawah rumah catridge)
  3. Kabel print head korosi (rusak)
  4. Motor PF
  5. Sensor PF
  6. Encoder PF (Pf Scale)
  7. Sensor ASF
  8. Motor CR
  9. Encoder CR
Bila Anda kebingungan dimana letak komponen tersebut, silahkan perhatikan bagan berikut ini

Printer Epson SP 1390 Error Berhenti di Tengah Proses Print [lampu kertas dan tinta berkedip]


Mungkin masih banyak lagi yang belum saya temukan. Namun setidaknya semoga saja uraian di atas bisa menjadi referensi anda dalam memperbaiki printer Epson 1390. 

Dalam memperbaiki sebuah alat elektornika atau apapun itu terkadang kita kurang teliti dan mengabaikan hal-hal kecil yang akhirnya bisa membuatt bumerang buat kita sendiri.

Terima kasih 

0 Comments

Posting Komentar