Cara kalibrasi Print Epson 1390 Menggunakan Reseter

Cara kalibrasi Print Epson 1390 Menggunakan Reseter - Pada postingan sebelumnya telah dibahas mengenai penyebab dan cara memperbaiki kerusakan printer epson 1390 yang hasil cetakannya berbayang, loncat-loncat dan bergaris. Dan tulisan ini adalah untuk melengkapi postingan tersebut.  Kalibrasi atau lebih dikenal dengan istilah adjustment adalah tindakan yang dilakukan untuk menyelaraskan sistem kerja semua komponen.

Pentingkah  kalibrasi Pada printer Epson 1390?


Pada printer, seting kalibrasi sangatlah diperlukan ketika printer mengalami masalah terutama pada hasil pencetakan. Untuk printer yang masih baru mungkin tidak diperlukan adjustment atau kalibrasi lagi namun untuk printer yang sudah dipakai dalam kurun waktu yang cukup lama atau untuk printer yang baru dilakukan penggantian komponen, kalibrasi atau adjustment sangatlah diperlukan supaya hasil pencetakannya maksimal.

Kalibrasi Printer Epson 1390 untuk Mengatasi Hasil Cetak Bergaris dan Loncat-loncat dan Berbayang
Hasil cetakan printer epson 1390 cacat bergaris

Pada saat dilakukan penggantian komponen pada printer terkadang hasil pencetakan atau hasil print menjadi kurang bagus misalnya berbayang, cetakan agak sedikit menumpuk atau bahkan cetakannya menjadi loncat-loncat. Kondisi ini memang tidak begitu terlihat ketika menggunakan kualitas pencetakan dengan mode photo namun jika menggunakan mode kualitas text atau text image akan sangat terlihat.

Beberapa kondisi yang diperlukan kalibrasi atau adjustment.


  • Hasil cetak berbayang (bukan karena print head rusak)
  • Hasil cetak loncat-loncat dan membentuk garis kosong secara horizontal ( bukan karena print head mampet)
  • Hasil cetakan sedikit menumpuk secara horizontal
Jika hasil cetak printer Anda seperti 3 poin di atas maka sudah waktunya untuk dilakukan kalibrasi
Catatan: Proses kalibrasi pada tulisan ini adalah kalibrasi cetakan secara horizontal pada printer epson 1390. Untuk printer lainnya bisa dilakukan pada driver bawaan printer 

Kalibrasi printer Epson 1390 untuk mengatasi cetakan bergaris, berbayang dan loncat-loncat


Untuk melakukan proses kalibrasi atau adjusment printer Epson 1390 diperlukan aplikasi atau program khusus yang sering disebut dengan istilah reseter 1390 atau adjusment program. Jika anda belum memilikinya Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut ini 


Setelah reseter berhasil diunduh, silahkan extrak filenya. Program reseter pada link di atas adalah reseter versi lama, jadi ketika anda akan menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu melakukan beberapa setingan pada komputer Anda supaya reseter bisa digunakan . Untuk melakukan setingannya bsia dilihat pada artikel berikut ini.

Baca Juga: Cara Reset Printer Epson 1390 lampu Indikator Tinta dan Resume Berkedip Bergantian


Langkah langkah kalibrasi atau adjustmet Printer Epson 1390


Setelah reseter epson 1390 sudah berhasil dibuka kemudian pilih tipe printer pada menu select, setelah itu pilih tombol particular adjustment mode  setelah itu akan terlihat banyak pilihan menu. Pada tahan ini Anda tidak perlu bingung, langsung saja pilih PF ajustment.

Pada menu PF adjustment silahkan pilih Smap kemudian klik tombol Print. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.


Kalibrasi Printer Epson 1390 untuk Mengatasi Hasil Cetak Bergaris dan Loncat-loncat dan Berbayang
Seting kalibrasi PF epson 1390

Setelah Anda mengklik tombol print, printer 1390 Anda akan melakukan proses print atau mencetak beberapa garis tebal yang saling berpasangan. Tunggu sampai proses print selesai.
Langkah selanjutnya perhatikan garis tebal hasil cetakannya.

Dari beberapa pasang garis tebal, pilihlah pasangan yang paling rapat sempurna kemudian catat value  atau angka yang berada tepat  di sampingnya. Untuk angka atau valuenya  ini cetakannya sangat tipis jadi tidak begitu terlihat jelas.

Perhatikan pada gambar di bawah ini.

Kalibrasi Printer Epson 1390 untuk Mengatasi Hasil Cetak Bergaris dan Loncat-loncat dan Berbayang
Cetakan kalibrasi PF epson 1390

Untuk langkah selanjutnya masukan nilai atau value yang kita dapatkan pada menu Input &Read dengan cara centang smap  (no.1) kemudian masukan value pada kotak no. 2, setelah itu klik tombol Input (no. 3). Perhatikan pada gambar berikut ini.

Kalibrasi Printer Epson 1390 untuk Mengatasi Hasil Cetak Bergaris dan Loncat-loncat dan Berbayang
Kalibrasi PF printer Epson 1390

Untuk selanjutnya silahkan lakukan pengetesan pada printer epson 1390 Anda dengan mencoba mencetak sebuah gambar kemudian perhatikan hasilnya apakah cetakannya sudah bagus dan tidak ada cacat seperti bergaris, berbayang atau cetakan yang menumpuk..?

Jika printer Epson 1390 Anda hasil cetakannya masih cacat seperti sebelumnya, silahkan lakukan kalibrasi lagi seperti langkah sebelumnya sampai mendapatkan hasil cetak yang paling bagus. Berikut ini adalah contoh hasil print printer epson 1390 yang belum dikalibrasi dan sudah dikalibrasi.

Kalibrasi Printer Epson 1390 untuk Mengatasi Hasil Cetak Bergaris dan Loncat-loncat dan Berbayang
Printer Epson 1390 cetakan bergaris sebelum dikalibrasi

Kalibrasi Printer Epson 1390 untuk Mengatasi Hasil Cetak Bergaris dan Loncat-loncat dan Berbayang
Printer Epson 1390 cetakan setelah dikalibrasi
Jika setelah dilakukan kalibrasi berkali-kali namun tidak mendapatkan hasil cetakan yang bagus, berarti Anda harus melakukan pengecekan pada komponen yang lainnya.

Untuk cara pengecekannya bisa dilihat pada postingan sebelumnya berikut ini.

Baca Juga: Mengatasi Hasil Cetakan Printer Epson 1390 Cacat atau Loncat-Loncat Bergaris dan Berbayang

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara melakukan kalibrasi printer Epson 1390 yang hasil cetakan cacat berbayang, bergaris, dan menumpuk dengan menggunakan program reseter atau adjustment program. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan terima kasih sudah berkunjung.