Cara Reset Printer Epson L120 Indikator Berkedip [service required] [waste ink full]

Cara Reset Printer Epson L120 indikator berkedip service required atau waste ink full - Printer epson yang blinking atau lampu indikator berkedip,,, "Pasti untuk anda yang menggunakan printer sudah tidak asing lagi. Indikator berkedip pada printer adalah pesan atau kode untuk memberitahu user atau pengguna printer bahwa pada printer tersebut terjadi masalah, atau error.

Table of Contents

Sebelum Anda memperbaiki error pada printer Epson Anda khususnya printer Epson L120, Anda wajib mengetahui error yang terjadi pada printer Epson Anda. Error pada printer epson ada beberapa macam berdasarkan jenisnya yaitu sebagai berikut.

  1. Error harus direset
  2. Error tinta habis
  3. Fatal error atau general error
Ketiga jenis error diatas bisa dibedakan dari pesan yang muncul pada lampu indikator. Untuk lebih jelasnya bisa disimak pada pembahasan Jenis Error Pada Printer Epson L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365


Penyebab Error Printer Epson L120


Penyebab lampu blinking pada printer Epson terutama L120 banyak penyebabnya misalnya karena  ada paper jam, hitungan sampah tinta sudah penuh (waste ink pad counter) atau juga minta reset ink (ink level).

Cara Reset Printer Epson L120 indikator berkedip [ service required ] [ waste ink full ]


Untuk blinking karena error paper jam atau karena gangguan mekanik , maka perbaikannya lebih fokus ke hardware seperti mekanik , mainboard dan komponen lainnya. Sedangkan untuk blinking karena minta reset ink atau karena waste ink pad conuter mencapai batas maksimal, maka cara mengatasinya kita fokus ke bagian software

Untuk pembahasan pada postingan ini adalah bagaimana cara mengatasi blinking atau lampu berkedip karena tinta minta reset (ink level) atau waste ink pad counter sudah mencapai maksimal printer Epson L120.

Tutorial ini tidak hanya berlaku untuk printer epson L120 saja. Tetapi bisa diterapkan pada semua printer epson seri L seperti Epson L110, L210, L220, L300, L310, L350, L365, dll. Jika Anda menerapkan cara ini kepada selain printer Epson L120, Anda hanya tinggal menyesuaikan program reseter yang gunakannya

Gunakan resetter yang sesuai dengan tipe printer yang akan direset


Baca Juga: Tutorial Rеѕеt Printer Eрѕоn L130 L220 L310 L360 L365 Blinking 100% solved dengan Resetter

Cara Reset Printer Epson L120


Reset printer epson L120 ini kita golongkan menjadi dua jenis yaitu reset secara manual dan dan reset dengan menggunakan program resetter. Reset dengan cara manual digunakan ketika printer mengalami error tinta sudah habis (ink level). 

Untuk reset dengan reseter dipakai ketika printer epson L120 anda mengalami blinking lampu indikator tinta dan kertas secara bergantian (waste ink pad counter).

Cara Reset Printer Epson L120 indikator tinta berkedip Secara Manual


Untuk mereset ink level cara sangat mudah yaitu dengan cara direset secara manual. Kondisi ini biasanya ditandai dengan menyalanya lampu indikator tinta ( menyala diam ) dan printer tidak bisa melakukan proses print. Untuk cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

  1. Nayalakan printer 
  2. Tekan tombol resume sekitar 5-10 detik kemudian lepaskan
  3. Setelah tombol dilepas pada tahap 2 biasanya indikator tinta yang menyala akan langsung hilang dan printer siap digunakan.
  4. Jika setelah tahap 2 lampu indikator tinta masih menyala, coba tekan lagi selama 5 detik kemudian lepas, tekan lagi 3 detik, lepas setelah itu tekan lagi 1 detik.. Interval dari tekanan 1 ke tekanan berikutnya harus cepat.
  5. Setelah tahap ini biasanya printer sudah bisa digunakan kembali.

Cara Reset Printer Epson L120 indikator berkedip Secara Software


Untuk blinking yang disebabkan karena waste ink pad yang sudah mencapai maksimal, penyelesaiannya adalah dengan menggunakan bantuan tolls adjustment yang khusus sesuai dengan model printernya dalam hal ini adalah reseter epson L120. Pada kondisi ini biasanya indikator yang muncul adalah lampu indikator tinta dan kertas menyala bergantian sejak printer mulai dinyalakan. Selain itu biasanya muncul pesan pada komputer yang tehubung ke printer misalnya service required .

Untuk langkah-langkah cara reset epson L120 ini, ,silahkan ikuti poin-poin berikut ini.

  • Unduh terlebih dahulu adjustment prgramnya 
  • Setelah Diunduh silahakan extrak terlebih dahulu. 
  • Setelah itu dobel klik file L210.exe dan akan muncul programnya seperti di bawah ini. Kemudian pilih menu particular adjustment mode



  • Nanti akan muncul menu berikutnya. Karena di sini kita hanya akan mereset saja, jadi kita langsung saja pilih menu waste ink pad counter



  • Pada menu waste ink pad counter, akan ada dua pilihan yaitu check dan initialized. pilihan cek adalah untuk mengecek nilai dari counter waste ink pad-nya apakah sudah mencapai maksimal atau belum. Sedangkah pilihan initialize adalah mereset nilai waste ink pad counter menjadi nol.
  • Sebelum memilih initilize atau check, jangan lupa centang dulu main pad counter nya. Untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan pada gambar di bawah ini.


  • Jika muncul pesan po up langsung di klik OK saja. Setelah itu matikan printernya.
  • Langkah terakhir hidupkan kembali printer dan perhatikan apakah blinking masih ada..?
  • Jika blinking nya adalah blinking karena waste ink full yang ditandai dengan bekedipnya lampu indikator tinta dan kertas secara bergantian, maka pada tahap ini seharusnya printer akan menjadi normal kembali dan siap untuk digunakan.

Download Resetter Epson L120


Untuk Anda yang belum memiliki resetter untuk printer epson L120, Anda bisa mendownloadnya di sini. Setelah download jangan lupa untuk ekstak terlebih dahulu. Jika pada saat digunakan di blok anti virus seperti smadav, silahkan nonaktifkan anti virus pada komputer Anda. 

Program ini termasuk program aman untuk komputer Anda. Gunakan password  www.technodand.com  jika meminta password pada saat ekstak file hasil download


Baca Juga: Reset Printer Epson L3110 Blinking [resetter epson L3110]

Ket: Jika Anda sesulitan mendownload, silahkan simak postingan berikut

Baca Juga: Cara download file di situs technodand

Password RAR : www.technodand.com

Itulah langkah cara mengatasi printer Epson L120 yang lampu indikator berkedip bergantian atau dikenal dengan sebutan reset priter epson L120 service required. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih