--> Skip to main content

Perbaikan Printer Epson L110 L300 L310 L210 L220 Mati Total

Setelah sebelumnya saya membahas tentang penyebab printer Epson L series mengalami kerusakan yaitu tinta yang tidak keluar sama sekali, Pada kesempatan ini saya juga masih akan membahas tentang kerusakan yang sering terjadi pada printer Epson tipe ini. Namun dengan pembahasan kerusakan yang berbeda. Adapun kerusakan yang akan saya bahas pada tulisan ini adalah perbaikan printer Eson L series yang mengalami mati total

Mati total ... itulah kerusakan yang sering terjadi pada printer jenis ini.  Mati total yang saya maksud di sini dalam artian bahwa printer tidak hidup sama sekali, tidak ada indikator yang muncul ataupun gerakan pada printer ketika printer dinyalakan. Berdasarkan pengalaman, kerusakan ini sangat sering terjadi pada printer jenis ini.

Baik itu tipe L110, L210, L300, L310 dan yang lainnya yang memiliki mainboard yang sama. Eiit "mainboard yang sama " ,,, mungkin terdengar sedikit aneh karena tipe printernya kan berbeda. Yup memang benar dari tipe memang berbeda namun secara hardware semua printer jenis ini memiliki mainboard yang sama . Yang membedakan hanyalah program yang tersimpan pada memory mainboard printer tersebut.

Karena printer jenis ini memiliki mainboard yang sama sehingga jika kita ingin upgrade printer tersebut sangatlah gampang, kita hanya tinggal mengganti eeprom yang ada pada mainbord printer tersebut dengan eeprom printer yang lebih baru misalnya kita mempunyai printer seri L110 kemudian kita ingin upgrade menjadi epson L310. Maka untuk mengaupgradenya kita hanya tinggal mengganti IC Eepromnya. Untuk Komponen ICnya banyak dijual di tukang service printer atau membeli secara online.

Cara Memperbaiki Printer Epson L110 L300 L310 L210   Mati Total


Sekarang kita kembali pada pokok permasalahan mengenai cara perbaikan printer epson seri L yang mati total. Untuk cara mengatasi printer epson seri L yang mengalami mati total, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini

1. Dengan cara reset power pada printer


Kerusakan mati total ini termasuk  kategori ringan yatiu mati total yang bukan disebabkan karena hardware atau bisa dikatakan printer mengalami hibernasi. Gejala ini saya belum mengetahui penyebabnya namun karena secara harware memang tidak ada yang mengalami kerusakan. Gejala yang timbul adalah sebagai berikut.

  • Printer mati total dalam artian tidak indikator maupun gerakan yang terjadi pada printer ketika dinyalakan.
  • Biasanya mati total tiba-tiba terjadi walaupun sebelumnya berfungsi dengan baik.
  • Biasanya terjadi pada printer yang sering dinyalakan dalam waktu yang lama.

    Printer Epson L110 L300 L310 L210 Mati Total
    Tekan tombol power beberapa detik
Untuk mengatasi gejala mati total ini kita bisa mengikuti langkah berikut ini. Ketika printer tidak bisa dinyalkan, silahkan lakukan langkah berikut ini

  • Cabut terlebih dahulu kabel power listrik PLN-nya
  • Tekan tombol power selama beberapa detik, misalnya selama 10 detik kemudian lepaskan
  • kemudian tekan kembali tombol power beberapa kali misalnya 5 s.d 10 kali
  • Pasang kembali kabel power PLN
  • Coba hidupkan lagi printernya dengan menekan tombol power, seharusnya printer sudah bisa hidup kembali
  • Jika tidak berhasil coba lakukan langkah di atas sekali lagi
  • Jika masih belum menyala, kemungkinan ada masalah pada hardwarenya. Silahkan lanjutkan lagi membaca tulisan ini.

2. Dengan cara mengganti tombol power


Printer Epson L110 L300 L310 L210 Mati Total
Ganti tombol power

Yang kedua adalah mati total yang biasanya disebabkan karena tombol power atau switch power sudah rusak. Untuk cara memperbaikinya yaitu dengan cara mengganti swicth power dengan yang baru. Namun sebelumnya kita harus melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menggunakan multitester. Untuk lebih jelanya silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini

  • Cabut kabel power listriknya terlebih dahulu
  • Kemudian bongkar casing printernya.
  • Lakukan pengecekan pada kaki switch power dengan menggunakan multitester dengan cara mengubungkan kedua probe multitester pada kedua kaki switch power kemudian tekan tombol switch powernya. Jika ternyata masih nyambung berarti switch dalam keadaan normal.

    Printer Epson L110 L300 L310 L210 Mati Total
    Ukur dengan AVO
  • Jika switch power dalam keadaan rusak, silahkan ganti dengan yang baru dan tentunya dengan melepas mainboardnya terlebih dahulu.
  • Jika switch power tidak bermasalah berarti kerusakan ada pada komponen lainnya.  Silahkan ikuti langkah perbaikan pada poin berikutnya.

3. Dengan mengganti power suply


Printer Epson L110 L300 L310 L210 Mati Total
Power supply

Power supply juga merupakan salah satu penyebab kerusakan mati total pada printer epson seri L. Untuk memastikannya, anda bisa mengeceknya dengan cara  mengukur tegangan output dengan menggunkan multitester.

Printer Epson L110 L300 L310 L210 Mati Total
Pin out Power supply printer

Jika anda tidak memiki multitester, anda bisa mengikuti cara berikut ini.
  • Dalam keadaan casing printer sudah dibuka, Perhatikan dua konektor yang berada pada mainboard di sebelah kanan ( posisi kita ada di belakang printer) 
  • Kemudian cabut salah satu konektor yang kabelnya berjumlah tiga kabel.
  • Hubungkan kabel power ke listrik, kemudian pasang socket yang sudah kita lepas tadi pada socket semula. Biasanya jika power supply dalam keadaan bagus maka akan terdengan bunyi clik.. pada saat kabel dihubungkan ke socketnya
  • Pada saat menghubungkan kabel lakukan hati-hati dan jangan sampai terbalik karena bisa menyebabkan kerusakan yang fatal.
  • Jika power supply ternyata dalam keadaan bagus, ikuti langkah berikutnya

4. Repair mainboard ( memperbaiki mainboard )


Printer Epson L110 L300 L310 L210 Mati Total
Mainboard Epson L110

Ini adalah kerusakan yang bisa dikatakan kerusakan yang berat karena untuk memperbaikinya sedikitnya kita harus bisa menggunkan solder untuk mencabut dan memasang komponen pada mainboard. Kerusakan mainboard yang menyebabkan printer mati total biasanya karena ada beberapa komponen yang konslet seperti transistor, IC, dan dioda. Untuk memperbaikinya ikuti beberapa langkah berikut ini.
  • Lepas mainboard dari dudukannya
  • Kemudian perhatikan ketiga komponen yang ditandai

    Printer Epson L110 L300 L310 L210 Mati Total
    Komponen yang sering mengalami kerusakan
  • Cek komponen tersebut sesuai urutannya 
  • Jika komponen no 2 rusak,biasanya komponen no 3 juga ikut rusak. Untuk komponen no 2 ini yaitu transistor C6144 dan transistor A2222. Kemudian komponen yang ditandai dengan no 3 adalah sebuah IC Print Epson dengan kode E09A92GA.
  • Ganti semua komponen yang rusaknya
  • Untuk komopnen transistor ( no 2) jika tidak ada, anda bisa menggunakannya dengan persamaannya. Pada contoh ini saya menngunakan transistor hasil copotan dari mainboard Epson C90

    Printer Epson L110 L300 L310 L210 Mati Total
    Transistor pennganti
  • Setelah selesai mengganti semua komponen yang rusak, silahkan coba ditest. Untuk mengetesnya tidak perlu dipasang pada printernya, cukup dengan menghubungkannya dengan power supply, jika sudah menyala berarti anda berhasil. 
  • Perlu diingat bahwa kerusakan yang menyebabkan kedua transistor dan ic rusak disebabkan karena print head sudah konslet. jadi sebelum mainbord dirakit kembali, silahkan ganti print headnya terlebih dahulu

5. Ganti Print head

 
Printer Epson L110 L300 L310 L210 Mati Total
Print head epson Lseries

Print head juga termasuk komponen yang dapat menyebabkan printer menjadi mati totalPrint head yang menyebabkan printer mati total adalah print head yang konslet, Biasanya jika print head konslet, maka beberapa komponen pada mainboard pun akan rusak. Penggatian print harus dilakukan setelah mainboard sudah diperbaiki. Jadi jika anda langsung mengganti print head yang konslet dengan yang baru namun mainbordnya tidak diperbaiki terlebih dulu, maka ada kemungkinan print head yang baru dipasang akan mengalami kerusakan. Begitu juga sebaliknya.

Itulah beberapa langkah cara memperbaiki kerusakan mati total pada printer Epson Seri L seperti L110, L210, L300,L310 dll. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk para pembaca semuanya. Dan jangan lupa untuk share like dan subscribe blog ini. Terima kasih sudah berkunjung

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar