--> Skip to main content

Printer Epson L110, L210, L300, L310 Blinking Paper Jam

Printer Epson L110, L210, L300, L310  Blinking Paper Jam - Kerusakan paper jam  pada printer adalah keruskan pada printer dengan gejala dimana pada saat printer digunakan untuk ngeprint atau mencetak, terjadi masalah baik itu kertas tidak berhasil tertarik pada saat mencetak, kertas macet di tengah pada saat print, atau muncul pesan error paper jam  pada printer tersebut. 

Kerusakan blinking paper jam biasanya disebabkan karena ada masalah pada mekanik printer seperti komponen penarik kertas, sensor kertas, atau bagian pendukung lainnya yang berhubungan dengan menarik kertas pada saat proses pencetakan.

Baca Juga: Cara Mengganti Mainboard Printer EPSON 

Gejala Error Blinking Paper Jam


Cara perbaikan kerusakan paper jam ini pada prinsipnya relatif sama pada semua printer, yang membedakan hanyalah bentuk komponen pendukung, lokasinya komponen dan tingkat kerumitan dari sitem yang digunakan pada printer yang bersangkutan. Dan  pada kesempatan ini  saya membuat sebuah tutorial perbaikan  mengenai  kerusakan atau masalah  yang sudah saya bahas di atas yaitu kerusakan paper jam. Namun di sini saya hanya membahas untuk printer epson tipe  L seris seperti Epson L110, L210, L300 dan L310. Adapun gejala yang muncul pada kerusakan ini adalah sebagai berikut.
  • Terjadi blinking  lampu power dan tinta secara bersamaan pada saat printer dinyalakan atau pada saat printer melakukan proses print atau menarik kertas
  • Pada saat printer melakukan proses print, kertas berhasil tertarik tetapi terjadi error blinking pada lampu indikator secara bersamaan
  • Ada pesan error paper jam pada komputer yang terhubung ke printer.
  • Pada kasus lain gejala yang timbul yaitu pada saat printer mulai dinyalakan catridge bergerak dulu kemudian diam dan lampu power serta indikator tinta blinking secara bersamaan. 
Untuk lebih jelasnya mengenai gejala yang timbul pada kerusakan ini bisa dilihat pada video berikut.



Penyebab Printer Epson L110, L210, L300, L310 Blinking Paper Jam


Di bawah ini beberapa  penyebab yang menyebabkan printer Epson L110, L210, L300, L310 paper jam dan cara perbaikannya.

1. Ada kotoran atau benda asing yang menggangu sensor kertas


Paper jam yang disebabkan karena ada benda asing yang menggangu senser kertas sebenarnya bukan merupakan kerusakan yang serius, hanya saja proses penarikan kertas pada saat pencetakan terganggu oleh benda asing misalnya potongan kertas yang menyumbat jalur tempat masuknya kertas  sehinga terjadi paper jam.


Untuk cara mengatasinya bisa dilihat secara langsung atau lebih bagus di bongkar dulu casing printernya. Kemudian setelah itu bersihkan dari benda yang menghalangi.

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( tempat masuknya kertas )


2. Per penarik sensor kertas lepas 


Kerusakan ini sering terjadi pada printer epson L series baik itu L110 maupun yang lainnya. Untuk cara memperbaikinya sangat mudah. Pertama bongkar dulu casing printernya  kemudian pasang kembali per nya.  Kalau pernya sudah tidak ada atau hilang, biasa  ganti dengan menggunakan per lain yg sejenis. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut.

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( per yang serng lepas )


3. Per dalam rol penarik kertas yg bawah patah


Kerusakan ini terjadi pada komponen penarik kertas yaitu sebuah rol yang berada dibagian bawah mekanik penarik kertas. Pada komponen roll penarik kertas tersebut di dalamnya terdapat per. Biasanya per tersebut sering patah dan menyebabkan terjadinya error pada printer. Kerusakan pada bagian  ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala berikut ini.

  • Indikator power, indikator tinta dan indikator kertas nyala bersamaan (blinking). 
  • Pada beberapa kasus pada saat printer dinyalakan lampu lampu indikator langsung blinking secara bersamaan.
  • Terjadi pada printer seri L baru seperti epson L110, L300, L310.
  • Biasanya ada bunyi mendecit sesaat sebelum printer blinking.
  • Biasanya karet ASF bergerak sedikit sebelum printer blinking.

Perbaikan Roll Penarik kertas (ASF ROLL)


Untuk perbaikannya bisa diikuti langkah berikut ini.
  • Bongkar casing printer. Sebelum perbaikan bongkar dulu casing bagian atasnya

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( bongkar casing atas printer )


  • Setelah casing atasnya dibongkar, kemudian lepas tempat pembuangan tinta yang berada pada bagian bawah printer di sisi kanan. Kemudian simpan di tempat yang jauh dari jangkauan untuk  menghindari tinta kena ke baju atau tumpah
  • Untuk langkah selanjutnya silahkan balik body printer sehingga bagian bawahnya menghadap ke atas,dan  ikuti sesuai petunjuk gambar berikut ini.
        a) Cabut / lepas per yang saya beri tanda panah.

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( lepas kedua per-nya )
       b) Setelah per dilepas, cabut atau lepas komponen yang di beri tanda panah pada gambar berikut ini.

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( komponen yang harus dilepas )
         c) Pada gambar berikut terlihat sebuah komponen yang berbentuk roda. Dan komponen inilah yang  akan kita perbaiki. Oleh karena itu silahkan lepas komponen tersebut.

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( lepas bagian yang diberi tanda )
          d)  Berikut ini komponen yang telah kita lepas tadi kita beri nama aja " karet roll "

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( bagian yang sering bermasalah )

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( bagian yang sering bermasalah )


  • Setelah karet roll di lepas, cabut besi as yang ada di tengahnya.. Lihat gambar di bawah tampak bahwa per nya sudah patah
Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( per-nya patah )


  • Kemudian modif dengan menggunakan tang jepit atau tang buaya sehingga mirip dengan aslinya (buatlah sebuah kaitan kecil dengan tang sebesar 90 derajat) lihat pada gambar di bawah

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( modifikasi ujung per-nya )

Printer Epson L110, L210, L300, L310  blinking Paper Jam
( hasil modifikasi )
  • Setelah berhasil memodif pernya, silahkan rekit kembali seperti semula dan lakukanlah pengetesan.

Baca Juga: Penyebab Hasil Print Bergaris dan Bolong-Blong Pada Printer Epson L Series  


4. Posisi print head atau kabel head perlu disetel ulang


Jika setelah langkah ke-3 tidak membuahkan hasil atau tidak ada kerusakan pada poin 3, maka langkah selanjutnya silahkan coba bongkar print head dari dudukannya, setelah itu pasangkan kembali. Untuk blinking karena kasus ini ditandai dengan blinking general error sebelum printer standby.
    Itulah beberapa penyebab terjadinya paper jam pada printer epson tipe L series  dan cara memperbaikinya. Semua yang saya jelaskan di atas adalah berdasarkan pengalaman saya ketika memperbaiki printer jenis ini.

    Mungkin sampai disini tutorial cara mengatasi printer epson Lseries yang mengalami kerusakan  blinking paper jam semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini.

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar