Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

Komponen Penyebab General Error Epson L Series [L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365] - Pada postingan sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara mengatasi general error atau fatal error pada printer epson L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365. General error ini memang sering terjadi pada printer jenis ini terutama untuk printer yang sudah digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama atau pada printer yang digunakan untuk pekerjaan berat misalnya penggunaan printer dengan intensitas yang padat.

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai kompoenen apa saja yang biasanya menjadi penyebab general error, tentunya Anda harus mengetahui Apa itu general error pada printer dan seperti apa gejalanya. Secara umum memang gejalanya sama yaitu adanya blinking atau berkedipnya lampu indikator printer. Namun masih ada gejala lainnya yang harus kita perhatikan dan kita analisa. Error yang sering muncul pada printer cukup banyak jenisnya dan penyebabnya pun berbeda-beda. Untuk itu Anda bisa menyimak pembahasannya pada postingan berikut.

Baca Juga:Error Blinking Pada Printer Epson

Setelah Anda mengetahui apa itu general error marilah kita bahas komponen apa saja yang biasanya menjadi penyebab atau sering menyebabkan general error pada printer epson L series misalnya epson L110 L210 L220 L300 L310 L360 dan L365.

Komponen atau bagian yang saya sebutkan di sini merupakan hasil pengalaman pada saat perbaikan printer, sehingga tidak menutup kemungkinan ada komponen lain yang tidak saya sebutkan. Selain itu mungkin ada beberapa istilah yang salah mengenai nama bagiannya atau nama komponen. Oleh karena itu saya sisipkan juga gambarnya sehingga lebih mudah untuk mengetahui yang saya maksudkan.

Komponen Penyebab General Error dan paper jam Pada Epson L Series


Baiklah inilah beberapa yang bagian atau kompenen yang sering menyebabkan general error pada printer Epson L series.


1. Motor Carriage ( CR Motor )



Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

Motor carriage atau CR motor Adalah komponen yang berfungsi untuk menggeserkan rumah catridge pada saat proses print, head cleaning dan kalibrasi. bagian ini sering menjadi penyebab terjadinya general error pada printer epson L series Anda. Untuk gejala utamanya sama dengan general error lainnya yaitu terjadi blinking lampu indikator tinta kertas dan power secara bersamaan. Selain itu error yang disebabkan oleh motor carriage biasanya akan memiliki gejala seperti berikut.

Gejala kerusakan motor carriage pada printer epson L series

  1. Gerakan rumah catridge terlihat berat atau tersendat-sendat
  2. Error terjadi pada saat rumah catridge bergerak atau setelah printer melakukan kalibrasi
Untuk mengetahui apakah motor carriage masih bagus atau tidaknya kita bisa melakukan pengecekan seperti berikut.

Cara mengecek motor carriage:

  1. Lepas motor carriage dari dudukannya
  2. Putar rotornya dengan tangan. Jika putaran terasa berat atau putarannya tidak halus maka bisa dipastikan bahwa motor carriage sudah harus diganti
  3. Kalau secara fisik Anda bisa melihat bagian bawah motor. Biasanya motor cariage yang bagian belakangnya sudah hitam atau banyak serbuk karbon sudah harus diganti

    2. Pompa Pembuangan Tinta


    Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

    Komponen ini terletak di bawah sekitar print head ketika printer dalam keadaan mati atau stanby (tidak sedang melakukan proses). Bagian pompa ini berfungi untuk menyedot tinta dari print head pada saat proses head cleaning printer. Bagian ini sangat sering menjadi penyebab terjadinya general error. Biasanya yang menyebabkan general error adalah karena kodisi pompa yang macet atau sudah berat.

    General error yang disebabkan oleh komponen ini biasanya terjadi pada saat printer kalibrasi atau pada saat printer head cleaning.

    3. Print Head


    Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

    Print head adalah bagian utama dari sebuah printer yang tugasnya sebagai komponen utama untuk proses pencetakan. Print head yang sering menyebabkan blinking general error adalah karena print head yang sudah mulai rusak misalnya karena kondisi print head yang setengah konslet. Untuk kerusakan ini harus segera ditangani karena jika berlangsung lama akan menyebabkan kerusakan lain yaitu terbakarnya kabel fleksibel dan menyebabkan kerusakan mainboard.

    Berikut ini beberapa gejala yang sering terjadi pada kasus printer dengan print head setengah konslet.

    1. Blinking yang muncul adalah blinking jenis general error (blinking semua lampu indikator secara bersamaan)
    2. Blinking sering terjadi pada saat printer melakukan proses head cleaning atau atau blinking terjadi setelah proses print
    3. Untuk kasus berat biasanya printer langsung mati setelah blinking terjadi atau mainboard langsung konslet (mati).

    4. Jalur Rumah Catridge 


    Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

    Adalah jalur bergeraknya rumah head baik pada saat proses head cleaning, proses print maupun proses kalibrasi. Penyebab errornya adalah karena jalur rumah catridge sudah kotor atau kering (pelumasnya habis) sehingga menghambat pergerakan rumah head. Untuk gejalanya hampir sama dengan gejala kerusakan pada motor carriage.

    5. Roll Penarik Kertas Bagian Bawah


    Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

    Adalah bagian yang berfungi untuk menarik kertas pada saat proses print. Roll penarik kertas ini bisa menyebabkan terjadinya general error. Untuk gejalanya biasanya error terjadi pada saat printer melakukan kalibrasi, dan biasanya pada saat blinking akan terdengar suara mendecit.

    Untuk mengetahui apakah bagain ini rusak atau tidak, Anda hanya tinggal mengecek bagian roll penarik kertas tersebut dengan memutarnya apakah macet atau tidak. Jika macet kemungkinan komponen inilah yang menjadi penyebab terjadinya general error. Untuk memperbaikinya bisa menyimak cara ini "Printer Epson L110, L210, L300, L310 Blinking Paper Jam"

    Selain menyebabkan general error roll kertas bagian ini bisa menyebabkan printer menarik kertas dalam jumlah banyak (multipel paper out)

    6. PF Encoder dan Sensor PF  


    Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

    PF encoder dan sensor PF terdapat pada sisi printer sebelah kiri. Bagian ini berfungsi untuk mengatur pergerakan atau putaran motor PF. Jika sensor ini kotor biasanya akan menyebabkan putaran motor PF tidak beraturan. Kondisi ini akan menyebabkan proses kerja printer menjadi tidak normal sehingga biasa menyebabkan beberapa kerusakan atau error yang salah satunya adalah menyebabkan general error.

    Untuk kasus ringannya komponen PF sensor encoder dan PF encoder ini biasanya menyebabkan hasil print menjadi berbayang. Adapun penyebab komponen tersebut error biasanya karena sensor terkena cairan tinta yang pekat sehingga sensornya tidak bekerja dengan normal.  Untuk gejala yang biasanya muncul sebelum terjadi general error adalah sebagai berikut.

    • Pada saat printer melakukan proses kalibrasi, bagian PF roller akan berputar sangat cepat kemudian diakhiri dengan lampu indikator tinta, kertas dan power yang blinking bersamaan. 

    7. CR Encoder dan Sensor CR. 


    Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]


    Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

    CR encoder dan Sensor CR adalah bagian atau komponen yang berfungsi untuk mengatur pergerakan rumah catridge pada saat printer melakukan proses print, head cleaning, ataupun kalibrasi . Pada beberapa kasus  bagian ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya general error. Untuk Gejala error yang muncul adalah sebagai berikut.

    • Gerakan rumah catridge tidak halus atau tidak beraturan
    • Terkadang rumah catridge yang selalu menabrak ke kiri dan ke kanan ujung jalur rumah catridge. Setelah itu diakhiri dengan berkedipnya lampu indikator tinta, kertas dan power secara bersamaan atau dikenal dengan istilah general error.

      8. Pelatuk Sensor Kertas ( error paper jam )


      Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

      Untuk bagian ini entah apa isitilah namanya namun saya sebut saja pelatuk sensor kertas .Bagian ini  adalah bagian yang berfungi untuk mendeteksi kertas yang masuk ke area pencetakan. Kerusakan general error yang disebabkan oleh komponen ini biasanya karena pergerakannya terhalang oleh benda asing atau kotoran, atau juga error disebabkan karena pelatuk sensor kertas yang lepas dari dudukannya.

      Ketika terjadi paper jam pada printer epson tipe L series baik itu pada printer yang hanya untuk print saja ataupun yang sudah dilengkapi dengan fungsi scan dan fax, jika Anda hendak melepas atau mencabut kertas yang tersangkut, haruslah dilakukan dengan hati-hati. Hal ini karena sudak banyak kasus yang asalnya printer hanya paper jam, namun setelah kertasnya dibersihkan atau dilepas, printer malah menjadi blinking.

      Kasus ini biasanya terjadi karena pelatuk sensor kertas yang lepas ketika proses mencabut kertas yang tersangkut. Salain karena terlepas, kondisi dudukan PF roller yang sudah aus juga bisa menyebabkan posisi pelatuk sensor tidak sesuai akibatnya sering menimbulkan error, baik itu error paper jam maupun general error

      Posisi pelatuk sensor yang benar bisa Anda lihat pada bagian yang ditandai dengan lingkaran pada gambar di atas

      9. Per Pelatuk Sensor Kertas (error paper jam)


      Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

      Selain lepasnya pelatuk sensor kertas dari dudukannya, Error General atau juga error paper jam bisa disebabkan oleh bagian yang ditandai pada gambar di atas. Bagian tersebut adalah sebuah per yang bertugas mengembalikan posisi pelatuk sensor kertas ke tempat semula.

      Pada banyak kasus biasanya bagian ini sering lepas dan menyebabkan printer mengalami error terutama error paper jam

      10. Mainboard printer

      Bagian selanjutnya adalah mainboard. Mainboard atau MB adalah bagian utama yang menjadi otak dari sebuah printer. Semua proses yang terjadi pada printer dikendalikan oleh bagian mainboard ini.  Berdasarkan pengalaman bagian mainboard ini jika mengalami kerusakan bisa menyebabkan terjadinya general error. Kerusakan yang terjadi misalnya karena eeprom yang corupt atau juga karena ada komponen yang sudah lemah.

      Untuk bagian ini memang menjadi penyumbang terjadinya general error yang relatif jarang jika dibandingkan dengan komponen yang sudah dibahas sebelumnya. Namun walaupun demikian ketika kita menganalisa kerusakan general error pada printer, komponen mainboard ini tidak boleh kita abaikan.

      Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]


      11. Kabel Print Head


      Bagian ini adalah sebuah kabel fleksibel yang menghubungkan komponen print head dan sensor CR ke bagian mainboard. Ketika Anda sedang memperbaikai printer yang error terutama general error, maka bagian ini juga jangan Anda lewatkan. Biasanya untuk printer yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama, bagian kabel print head akan mengalami korosi atau lapisan luarnya mengelupas karena gesekan yang terus menerus. Kondisi ini sering menyebabkan terjadinya general error.

      Untuk mengetahui apakah kabel print head sudah rusak atau belum, Anda bisa melihat kodisi fisiknya secara langsung. Atau juga bisa dengan cara mengukurnya menggunakan Ohm meter. Pastikan semua jalurnya memiliki nilai tahanan yang sama.

      Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

      12. Cap Unit 


      (Untuk bagian ini mohon maaf jika istilah namanya salah). Komponen ini masih satu bagian dengan komponen pompa dan befungsi untuk menyedot tinta atau membersihkan sisa-sisa tinta pada print head. Letaknya di ujung sebelah kanan, tepat di bawah print head pada saat printer sedang standby atau dimatikan. Jika bagian ini macet biasanya akan menyebabkan general error.


      Komponen Penyebab General Error dan Paper Jam Printer Epson L Series [ L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 ]

      Itulah beberapa komponen yang bisa menjadi penyebab terjadinya error general error pada printer Epson seri L seperti Epson L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 dll. Karena jumlahnya cukup banyak sehingga untuk menentukan komponen mana yang menjadi penyebab error maka diperlukan analisa terlebih dahulu sehingga perbaikan yang dilakukan bisa tepat sasaran.

      Penting :

      Coba perhatikan semua gejala general error dan paper jam yang muncul yang disebabkan oleh masing masing masih komponen. Kalau kita perhatikan gejala yang muncul semuanya hampir sama.

      Nah di sini pertanyaannya "bagaimana cara kita menemukan komponen yang rusak".

      Untuk menemukan komponen yang rusak dengan mudah kita bisa menggunakan pedoman berikut ini. Dan ini berlaku untuk semua jenis printer terutama printer Epson.

      Indikator error yang muncul seperti apa... ? Pergerakan printer sebelum terjadinya error seperti apa...? Terjadi pada proses apa.. ? dan komponen apa yang berperan dalam proses tersebut...?

      Perhatikan pada kalimat terakhir "komponen apa yang berperan dalam proses tersebut" . Dari situ kita setidaknya bisa memprediksi komponen atau bagian mana yang mengalami kerusakan. Selanjutnya kita fokus analisa pada komponen tersebut, kemudian setelah itu kita boleh melakuakn pemeriksaan ke bagian lainnya jika memang kerusakan belum ditemukan.

      Metode tersebut kita lakukan untuk memercepat proses pekerjaan service dan juga untuk mencegah tehnik coba-coba yang bisa memperlama waktu perbaikan dan juga bisa menyebabkan bertambahnya kerusakan terutama untuk yang baru melakukan perbaikan.

      Pentingkah pengetahuan perbaikan printer untuk para user?


      Meskipun bukan seorang tuser (tukang service) kita perlu mengetahui tehnik perbaikan atau setidaknya kita bisa membedakan 3 poin berikut ini.

      1. Seperti apa error printer yang disebabkan oleh software?
      2. Seperti apa error yang disebabkan oleh hardware printer?
      3. Bisa membedakan  gerakan printer yang normal dengan yang mengalami kerusakan atau error.

      Dengan begitu kita tidak akan tertipu ketika kita memperbaiki printer ke tukang service yang nakal.

      Itulah beberapa bagian atau komponen yang biasanya menjadi penyebab terjadinya blinking error baik itu general error maupun paper jam pada printer Epson seri L seperti Epson L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365. Ulasan di atas adalah berdasarkan pengalaman yang saya temukan ketika memperbaiki printer. Mungkin masih ada bagian lain yang bisa menyebabkan error pada printer tipe ini.

      Jika bermanfaat silahkan share ke teman atau kerabat Anda. Terima kasih sudah berkunjung.