Mengatasi Catridge Canon Mampet atau Buntu [ hasil cetak canon bergaris ]

Mengatasi Catridge Canon Mampet  atau Buntu [ hasil cetak canon bergaris ]Catridge yang mampet atau buntu pada printer canon sangat berpengaruh pada kualitas hasil print nya. Sistem catridge pada printer ini berbeda dengan printer dari merek Epson. Papa catridge canon, print head didesain menyatu dengan catridge sama seperti cartidge pada printer merek Hp.

Dengan terjadinya mampet atau buntu pada bagian catridge maka hasil print akan cacat. Kondisi ini tentunya sangatlah merugikan dan menghambat pekerjaan kita

Ciri-ciri kerusakan catridge atau head canon yang mampet atau buntu


Pada kondisi print head atau catridge canon mengalami mampet, akan terlihat gejala atau ciri- ciri yang akan terlihat pada hasil print. Gejala yang biasanya muncul diantarana adalah sebagai berikut.
  • Hasil print canon bergaris  
  • Hasil print tidak sesuai
  • Tinta tidak keluar tinta sama sekali. 
Di bawah ini salah satu contoh hasil nozzle check printer canon. sebelah kanan adalah sebelum diperbaiki dan sebelah kirinya sudah diperbaiki.

Mengatasi Catridge Canon Mampet  atau Buntu [ hasil cetak canon bergaris ]
Hasil Test print head Canon

Untuk cara mengatasi catridge atau print head pada printer canon yang mampet atau buntu, silahkan ikuti beberapa langkah  dibawah ini.

Alat atau bahan yang diperlukan untuk memperbaiki print head canon mampet atau buntu


Sebelum ke langkah perbaikan, terlebih dahulu silahkan siapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Printer canon lengkap dengan catridgenya ( yang akan diperbaiki )
  • Cairan head cleaner atau pembersih print head
  • Tisu kering 
  • Wadah kecil misalnya piring kecil, gelas plastik yang sudah dipotong dan sebagainya
  • Alat vacum atau penyedot tinta ( untuk catrdge yang sudah menggunakan sistem infus )
Dari beberapa bahan dan alat yang akan kita gunakan, ada satu bahan yang sangat penting yaitu cairan head cleaner. Cairan head cleaner ini bisa anda dapatkan di toko spare part printer atau di tukang service printer dengan harga sekitar 20- 100 ribu per 100 ml, namun jika tidak ada anda bisa mengambil alternatif dengan cara menggunakan  cairan clink pembersih kaca yang sudah dicampur dengan IPA ( Isopropyl alcohol )

Langkah perbaikan print head Canon mampet atau buntu 


Setelah semua bahan tersedia,  langkah selanjutnya ke tahap perbaikan print head canon yang buntu atau mampet penyebab tinta tidak keluar atau hasil cetakan cacat atau bergaris . Langkah pertama silahkan lepas catridge dari rumah catridgenya kemudian letakan dengan posisi bagian nozzlenya menghadap ke atas setelah itu teteskan cairan head cleaner tepat pada bagian nozzle.

Setelah itu biarkan beberapa menit sampai cairan head cleanernya meresap  ke dalam dan mencairkan tinta yang kering penyebab mampet. Waktu yang dibutuhkan bervairasi tergantung kualitas dari cairan head cleaner tersebut. Namun berdasarkan pengalaman technodand biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 - 15 menit sampai benar-benar semua tinta yang mampet mencair.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini .

catridge printer canon mampet, hasil bergaris
Print head ditetesin cairan cleaner 

Jika cairan yang diteteskan sudah meresap, langkah selanjutnya tempelkan bagian print head (nozzle) ke tisu yang sudah kita sediakan sebelumnya sampai tidak ada cairan atau tinta yang menetes dari bagain nozzle catridge tersebut

Mengatasi Catridge Canon Mampet  atau Buntu [ hasil cetak canon bergaris ]
Mengetes tinta print head canon

Untuk langkah selanjutnya silahkan pasang kembali catridge ke rumah catrigde untuk di lakukan pengetesan.

Nyalakan printer kemudian tunggu sampai printer standby setelah itu silahkan dihead cleaning melalui komputer. Setelah proses head cleaning selesai jangan lupa print nozzle untuk melihat hasilnya.

Jika hasil belum maksimal atau hasil nozzle masih ada yang bolong, lakukan head cleaning atau deep clean, kemudian cek nozzle lagi untuk melihat hasilnya. Jika cara ini masih belum membuahkan hasil lanjutkan dengan langkah berikut ini.

Lepas catridge dari rumah catridge setelah itu siapkan piring kecil atau sejenisnya yang sudah di isi dengan cairan head cleaner. Setelah itu diamkan sekitar semalam, kemudian besoknya lakukan head cleaning dan tes nozzle.

Mengatasi Catridge Canon Mampet  atau Buntu [ hasil cetak canon bergaris ]
Perendaman catridge Canon yang mampet parah

Jika tinta masih belum keluar, kemungkinan sudah terjadi buntu permanen pada prin headnya. Jadi langkah terakhir anda harus membeli catridge yang baru.. untuk catridge canon original kisaran harganya sekitar 190 ribu untuk hitam dan 230 ribu untuk catridge warna. Jika anda ingin mencari yang lebih murah, anda bisa membeli catridge kosongan dengan harga sekitar 220 ribu untuk sepasang catridge.

Untuk mengatasi catridge canon atau print head canon yang mampet atau buntu, selain menggunakan alat di atas, anda juga bisa menggunakan alat yang lebih canggih yaitu menggunakan ultrasonic cleaner. Alat ini banyak yang jual dengan kisaran harga 500- 3 Jt an.

Untuk catridge canon yang  sudah dimodifikasi dengan selang infus, jika setelah di rendam catridgenya masih mampet, bisa juga disebabkan karena catridge dalam kosong. Oleh karena itu silahkan coba dengan cara divacum terlebih sampai catridge benar-benar terisi penuh oleh tinta.

Mengatasi Catridge Canon Mampet  atau Buntu [ hasil cetak canon bergaris ]
Penyedotan tinta pada catridge canon

Untuk alat vacumnya ada bisa membelinya di toko spare part atau membuatnya sendiri dengan menggunakan bagian cap unit bekas printer canon yang disambungkan dengan suntikan menggunakan selang bekas  pompa printer epson.

Mengatasi Catridge Canon Mampet  atau Buntu [ hasil cetak canon bergaris ]
Penyedot catridge 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada kekurangan. Untuk masukan atau jika ada hal yang kurang dipahami mengenai pembahasan artikel ini silahkan tinggalkan komentar pada tempat yang sudah disediakan. Jangan lupa like, share atau subsrcibe technodand.com. Semoga bermanfaat dan terima kasih.