Perbaikan Printer EPSON Tinta Tidak Terdeteksi

Printer EPSON Tinta Tidak Terdeteksi -  Itulah salah satu dari sekian banyak kerusakan atau error yang sering terjadi pada printer. Error ini bisa terjadi pada semua jenis pinter inkjet baik dari merek Epson, Canon, Brother, dan banyak lagi. Namun  pada pembahasan kali ini, yang akan dibahas adalah tentang error tinta tidak terdeteksi lebih khusus untuk merek epson saja.

Pada dasarnya error tinda tidak terdeteksi ini sebenarnya adalah salah satu pesan yang disampaikan oleh printer untuk memberitahu kepada penggunanya bahwa supply tinta sudah habis dan meminta agar pengguna segera mengisi tinta dengan yang baru. Selain itu error ini juga bisa disebakan karena catridge yang tidak terdeteksi oleh printer sehingga muncul pesan error.

Perbaikan Printer EPSON Tinta Tidak Terdeteksi
Catridge printer epson 1390 tidak terdeteksi

Pada saat terjadi error tinta tidak terdeksi, biasanya muncul indikator baik pada printer maupun pada komputer yang terhubung dengan printer tersebut. Error yang muncul pada printer bisanya berupa menyalanya lampu indikator tinta, sedangkan pesan yang muncul pada komputer bisanya muncul popup yang memberitahukan bahwa tinta tidak terdeteksi dan biasanya tinta yang tidak terdeksinya diberi tanda silang. Pada saat terjadinya error ini, printer tidak akan bisa digunakan untuk melakukan proses print dan biasanya selalu muncul pesan tinta habis di komputer pada saat printer akan melakukan proses print.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa tidak terdeteksinya tinta bukanlah merupakan kerusakan, melainkan suatu kondisi dimana printer menunjukan pesan kepada pengguna agar segera mengisi tinta atau mengganti catridge tinta dengan yang baru. Dengan demikian cara mengatasinya-pun sangat gampang yaitu kita tinggal mengisi tinta atau catridge tinta dengan yang baru dan tentunya dengan cara yang berbeda pada tiap jenis printer sesuai merek dan modelnya.

Jadi singkatnya seperti itu, nah dari uraian diatas Saya rasa sudah cukup jelas apa penyebab sehingga masalah ini muncul,selanjutnya, kita akan masuk bagian inti yaitu bagaimana cara mengatasinya agar printer bisa kita gunakan lagi seperti sedia kala. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi tidak terdeteksinya tinta pada beberapa jenis model printer epson.

Langkah perbaikan kerusakan printer Epson dengan gejala tinta tidak terdeteksi 


Pembahasan perbaikan ini bersifat umum untuk printer epson. Dengan demikian langkah perbaikan ini bisa diterapkan untuk semua printer Epson Injet. Sebagai contoh misalnya Epson 1390, epson L300, Epson L110, Epson R230, Epson C90 dan sebagainya.

Kerusakan atau error tinta terdeksi ini gejala yang muncul sangat mudah untuk dikenali. Biasanay gejala yang paling umum adalah lapu indikator tinta menyala diam (tidak berkedip)


1. Dengan cara mengganti catridge tinta yang sudah tidak terdeteksi dengan catridge yang baru.


Cara ini bisa digunakan untuk printer epson yang belum dimodifikasi memakai selang infus atau dalam artian printer  masih menggunakan catridge yang original misalnya pada printer epson 1390, Epson R230, Epson C90, Epson T13 dan banyak lagi.

Jika ada catridge yang tidak terdeteksi,cara mengatasinya yaitu dengan mengganti catridge tersebut dengan yang baru dan dengan tipe yang sesuai. Setelah itu printer akan normal kembali.

2. Dengan cara mengisi tinta dan memasukan serial number tinta.


Cara ini digunakan pada printer Epson seri L lama misalnya Epson L100, Epson L200 Epson L800 dll. Pada jenis printer ini, ada satu hal yang harus kita ketahui bahwa munculnya indikator tinta habis belum pasti tinta pada tabung supply tinta-nya sudah habis.

Hal ini terjadi karena printer tidak menghitung jumlah tinta yang ada pada tabung tinta secara fisik melainkan hanya menghitung jumlah tinta yang sudah digunakan melaui sistemnya. Begitu juga sebaliknya jika tinta pada indikator dikomputer masih banyak, belum tentu secara fisik tintanya masih banyak.

Dengan demikian kita harus selalu mengecek jumlah tinta yang ada pada tabung tinta dan jangan terpaku pada indikator tinta di komputer. Jika jumlah tinta sudah sedikit, maka segera tambah tintanya jangan menunggu sampai printer meminta untuk disisi tinta dengan demikian akan mencegah keringnya print head pada printer tersebut.

Untuk masalah mengisi serial number, kita bisa memasukannya dilain waktu yaitu pada saat printer memintanya.

Baca Juga: Cara Mengisi Tinta EPSON L100 Tanpa SERIAL NUMBER


3. Dengan cara mereset supply tinta dengan menggunakan tombol tinta



Cara ini digunakan pada Printer Epson Seri L model baru yang sudah menggunakan sistem infus dan menghilangkan fungsi pemasukan serial number pada saat mengisi tintanya. Seperti Epson L110, Epson L300, L310 dan yang lainya.

Pada jenis printer ini bisanya indikator tinta akan muncul ketika printer mendeteksi bahwa tinta akan segera habis. Indikator yang muncul berupa berkedipnya lampu indikator tinta secara terus menerus pada saat printer dalam keadaan hidup.

Pada kondisi ini printer masih bisa digunakan untuk melakukan proses print. Jika tinta sudah terdeteksi habis, maka lampu yang indikator yang berkedip tadi akan hilang dan berubah menjadi menyala terus-menerus. Pada kondisi ini printer tidak akan bisa digunakan untuk melakukan proses print.

Untuk cara mengatasinya adalah dengan cara mereset tintanya yaitu dengan menekan tombol indikator tinta selama beberapa detik setelah itu printer akan kembali normal dan lampu indikator tinta akan mati. Jika dengan menekan tombol tidak berhasil maka bisa dilakukan dengan cara menekan tombol tinta dengan hitungan 5 detik,, lepas ,,, tekan lagi 3 detik,,, lepas, tekan lagi 1 detik,,, lepas... setelah itu printer akan normal kembali.

Baca Juga: Cara Reset Printer Epson L Series Secara Manual Tanpa Software

Perbaikan Printer EPSON Tinta Tidak Terdeteksi
Tinta tidak terdeteksi pada printer epson seri L

Sama halnya sepeti jenis printer L100, Jumlah tinta yang muncul pada indikator dikomputer belum tentu sesuai dengan jimlah tinta secara fisik. Dengan demikian kita harus selalu mengecek jumlah tinya yang berada pada tabung tinta secara fisik. Hal ini dilakuan untuk mencegah keringnya tinta pada komponen print head yang merupakan salah satu penyebab kerusakan pada print head.

4. Dengan cara reset tinta melalui kombinasi tombol tinta dengan tombol yang terdapat pada catridge.


Cara ini digunakan pada printer Epson seri lama yang sudah dimodifikasi menggunakan infus. Misalnya printer Epson 1390, Epson T13, Epson C90 dan yang lainnya.  Untuk melakukan reset tinta pada jenis printer ini yaitu sebagai berikut.

  • Hidupkan printer kemudian tunggu sampai lampu indikator tinta menyala.
  • Setelah indikator tinta menyala, tekan tombol indikator tinta. Setelah itu rumah cartidge akan bergerak ke tengah dan menunjukan letak tinta yang tidak terdeteksi.
  • Setelah itu tekan tombol yang ada pada bagian catridge selama 5 detik, tombol ini adalah tombol yang menyatu dengan bagian chip catridge. 
  • Setelah itu tekan tombol indikator tinta. Jika tinta yang tidak terdeteksi hanya satu catridge, maka rumah catridge akan bergerak ke kanan dan parkir di lokasi tempat melepas catridge. Namun jika yang tidak terdeteksi lebih dari satu, maka pada saat catridge bergerak ke tengah menunjukan lokasi catridge yang tidak terdeteksi, setelah tombol reset yang berada pada chip ditekan dan kemudian tombol indikator tinta ditkan , maka catidge akan bergeser sedikit menunjukan lokasi catridge lainnya yang tidak terdeteksi. Jika itu terjadi maka lakukan seperti sebelumnya yaitu tekan tombol pada catridge kemudian tekan tombo lindikator tinta. Lakukan pada semua catridge yang tidak terdeteksi.

Perbaikan Printer EPSON Tinta Tidak Terdeteksi
Letak tombol reset tinta pada catridge


Perbaikan Printer EPSON Tinta Tidak Terdeteksi
Lampu indikator tinta akan mati jika tinta sudah terdeteksi
  • Jika semua catride sudah terdeteksi, maka lampu indikator tinta akan mati dan printer akan melakukan proses head clening.
  • Jika setelah dilakukan cara diatas tinta masih tidak terdeteksi, silahkan cabut catridge-nya kemudian bersihkan bagian kuningan pada chip-nya dengan menggunakan penghapus. Bersihkan juga bagian pin-pin pada komponen CSIC-nya. Setelah itu pasang kembali catridgenya seperti semula.
Itulah beberapa cara mengatasi error tidak terdeteksinya tinta pada printer epson. Khusus untuk printer epson model lama yang mengunakan infus hasil modifikasi, jika setelah melakukan reset tinta tidak membuahkan hasil maka ada kemungkinan komponen chip yang menempel pada catridge mengalami kerusakan.

Baca Juga: Perbaikan printer Epson 1390 tinta tidak terdeteksi

Jalan satu-satunya adalah mengganti komponen tersebut dengan yang masih bagus. Kerusakan pada chip ini juga biasanya menyebabkan semua tinta tidak terdeteksi. Selain itu ada bagian lain yang bisa menyebabkan tidak terdeksinya tinta pada printer yaitu CSIC Board dan sebagainya. Mungkin pembahasan ini akan saya bahas secara khusus pada artikel selanjutnya.

Mungkin tulisan ini saya cukupkan sekian, saya berharap semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat buat para pembaca semuyanya, dan saya mengucapkan terima kasih telah mengunjungi blog  sederhana ini. Jangan lupa untuk like, share, dan subscribe blog ini.