Mengatasi Hasil Print Printer EPSON Bergaris [C90, T11, T13, L100, 1390, L110, L210, L300, L310, dll ]

Mengatasi Hasil Print Printer EPSON Bergaris untuk Epson tipe C90, T11, T13, L100, 1390, L110, L210, L300, L310, dllHasil print yang bergaris pada printer adalah salah satu kerusakan yang sudah menjadi rahasia umum. Semua pengguna printer, saya yakin pasti sudah mengalami keluhan mengenai hasil print atau cetakan yang bergaris dari hasil print miliknya. Kerusakan ini sangat menggangu buat para pemakainya atau bahkan menyebabkan kerugian bagi pemiliknya.

Mengatasi Hasil Print Printer EPSON Bergaris [C90, T11, T13, L100, 1390, L110, L210, L300, L310, dll ]
Ini adalah contoh hasil print nozzle printer Epson C90 yang cetakannya bergaris

Pada sebuah printer, hasil print merupakan ujung tombak dari fungsi sebuah printer tersebut. Walaupun printer bisa menyala namun jika hasil cetakannya bergaris atau rusak makan printer tersebut bisa dikatakan tidak ada gunanya.

Untuk cara perbaikan hasil cetak bergaris cacat bisa dikatakan gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan karena dalam memperbaiki printer yang cetakannya bergaris tidak bisa diburu-buru sehingga membutuhkan kesabaran dalam proses memperbaikinya.

Penyebab Hasil Print (hasil cetak) Bergaris pada printer Epson 


Hasil print yang bergaris bisa terjadi pada semua jenis printer epson seperti Epson C90, epson T11, Epson L100, Epson L200, Epson L210, Epson L110, Epson L300, Epson L310, Epson L365, Epson L1800, Epson L3110 dan banyak lagi. Selain itu juga bisa terjadi pada semua merek printer seperti Canon, Brother dan Hp.

Kerusakan hasil print bergaris atau cacat biasanya disebabkan karena ada gangguan pada komponen print head seperti print head mampet, dan sebagainya. Selain hasil print yang bergaris, kerusakan karena print head juga bisa menyebabkan warna hasil print yang tidak sesuai dengan inputnya. Atau bahkan pada kasus lain menyebabkan general error atau bahkan mati total.

Baca Juga:

Buat para pembaca yang sedang memperbaiki printer dengan kerusakan yang sama seperti yang saya jelaskan, anda mempunyai dua pilihan untuk memperbaikinya. Yaitu membawanya ke tukang service printer atau memperbaikinya sendiri. Jika anda cukup percaya diri untuk memperbaikinya, Anda bisa mengikuti tutorial yang akan saya jelaskan pada postingan ini.

Cara Perbaikan Hasil Print Bergaris atau Cacat Pada Printer Epson 


Tutorial ini adalah pengalaman saya dalam memperbaiki printer jenis epson yang tintanya mampet yang biasanya ditandai dengan hasil print yang jelek seperti bergaris atau warna yang tidak sesuai. Cara yang akan saya jelaskan di bawah bisa digunakan untuk semua jenis printer inkjet merek Epson.

Berikut ini penjelasan mengenai perbaikan printer epson yang hasil cetakannya bergaris, atau ada sebagian tinta yang tidak keluar.

Pada artikel ini kami menggunakan printer epson C90 sebagai bahan untuk artikel. namun walaupun demikian, cara yang dijelaskan pada artikel ini berlaku untuk semua jenis printer epson yang sudah menggunakan sistem infus untuk supply tintanya

Ada beberapa penyebab sebuah printer mampet atau tinta tidak keluar sehingga hasil print jadi bergaris atau tidak sempurna, diantaranya :
  1. Printer jarang digunakan
  2. Penggunaan tinta yang kualitasnya kurang bagus sehingga merusak print head
  3. Selang tinta mampet pada printer menggunakan system infus
  4. Catridge mampet
  5. Print  head sudah rusak
  6. Dan banyak lagi penyebab lainnya

Untuk cara perbaikannya sangat mudah asalkan kita sabar dan hati-hati dalam melakukan
perbaikannya. Dan untuk cara perbaikannya bisa diikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Nyalakan printer, hubungkan ke komputer, setelah itu coba head cleaning kemudian setelah beres head cleaning lakukan pengecekan hasil print dengan memilih menu print nozzle chec. Untuk mengakses menu head cleaning dan noozle check, silahkan pilih icon driver printer sesuai tipe printernya yang sudah diinstal, kemudian klik kanan dan pilih printer preference.
Mengatasi Hasil Print Printer EPSON Bergaris [C90, T11, T13, L100, 1390, L110, L210, L300, L310, dll ]
( Contoh hasil nozzle check print head cacat)

Pada gambar di atas tampak bahwa warna kuning, merah dan biru tidak kelur sempurna atau mampet. Ini disebabkan karena terjadi penyumbatan pada print head. Jika setelah head cleaning hasil print nozzle check jelek, coba dihead cleaning lagi dan lihat apakah ada perubahan pada hasil noozle check? jika tidak ada perubahan coba head cleaning lagi ,, diamkan sekitar 1 jam,,, kemudian nozzle check... apakah ada perubahan ? Jika masih jelek lanjut ke langkah berikutnya.
  • Hidupkan printer, tunggu sampai print head bergerak ke tengah, kemudian cabut kabel power dengan segera. ini bertujuan supaya head tidak terkunci di sebelah kanan sehingga kita dengan mudah mencabut dan memasang catridge.
Mengatasi Hasil Print Printer EPSON Bergaris
Contoh catridge epson CIC (Continuous Ink Cartridge)
  • Keluarkan atau cabut catridge kemudian sedot dengan suntikan khusus (bisa didapatkan di toko spare part printer)
Mengatasi Hasil Print Printer EPSON Bergaris [C90, T11, T13, L100, 1390, L110, L210, L300, L310, dll ]
( Suntikan berisi cairan head cleaner )

Pada saat kita menyedot catridge dengan menggunakan suntikan, perhatikan apakah tinta tersedot dengan mudah atau ringan atau juga sebaliknya (yang bermaksud berat di sini adalah beban suntikan ketika ditarik pada saat menyedot tinta pada catridge). Jika berat atau bahkan tinta tidak tersedot keluar berarti catridge sudah rusak atau mampet. Silahkan coba ganti catridgenya dengan yang baru.

Setelah di ganti pasang catridge seperti semula dan coba di head cleaning kembali dan test nozzle check lagi.

Perhatikan lagi apakah ada perubahan? Jika masih belum kita lanjut dengan langkah berikutnya
  • Cabut kembali catride seperti langkah 3, geser print head agak ke tengah,, kemudian siapkan cairan head cleaner dalam suntikan yg sudah di beri selang..
  • Pasangkan ujung selang suntikan yang sudah di isi cairan head cleaner ke bagian print head sesuai warna yang tidak keluar, tapi sebelumnya isi dulu bagian pada pompa pembuangan denga cairan head cleaner lihat gambar berikut ini.

Mengatasi Hasil Print Printer EPSON Bergaris [C90, T11, T13, L100, 1390, L110, L210, L300, L310, dll ]
( isi dengan cairan head cleaner )

Mengatasi Hasil Print Printer EPSON Bergaris [C90, T11, T13, L100, 1390, L110, L210, L300, L310, dll ]
( lakukan infus dengan suntikan berisi cairan HEad cleaner )

  • Setelah print head sudah diinfus dengan cairan head cleaner, langkah selanjutnya silahkan geser bagian rumah catridge ke sebelah kanan sampai mentok.
  • Dalam keadaan printer diinfus dengan suntikan berisi cairan head cleaner, tunggulah  selama 6 s.d 12 jam. supaya cairan head cleaner bekerja.
  • Setelah 6 s.d 12 jam di infus cairan head cleaner, cabut infus suntikannya  kemudian lakukan proses head cleaning melaui komputer. Jika proses head clening sudah  selesai, silahkan tes noozle check lagi.
  • Perhatikan hasil noozle checknya ... apakah sudah bagus...? jika masih jelek silahkan ulangi lagi.
  • Jika Setelah infus  carian pada print head tidak membuahkan hasil, dalam artian hasil print masih jelek Langkah satu-satunya adalah dengan mengganti komponen print headnya dengan yang baru.

Baca Juga: Penyebab Hasil Print Bergaris dan Bolong-Blong Pada Printer Epson L Series

Update:
Untuk anda yang tidak mempunyai cairan head cleaner, anda bisa mencoba memperbaiki print head yang mampet dengan cara mencelupkannya  ke air panas beberapa kali. Ingat bahwa ketika print head dicelupkan ke air panas, yang kena ke air panasnya adalah bagian bawah print headnya. Hati-hati jangan sampai bagian atas atau bagian socketnya terkena air.

Sampai di sini tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yg kurang dimengerti silahkan tinggalkan komentar. Jangan lupa untuk like fans page serta share dan subscribe blog ini, terima kasih sudah berkunjung.