--> Skip to main content

Cara Reset Printer Epson L3150 Dengan Resetter [Adjustment Program]

Mengapa kita perlu reset rinter Epson? Printer Epson bekerja sesuai dengan perintah yang berasal dari komputer. Printer juga mempunyai memory yang akan menyimpan semua aktivitas yang terjadi. Jumlah tinta yang keluar, tinta yang telah terbuang akan tersimpan sampai mencapai titik jenuh tertentu. Pada kondisi ini printer akan berhenti bekerja dan mengirim sinyal atau notifikasi supaya dilakukan suatu tindakan.

Notifikasi yang muncul biasanya berupa berkedipnya lampu indikator atau juga bisa berupa pesan yang mucul pada komputer. Pada kondisi ini biasanya printer sama sekali tidak bisa digunakan.

Apakah printer masih bisa diperbaiki?

Jika printer Epson Anda tidak bekerja hanya karena harus direset tentunya masih bisa diatasi dengan mudah. Tetapi jika terjadi karena kerusakan hardware, di sini ada 2 kemungkinan yaitu bisa diperbaiki atau diganti baru tergantung tingkat kesulitan perbaikan dan ketersediaan part pengganti.

Untuk membedakan kerusakan apakah dari software atau hardware sudah sering bahas pada postingan sebelumnya. Untuk pembahasan pada artikel ini saya akan membahas cara mengatasi blinking pada printer Epson L3150 atau cara reset printer epson L3150.


Gejala yang muncul ketika printer epson L3150 harus direset


Blinking yang bisa diperbaiki adalah blinking karena memory sudah mencapai titik jenih dan harus segera direset. Blinking ini bisa ditandai dengan beberapa gejala berikut ini:
  • Printer blinking/lampu indikator berkedip serta tidak ada gerakan sama sekali pada mekanik printer sejak printer mulai dihidupkan
  • Berkedip bergantian dan ada juga yang bersamaan pada tipe tertentu
  • Muncul notifikasi service required atau juga Ink Pad Is At the End Of Its Service Live atau Ink waste Is Full pada komputer/PC
Jika muncul gejala seperti di atas itu sudah dpastikan printer Anda harus direset supaya bisa digunakan kembali. Mereset printer bisa dilakukan di service center epson atau juga bisa dilakukan oleh Anda sendiri dengan reseter yang disediakan di technodand.net

Cara Reset Printer Epson L3150 dengan Reseter atau Adjustment Program


  • Download reseter epson L3150 di technodand.net ini kemudian extrak menggunakan winrar. Jika terjadi error pada saat ekstrak itu biasanya dikarenakan antivirus atau program winrar pada komputer Anda harus diupdate dulu.
  • Nonaktifkan antivirus seperti windows defender atau yang lainnya.
  • Buka folder reseter hasil ekstrak kemudian dobel klik file adjprog. Akan muncul seperti tampilan berikut ini.


Cara Reset Printer Epson L3150 Dengan Resetter [Adjustment Program]


  • Silahkan copy kode yang muncul ke notepad kemudian tulis pada komentar di bawah beserta email Anda. Nanti saya kirim ID nya maksimal 2x24 jam.
  • Isi kode yang sudah saya kirimkan seperti pada gambar di bawah ini kemudian klik oke. 

Cara Reset Printer Epson L3150 Dengan Resetter [Adjustment Program]


  • Nanti akan otomatis program reseter epson l3150 nya akan terbuka. Setelah terbuka, klik tombol select dan pilih jenis printer yang akan Anda reset. Dalam kasus ini kita akan reset printer epson L3150. Kemudian klik tombol OK

Cara Reset Printer Epson L3150 Dengan Resetter [Adjustment Program]

  • Akan muncul tampilan seperti di bawah. Langsung aja pilih tombol Particular adjustment mode.


Cara Reset Printer Epson L3150 Dengan Resetter [Adjustment Program]

  • Selanjutnya pilih menu waste ink pad counter dan klik tombol OK. Pada tampilan ini banyak sekali menu yang bisa kita pilih. Semuanya bisa digunakan ketika kita melakukan maintenance dan melakukan perbaikan printer. Tetapi karena kasus ini kita hanya akan melakukan reset waste ink pad counter, jadi kita pilih menu sesuai petunjuk pada gambar di bawah ini.
  • Menu lainnya bisa Anda coba-coba sendiri.


Cara Reset Printer Epson L3150 Dengan Resetter [Adjustment Program]

  • Pada menu berikutnya silahkan centang tombol main pad counter dan platen pad counter. Selanjutnya klik tombol Initialize untuk mengeksekusinya.


Cara Reset Printer Epson L3150 Dengan Resetter [Adjustment Program]

  • Setelah proses reset selesai, akan ada notifikasi untuk mematikan printer. Silahkan matikan printer kemudian nyalakan lagi printernya. Setelah proses reset ini printer sudah bisa bisa digunakan kembali.

Jika setelah reset namun printer masih error blinking, itu berarti karena ada kerusakan lain. Kerusakan yang terjadi bisa karena paper jam, sensor kotor dan banyak lagi penyebab lainnya.

Resetter epson L3150 bisa diunduh pada tautan berikut ini


Mungkin itu saja yang bisa tulis pada artikel cara Reset printer epson L3150. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar