--> Skip to main content

Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai

Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai- Setelah postingan sebelumnya membahas reseter printer epson, kali ini technodand kembali lagi membahas cara perbaikan printer Inkjet Epson. Untuk printer yang akan saya bahas ini adalah sebuah printer yang sudah dimodifikasi menjadi printer infush dengan tinta 6 warna  yaitu  tipe epson stylus 1390. Selain Epson 1390, pembahasannya juga berlaku untuk  generasi terbarunya yaitu printer Epson L1800

Adapun kerusakan yang akan dibahas yaitu karusakan pada hasil cetak dengan gejala seperti berikut ini.

  • Hasil print epson 1390 atau Epson L1800 cacat
  • Warna pada hasil cetakan tidak sesuai dengan file gambar
  • Warna pada hasil nozzle check terlihat bercampur
  • Terlihat ada garis dengan warna tertentu pada hasil print epson 1390 atau L1800
Jenis kerusakan ini sangat sering terjadi pada printer Epson khususnya Epson 1390 dan Espon L1800. 

Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai


Penyebab hasil cetak tidak sesuai pada printer epson biasanya disebabkan karena ada masalah pada print head. Kerusakan tersebut bisanya desebabkan karena print head yang mampet atau buntu. Atau juga disebakan karena catridge kosong sehingga suplay tinta ke print head menjadi terganggu. Untuk perbaikan dengan kasus ini bisa dicek pada postingan-postingan sebelumnya.

Lalu bagaimana jika print head tidak mampet, catridge penuh, suplay tinta bagus, serta tidak ada udara pada catridge namun warna hasil cetakan tidak sesuai. Kerusakan ini biasanya disebabkan karena ada tinta yang bercampur pada print head. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? 

Ayo kita simak tahapan cara memperbaikinya

Untuk tahapan perbaikan dengan gejala hasil cetakan printer epson 1390 dan Epson L1800 yang terlihat cacat, bergaris atau warna tidak sesuai pada kasus ini kita lakukan dengan 2 tahapan. Tahapan pertama kita perbaiki dengan bantuan software. Kemudian jika tahapan pertama tidak berhasil barulah kita lakukan pemeriksaan secara hardware.

Jika penyebab kerusakan sudah ditemukan, selanjutnya kita lakukan perbaikan. Kerusakan tinta bercampur pada printer epson 1390 ini dapat kita lihat gejalanya secara pasti pada hasil noozle check.  Untuk lebih jelas bisa diperhatikan pada gambar dibawah ini.

Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai

Pada hasil noozle check seperti pada gambar di atas terlihat ada warna yang bercampur yaitu warna Magenta dan Cyan 

Pada gambar terlihat ada titik yang bolong-bolong. keadaan tersebut bukan karena head mampet tetapi karena ada seseatu yang menggangu semprotan tinta

Tahapan Perbaikan hasil cetakan tidak sesuai pada printer epson 1390 dan L1800

Pada pembahasan artikel ini yang menjadi objek perbaikan adalah printer epson 1390 bukan L1800. Namun walalupun demikian, kerusakan ini sering terjadi pada kedua printer ini. dan selain itu juga secara mekanik dan print head pada printer 1390 dan L1800 adalah sama persis.

Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 secara software.


ketika hasil cetak printer tidak sesuai seperti bergaris dan warna yang tidak seseuai, langkah pertama adalah melakukan perbaikan secara software. Perbaikan yang dilakukan yaitu melalui menu pada driver yang sudah terinstal pada komputer.

Dengan menggunakan diver bawaan printer.
  1. Sebelumnya pastikan driver sudah terinstal pada komputer kemudian lakukan langkah berikut ini.
  2. Klik icon search yang berada di sebelah tombol start pada windows 10 Anda kemudian ketik control panel
  3. Klik menu control panel pada hasil search, setelah masuk ke control panel kemudian pilih menu devices and printer
  4. Pada menu devices and printer, klik kanan icon printer yang terhubung (1390/L1800) kemudian pilih printing preferences
  5. Pilih tab maintenance dan klik head cleaning
  6. Tunggu sampai proses head cleaning selesai dan klik noozle check
  7. Perhatikan hasil noozle check apakah ada tinta yang masih bercampur
  8. Jika masih ada yang bercampur silahkan ulangi sekali lagi, namun jika tidak membuahkan hasil, maka selanjutnya kita lanjutkan ke tahap perbaikan secara hardware.

Dengan menggunakan reseter Epson atau Adjustment program
  1. Unduh terlebih dahulu reseter epson L1800 atau Reseter Epson 1390 sesuai dengan printer yang diperbaiki. 
  2. Buka program reseter  kemudian seting port yang terhubung ke printer pada menu select
  3. Selanjutnya pilih tombol particular ajdjustment mode
  4. Selanjutnya pada menu maintenance silahkan pilih head cleaning dan ikuti langkah selanjutnya.
  5. Jika head cleaning tidak berhasil Anda juga bisa mencoba dengan cara Ink charge pada menu maintenance yang ada pada reseter.
  6. Jika hasil print masih ada warna yang bercampur, maka lanjutkan dengan tahapan perbaikan secara hardware atau mekanik

Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai secara mekanik atau hardware


Perbaikan secara hardware kita bagi menjadi 2 sesuai dengan kasus yang terjadi

1. Tinta bercampur secara keseluruhan


Pada kasus ini tinta yang bercampur adalah secara keseluruhan, sebagai contoh misalnya hasil nozzle check pada warna magenta dengan cyan yang menghasilkan warna ungu pada hasil nozzle checknya. Atau misalnya warna kuning pada hasil nozzle check menjadi kehitaman karena bercampur dengan warna hitam.

Untuk kasus ini ada 3 komponen yang mesti dicurigai yaitu bagian catridge, tabung tinta dan print head.

Kerusakan print head bisa menyebabkan tinta bercampur secarakeseluruhan atau juga bisa menyebabkan tinta bercampur sebagian

 

Tahapan perbaikan pada kerusakan ini bisa dilakukan dengan langkah berikut ini
  • Cek tabung tinta apakah ada tinta yang bercampur karena kesalahan mengisi tinta, jika tidak ada masalah lanjut ke bagian catridge.
  • Cek bagian catridge printer epson L1800 atau 1390 dengan melepasnya lerlebih dahulu kemudian cek tinta yang ada didalamnya dengan cara melihatnya secara fisik. Pastikan tidak ada tinta yang bercampur
  • Selanjutnya pemeriksaan print head 
  • Lepas print head dari rumah catridge
  • Ambil suntikan yang sudah diisi dengan cairan head cleaner kemudian suntikan bagian warna yang dicurigai pada print head.
  • Perhatikan cairan yang keluar dari nozzle print head.
  • Jika print head bocor biasanya pada saat disuntik pada sati titik warna maka akan keluar juga pada nozzle yang sebelahknya. Misalnya jika warna kuning dan hitam bercampur maka ketika disuntik di warna hitam maka tinta juga akan keluar pada nozzle warna kuning.
  • Jika yang menjadi penyebab tinta bercampur adalah print head maka tindakan perbaikannya mau tidak mau harus ganti print head.

2. Tinta bercampur hanya pada sebagian titik saja


Kerusakan ini tidak menyebabkan warna menjadi berubah sepenuhnya namun hanya sebagian kecil saja. Walaupun demikian tentunya sangat menggangu karena menjadi hasil cetakan menjadi tidak sempurna. Sebagai contok misalnya gambar yang seharusnya full warna biru, tetapi setelah dicetak terlihat ada sebagian yang warnanya menjadi sedikit ungu karena ada sebagian tinta yang bercampur dengan warna magenta.

Untuk memperbaiki kerusakan ini sebagai  tahapan awal, kita bisa mencoba dengan cara head cleaning seperti pada kerusakan tinta bercampur sepenuhnya. Namun jika setelah 2 kali head cleaning tidak membuahkan hasil, maka langkah selanjutnya kita fokus ke bagian hardware. 

Berikut ini ada beberapa bagian pada printer epson 1390 dan L1800 yang menyebabkan tinta bercampur dan menjadi penyebab hasil cetak pada printer epson 1390 dan L1800 menjadi tidak sempurna, bergaris ,dll.

  • Cap  Unit dan Cleaner Blade
Perhatikan pada gambar di bawah ini. Bagian tersebut adalah bagian atau dari mekanik pompa pembunagan tinta. Pada gambar terlihat bagian yang ditandai anak panah. bagian tersebut adalah cleaner Blade dan caps unit. 
Pastikan tidak ada benda asing yang menghalangi misalnya potongan kertas atau kapas. Jika bagian ini terhalang maka akan menyebabkan sisa-sisa tinta pada nozzle tidak tersapu sehingga menyebabkan tinta bercampur pada saat printer mencetak. 
Perhatikan juga seal rubber (karet yang mengelilingi bagian kotak-kotak pada gambar yang ditandai anak panah) pada caps unitnya pastikan tidak ada bagian yang sobek atau rusak

Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai
Mekanik pompa pada printer Epson 1390 dan L1800

  • Spon sebelah kiri (tidak tahu nama istilahnya)
Jika pada bagian sekitar pompa di atas tidak ada masalah kita lanjut ke bagian sebelah kiri. Seperti pada gambar di bawah ini.

Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai

Untuk melihat bagian tersebut, kita harus melepas casing atas printer terlebih dahulu. Jika tidak dilepas dulu juga tidak masalah cuma sedikit susah saja ketika memeriksanya.

Perhatikan pada bagian yang ditanda anak panah di atas. Bagian tersebut adalah sebuah spon atau busa yang berfungsi untuk tinta ketika print head sedang head cleaning. Pada banyak kasus biasanya busa atau spon tersebut lama kelamaan akan sedikit menggembung.

Karena kondisinya yang menggembung ke atas maka ketika print head berada di atasnya akan bersentuhan dengan bagian tersebut sehingga menyebabkan tinta pada spon menempel ke print head. kondisi inilah yang akan menyebabkan warna hasil print menjadi bercamput. Pada beberapa kasus juga bisa menyebabkan hasil nozzle check menjadi bolong-bolong seperti kerusakan print head mampet (seperti pada gambar paling atas)

Untuk memperbaiki masalah ini sangatlah mudah. Langkah yang perlu dilakukan hanyalah melepas bagain spon tersebut.

  • Print head 

Kerusakan pada print head juga bisa menyebabkan tinta bercampur  dan menyebabkan hasil cetakan menjadi rusak atau cacat. Pada printer epson 1390 dan Epson L1800 biasanya terjadi 2 kerusakan yang menjadi tinta bercampur yaitu sebagai berikut.

1. Ada bagian yang terangkat.

Untuk lebih jelas bisa diperhatikan pada gambar dibawah ini. Terlihat ada bagian yang sedikit terangkat. Kondisi ini biasanya disebabkan karena print head menabrak kertas ketika terjadi paper jamed. 

karena ada bagian yang terangkat maka biasanya akan banyak kotoran seperti debu yang bercampur tinta yang terperangkap pada bagian tersebut. Keadaan ini menyebabkan sisa-sisa tinta pada saat head clean tidak tersapu sempurna oleh cleaner blade. Alhasih hasil print menjadi cacat karena sebagian tinta pada nozzle ada yang bercampur atau bahkan tertutup oleh kotoran.

Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai

Untuk memperbaiki kerusakan seperti sangat mudah sekali. Anda hanya perlu melepas bagian yang terangkat tersebut, kemudian cuci dan rapihkan menggunakan tang atau sejenisnya sampai menyerupai sisi yang satunya. setelah itu pasang kembali.

2. Print Head jebol atau bocor

Ada satu lagi kerusakan pada print head yang menyebabkan tinta bercampur. Kerusakan tersebut adalah keadaan print head yang sudah jebol atau bocor. Kerusakan ini merupakan kerusakan  yang patal karena kita tidak bisa memperbaikinya. 


Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai


Salah satu solusi adalah dengan cara menggantinya dengan print heag yang baru dan tentunya dengan biaya yang sukup besar.

Mungkin itu saja mengenai pembahasan Perbaikan Printer Epson 1390 dan L1800 Warna Tidak Sesuai. Jika ada masukan silahkan sampaikan melalui komentar atau kontak yang sudah disediakan. Nanti saya jadikan bahan untuk update artikel ini.

Pembahasan pada artikel ini adalah sepenuhnya hasil pengalaman pribadi. Oleh karena itu mungkin masih banyak kekurangan pada artkel ini. Namun walaupun demikian semoga saja artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk pembaca. Terima kasih.


Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar