Skip to main content

Mengatasi code 49 Service Error [turn off then on] Pada Printer Hp Laserjet

Kode error 49 pada printer HP LaserJet "turn off then turn on" merupakan kode error komunikasi atau jaringan. Error tersebut mungkin sangat sulit untuk dipecahkan karena cukup banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

Error dengan kode 49 service error ini bisa terjadi pada semua pinter hp laserjet misalnya hp laserjet Pro M401, lasejet M402 dan yang lainnya.



Error ini bisa terjadi secara sementara yang bisa diselesaikan dengan cara restart (reboot), atau juga bisa terjadi secara permanen yang cukup sulit untuk diperbaiki. Untuk kerusakan secara permanen memungkinkan kita untuk mengganti perangkat keras dari printer tersebut.

Tips mengatasi kerusakan printer laserjet hp dengan kode error 49 service error


Memperbaiki error ini kita mulai dari yang paling mudah telebih dahulu. Berikut adalah beberapa tips untuk menyelesaikan kode kesalahan 49 service error pada printer HP LaserJet.

Error Sementara


Langkah pertama kita anggap saja ini adalah masalah sementara dan tidak ada kerusakan secara hardware. Untuk tahap ini bisa diikuti beberapa langkah berikut ini.
  1. Matikan printter
  2. Cabut kabel power printer (PLN)
  3. Cabut kabel jaringan yang terhubung ke printer laserjet
  4. Silahkan cancel semua dokumen yang gagal tecetak atau dalam antrian ( clear any pending jobs from the print queue)
  5. Reboot printer - silahkan matikan printer kemudian hidupkan lagi
  6. Test
Lakukan 5 tahapan di atas dan periksa apakah error 49 masih muncul? Jika error sudah hilang coba sambungkan kembali kabel jaringan ke printer dan cobalah tes print. Jika error masih muncul kita lanjut ke tahapan berikutnya.

Kemungkinan kerusakan driver


Driver printer yang tidak cocok atau terjadi kerusakan pada driver juga bisa menyebabkan printer laserjet hp Anda mengalami error 49. Oleh karena itu pada tahapan ini fokus pada driver printer.

Cobalah untuk mengingat kapan terjadinya terjadi error 49 ini dan pada proses apa. Untuk tahapan ini kita ambil contoh 2 kasus berikut ini.
  1. Jika error 49 hanya terjadi selama pekerjaan pencetakan tertentu (misalnya hanya ketika mencetak dari sofware custom atau software pihak ketiga)
  2. Error 49 hanya terjadi ketika mencetak dokumen tertentu yang lebih kompleks atau dengan ukuran data yang lebih besar dari rata-rata.  
Jika terjadi pada contoh 2 kasus di atas, sangat mungkin bahwa keruskan disebabkan karena driver yang terinstal pada komputer tidak cocok atau rusak.

Driver yang rusak dapat mengirim data yang buruk ke printer, hal ini menyebabkan kebingungan dan memicu error 49 pada printer laserjet Anda. Untuk mengatasi masalah ini bisa dicoba dengan cara uninstal driver kemudian instal lagi dengan driver yang lebih baru sesuai dengan tipe printer.

Keruskan error 49 printer laserjet karena firmware rusak (corupt)


Pada beberapa kasus error printer laserjet, error yang terjadi bisa disebabkan karena adanya keruskan pada firmware termasuk error 49. Untuk kasus ini kita hanya perlu melakukan udate atau recovery pada firmwarenya.

Adapun cara melakukan update/restore atau flash fimware pada printer hp laserjet ini sangatlah mudah. Anda tinggat unduh firmwarenya kemudian jalankan melalui komputer atau laptop. Sebagai contoh, untuk lebih jelasnya bisa baca pada artikel Cara Update firmware Printer Hp Laser Jet Pro 402n Dengan Mudah

Kartu jaringan yang rusak  


Kerusakan pada kartu jaringan pada printer juga bisa menjadi penyebab terjadinya error "49 service error". Pada pegecekan pertama Anda bisa mencoba menggunakan koneksi USB ke komputer atau laptop Anda kemudian lakukan pengetesan apakah error sudah hilang. Jika error hilang ketikan menggunakan USB namun error muncul ketika menggunakan kabel jaringan, bisa dipastikan error terjadi pada kartu jaringan printer.

Pada printer yang modern biasanya kartu jaringan sudah dipasang langsung pada mainboard formatter  printer sehingga tidak mungkin untuk diganti. Dalam kasus tersebut salah satunya jalan adalah dengan mengganti board formarter nya

Error karena perangkat tambahan pada mainboard formatter


Sebuah aksesori tambahan misalnya chip memori, hard drive tambahan, dll yang dipasang pada slot formatter dapat menyebabkan kesalahan 49 (error 49 service error). Jika Anda mencurigai salah satu dari item ini, cobalah melepas aksesori atau chip memori satu persatu kemudian reboot printer. Perhatikan apakah ada yang perubahan membaik setelah melepas aksesori tertentu atau chip memori.

Kerusakan formatter penyebab error 49


Yang terakhir yang patut dicurigai adalah bagian formatter. Ada beberapa model tertentu yang terkenal karena kegagalan formatter, dan ada model lain di mana formatters pada dasarnya tidak pernah gagal.

Rangkaian formater adalah papan sirkuit yang mengontrol logika, menerima data dari komputer, dan menangani semua masalah perintah cetak pada printer. Printer LaserJet P3005 adalah contoh utama dari printer yang terkenal dengan printer yang sering mengalami kegagalan [ada bagian formatter nya]. 

Model populer lainnya yang sering memiliki kegagalan formatter adalah LaserJet P2015, LaserJet M2727, LaserJet M3027, LaserJet M3035.

Sekian mengenai pembahasan cara mengatasi error 49 atau 49 service error ""turn off then on"pada printer Hp Laserjet. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi buat Anda. Terima kasih.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar