--> Skip to main content

Reseter Epson L4150 dan L1460 100% Working

Reseter epson L4150-L4160 berfungsi untuk mereset counter sampah tinta atau waste inkpad counter pada printer Epson L4150 Wi-Fi All-in-One Ink Tank Printer. Sesuai namanya prnter ini termasuk printer all in one sehingga printer ini mempunyai segudang fungsi di dalamnya.

Printer epson L4150 ini hampir sama dengan seri di bawahnya L3110 yang mempunyai fungsi sebagai scanner dan printer. Namun bedanya printer ini sistem koneksinya bisa menggunakan koneksi wifi. Dengan demikian  dapat tetap terhubung dengan opsi untuk mencetak secara nirkabel melalui jaringan atau langsung dari perangkat seluler Anda menggunakan Wi-Fi Direct
Reseter epson L1450-1460
Epson L1450 L1460

Itulas sekilas tentang printer epson L1450 dan L1460, untuk selanjutnya kita bahas bagaimana cara reset printer epson tipe ini.

Pahami dulu sebelum Reset Printer Epson L1450-L1460 Anda


Sebelum melakukan reset printer, saya ingatkan lagi bahwa blinking yang dapat direset adalah blinking yang disebabkan oleh level tinta sampah yang sudah penuh (waste ink pad is full) yang biasanya juga ditandai juga dengan notifikasi  “Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life” atau "Service required” di komputer atau laptop yang terhubung.

Jika blinking pada printer disebabkan karena paper jam, atau ada masalah pada mekanik maka tidak bisa diatasi dengan menggunakan reseter ini.

Sampah tinta sudah penuh bukan berarti secara fisik tabung pembuangan sudah penuh tetapi ini adalah hitungan secara data pada memory printer. Jadi meskipun tabung pembuangan tinta sudah dibersihkan maka error ini tidak akan hilang. Begitu juga sebaliknya, meskipun sudah direset namun untuk tinta sampah pada tabung pembuangan masih tetap ada dan harus dibersihkan secara menual.

Cara Reset Printer Epson L1450 dan L1460 Error Blinking


Mereset printer Epson tipe apapun itu pada dasarnya sama saja, dan tools yang digunakan pun sama saja yaitu Program Adjustment atau dikenal dengan nama reseter. Karena tipe printer yang akan direset adalah printer Epson L1450 dan L1460 jadi reseternya pun harus sesuai dengan tipe printernya yaitu reseter epson L1450-1460.

Berikut ini adalah tahapan reset printer epson L1450-1460
  • Siapkan tools adjustment atau reseter, Anda bisa mendapatkan di artikel ini
  • Silahkan dowload reseter, kemudian silahkan ekstrak dengan menggunakan winrar dengan versi 5.70 atau di atasnya. Jika Anda eksrak dengan versi winrar di bawahnya maka akan terjadi error file corrupt saat ekstrak.
  • Hubungkan printer dengan komputer menggunakan kabel usb bawaan printer.
  • Buka folder hasil ekstrak kemudian eksekusi file adj.prog dengan cara dobel klik atau klik kanan kemudian open
  • Selajutnya lakukan pengaturan pada tipe printer yang akan Anda reset apakah epson L1450 atau L1460 pada menu select

  • Selain pengaturan tipe printer, atur juga port yang terhubung dengan printer melalui menu port. Pada setingan default maka akan otomatis ke pilihan auto selection. Sebenarnya pakai pilihan auto juga tidak masalah namun untuk mencegah terjadinya error saya sarankan untuk memilih port ke port yang tehubung dengan printer. Jika sudah diseting silahkan pilih tombol OK

Meskipun printer ini bisa menggunakan koneksi wifi tetapi untuk reset tatap harus menggunakan koneksi usb



Selanjutnya pilih tombol Particullar Adjustment mode pada reseter.


  • Pada menu berikutnya nanti akan muncul banyak pilihan yang bisa anda gunakan untuk konfigurasi atau juga untuk maintenance printer epson Anda. Namun karena tujuan kita runing reseter hanya untuk reset saja maka langsung saja pilih menu Waste ink pad counter (bisa dilihat pada gambar dibawah)



Selanjutnya akan muncul menu reset printer, silahkan centang pada pilihan menu yang diberi kotak merah pada gambar dibawah ini.


  • Pada menu ini ada 2 tombol yang bisa Anda pilih yaitu Check dan Initialize. Tombol check berfungsi untuk mengecek level counter sampah tinta sedangkan tombol initialize adalah untuk mereset counter tersebut. Jika Anda memilih tombol check maka setelah itu silahkan centang lagi main pad counter dan platen pad counter setelah itu pilih tombol Initilize untuk proses reset printer.
  • Jika muncul pop up information seperti gambar dibawah ini, silakan tekan tombol OK.

  • Tunggu proses reset sampai selesai biasanya membutuhkan sekitar 0 koma sekian detik (sangat cepat). Setelah proses reset selesai nanti akan diminta untuk mematikan printer Epson L1450 atau L1460 Anda, silahkan matikan kemudian hidupkan lagi.
Jika ada error pada saat reset printer dengan reseter Epson L1450-L1460 ini, misalnya not responding maka silahkan lakukan beberapa tips berikut ini.


  1. Jika komputer anda menggunakan antivirus, silahkan disable dulu anti virusnya. Namun jika Anda tidak yakin atau takut rester membawa virus yang membahayakan komputer anda, maka Anda bisa menggunakan shadow defender pada komputer Anda atau juga menggunakan printer khusus reset saja.
  2. Jika muncul error 20000010 biasanya disebabkan karena ada kesalahan koneksi printer dengan komputer dan pastikan driver terinstal dengan baik pada komputer anda
  3. Pastikan setingan port pada reseter dipilih sesuai dengan port yang terhubung dengan printer 
  4. Pastikan tidak ada dokumen yang pending pada driver printer di komputer Anda. Jika ada silahkan dihapus dulu 

Password Reseter: www.technodand.net

Note:
*** Temukan link unduh reseter ini pada artikel ini
*** Jika ada error saat ekstrak, silahkan simak lagi artikel ini dari awal sampai akhir
*** Reseter yang bisa diunduh pada artikel ini adalah reseter epson L1450 dan L1460 yang belum diinstal lisensi. Untuk lisensi silahkan cantumkan ID hardware komputer anda pada komentar dan jangan lupa sertakan juga email anda. Nanti saya kirim lisensinya ke email Anda paling lambat 24-48 jam.

Baca Juga: Reset Printer Epson L3110 Blinking [reseter epson L3110]

Mungkin itu saja mengenai pembahasan reset printer epson L1450 dan L1460 100% working, mohon maaf jika ada kekeliruan dalam tulisan ini. Terima kasih sudah berkunjung.

Salam technodand.net

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar