--> Skip to main content

Cara Reset Epson L405 Blinking [Waste Ink Counter Resetter]

Cara Reset Epson L405 Blinking - Semua jenis printer pasti pada suatu waktu akan berhenti berfungsi karena mencapai batas pemakaian. Printer bisa dinyalakan tetapi tidak bisa digunakan dan perlu dilakukan reset ulang. Pada artikel ini saya akan membuat sebuah tutorial singkat bagaimana cara reset ulang printer epson seri L405. Tools yang digunakan adalah reseter epson L405.

Blinking Printer Epson L405

Apakah Blinking error pada printer epson L405 bisa diatasi dengan menggunakan reseter?

Blinking pada printer epson sangatlah sering dijumpai. Tidak hanya terjadi pada printer epson L405 saja namun untuk semua jenis printer.

Indikator atau ciri Printer harus direset dengan reseter


Ada satu salah satu ciri atau gejala yang muncul ketika ketika printer epson harus direset. Ciri tersebut yaitu notifikasi yang muncul pada komputer yang tehubung dengan printer. Berikut ini notifikasi yang muncul pada komputer dan sebagai ciri bahwa printer harus direset
  • Ink Pad Is At the End Of Its Service Live
  • Ink waste Is Full. 
Biasanya kedua notifikasi tersebut muncul ketika akan melakukan proses mencetak atau juga pada saat head cleaning.

Untuk gejala yang muncul pada printer biasanya berupa blinking pada indikator tinta dan kertas. Pada umumnya indikator yang muncul adalah berkedipnya lampu indokator tinta dan kertas secara bergantian (blinking), tetapi ada juga yang berkedipnya secara bersamaan tergantung tipe printernya.
Cara Reset Epson L405 Blinking [Waste Ink Counter Resetter]
Reseter Epson L405 (solusi error blinking service required)


Jika printer mengalami blinking dengan gejala harus direset, maka segera gunakan reseter untuk meresetnya. 

Pastikan reseter yang digunakan sesuai dengan tipe printer yang akan direset

Setelah membaca uraian singkat mengenai cici-ciri printer yang harus direset di atas, saya harap Anda bisa memahami apakah printer error karena  harus direset atau karena masalah lainnya. Selanjutnya kita akan bahas langkah-langkah cara reset printer epson L405 yang mengalami blinking sesuai dengan tema utama tulisan ini.

Cara Reset Printer Epson L405 dengan reseter


Untuk melakukan reset printer Epson L405, tentunya Anda memerlukan sebuah tools  yaitu reseter epson L405. Jika Anda belum punya silahkan dapatkan melalui tautan yang ada di bawah artikel ini.

  • Unduh reseter Epson L405
  • Ektrak hasil unduh dengan menggunakan winrar yang terbaru minimal versi 5.71. Jika menggunakan winrar dibawah versi tersebut bisanya akan terjadi error pada saat melakukan ekstrak file reseternya
  • Klik Adj Prog yang ada di dalam folder reseter hasil ekstrak


  • Setelah program reseter terbuka, selanjutnya pilih tombol select. kemudian pilih port yang terhubung dengan printer. Pada setingan default, pada setingan ini akan otomatis mengunakan pilihan auto selection. Sebenarnya walaupun menggunakan seitngan auto juga reseter akan bekerja, namun untuk mencegah terjadinnya error lebih baik di seting port nya. 



Pada gambar di atas tidak ada pilihan port L405 karena pada saat mengambil gambar untuk tutorial ini kompute sedang tidak terhubung ke printer Epson L405



  • Setelah seting port selanjutnya pilih tombol Particular adjustment mode. Pada menu adjusment mode pilih waste ini pad counter.




  • Pada menu waste ink pad counter selanjutnya centang mainpad counter dan klik initialize. Jika Anda penasaran ingin mengetahui level yang sudah terpakai, Anda bisa memilih tombol check. Nanti akan terlihat berapa point yang sudah terpakai dan selanjutnya pilih initialize.




  • Setelah tombol initialize di klik maka proses reset akan berlangsung dan muncul pop up atau perintah untuk mematikan printer.
  • Matikan printer kemduian nyalakan lagi.
  • Selesai. Anda sudah berhasil mereset printer epson L405 Anda.
  • Silahkan lakukan pengetesan.
  • Jika ternyata hasil test ada tinta yang tidak keluar, silahkan lakukan head cleaning. Namun jika tidak berhasil bisa dilakukan seperti pada artikel berikut ini

Reseter Epson L405


Jika Anda belum memiliki reseter untuk epson L405, Silahkan dapatkan melalui tautan berikut ini. 
Jika reseternya masih belum ada lisensinya sehingga terjadi error dan tidak bisa digunakan silahkan tulis ID hardware yang muncul pada keterangan error pada saat reseter dibuka pada komentar di bawah.



Password rar: www.technodand.net

Untuk mendapatkan lisensi silahkan catat kode ID PC anda yang muncul pada error saat buka reseter, Kemudian tulis kode tersebut pada kolom komentar dan cantumkan juga email Anda. 

Permintaan lisensi melalui form kontak dan whatsapp tidak akan ditanggapi

Demikianlah uraian cara mengetahui printer yang harus direset dan langkah-langkah cara reset printer epson L405. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Jika ada yang kurang dipahami bisa ditanya melalui komentar yang sudah disediakan atau juga melalui form kontak.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar