Printer Epson L3110 Paper Jam Beginilah Cara Mengatasinya [Melepas kertas Nyangkut]

Printer Epson L3110 Paper Jam Beginilah Cara Melepasnya [Melepas ertas Nyangkut]
Mengatasi Paper Jam Pada Printer Epson L3110
Ketas nyangkut pada printer epson 3110 atau istilah populernya printer L3110 paper jam. Memang sangat menjengkelkan apalagi jika sedang mengerjakan tugas dan harus cepat selesai. Untuk mengatasinya mungkin hanya 2 cara yaitu kita perbaiki dulu printernya atau bisa menggunakan jasa print.

Jika dokumen yang akan kita print hanya beberapa lembar, mungkin tidak masalah jika menggunakan jasa print ke orang lain. Namun beda cerita jika dokumen yang akan diprint cukup banyak, tentunya akan membutuhkan biaya yang lumayan. Tapi bagaimana pun itu menjadi hak anda untuk memilih mana yang kira-kira lebih baik.

Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah paper jam pada printer epson L3110. Adapun yang akan bahas adalah cara melepas atau membuang kertas yang nyangkut di dalam printer tanpa membuka casing. Namun sebelum ke pembahasan mari kita bahas dulu penyebab kertas nyangkut atau paper jam.

Penyebab Paper Jam pada printer Epson L3110


Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan kertas nyangkut pada saat print pada printer Anda. Sebenarnya bukan hanya untuk epson L3110 saja namun untuk semua printer.

  1. Kertas yang digunakan sudah rusak, kusut atau sobek
  2. Kertas yang digunakan lembab
  3. Ada isi staples pada kertas
  4. Ada benda asing yang menghalangi jalur kertas
  5. Komponen ASF atau komponen lainnya sudah mulai rusak dan harus diganti
Itulah yang bisanya menyebabkan printer paper jam, sebenarnya sangat banyak tapi 5 poin di atas sudah mewakili semuanya.

Dengan mengetahui 5 penyebab di atas setidaknya kita bisa mengurangi resiko terjadinya paper jam dengan cara selalu menggunakan kertas yang masih bagus, tidak ada staples dan selalu menjaga printer supaya tidak ada benda asing yang masuk ke dalamnya.

Cara melepas kertas yang nyangkut pada printer epson L3110 tanpa membuka casing


Sebenarnya melepas kertas yang nyangkut pada printer lebih gampang jika casing printer dibuka terlebih dahulu. Namun jika printer masih garansi tentunya sangat disayangkan jika harus membuka casing dan menghanguskan garansi printer. Jadi pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasinya.

Yang perlu diperhatikan sebelum mengikuti tutorial ini.

  1. Pastikan bahwa masalahnya adalah kertas nyangkut didalam printer 
  2. Bukan paperjam yang disebabkan masalah hardware misalnya kerusakan mekanik, kerusakan sensor atau kerusakan ASF (roll penarik kertas)
  3. Kertas yang nyangkut adalah potongan kecilnya dang nyangkut di dalam. 
  4. Jika terjadi paper jam silahkan lepas kertasnya dengan perlahan dan hati-hati, jika masih ada potongan kecil yang tertinggal di dalam silahkan iktu cara yang dijelaskan pada postingan ini

Melepas kertas yang nyangkut (paper jam) jika tidak lakukan dengan hati-hati dan perlahan biasanya akan membuat sensor kertas lepas dari dudukannya dan menimbulkan kerusakan lainnya

Sebagai bahan pembahasan, saya menggunakan printer Epson L3110 dengan masalah "ada sobekan kertas yang nyangkut di dalam pada jalur masuk kertas" Sobekan ini kemungkinan akibat kertas paper jam, oleh user dicabut namun ada potongan yang tertinggal di dalam printer dan menghalangi jalur kertas


Langkah-langkah melepas potongan kertas paper jam printer Epson L3110


Siapkan sebuah alat untuk mencongkel dan pinset yang berukuran panjang. Alat ini tidak mutlak, silahkan disesuaikan dengan alat yang Anda miliki.

Printer Epson L3110 Paper Jam Beginilah Cara Melepasnya [Melepas ertas Nyangkut]

Setelah alat sudah siap kemudian langsung kita lanjut ke tahap melepas kertas yang nyangkut.

Silahkan buka penutup bagian depan kemduian lipat selang infush supaya tidak mengalangi pas pengerjaan melepas kertas yang nyangkut. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Printer Epson L3110 Paper Jam Beginilah Cara Melepasnya [Melepas ertas Nyangkut]
Lipat selang infus seperti pada gambar
Congkel kemudian angkat bagian yang di lingkari seperti gambar (tidak tahu nama sistilahnya). Setelah sedikit terangkat kemudian ujungnya ganjal dengan penghapus atau benda apa saja (pada contoh gambar saya menggunakan kapasitor yang berbentuk kotak)


Kemudian lakukan lagi pada bagian lainnya namun tidak perlu diganjal seperti sebelumnya. Pada tahap ini silahkan tarik kertas yang nyangkut dengan menggunakan pinset.

Jika kertas susah ditarik (dilepas), silahkan dorong saja kertas yang nyangkutnya dengan menggunakan plastik mika atau kertas tebal, kemudian ambil sobekan kertas yang nyangkut tersebut dari belakang printer (tempat masuknya kertas)


Lakukan hal ini sampai tida ada lagi kertas yang nyangkut. Ingat jangan ada satu potong pun kertas yang tertinggal.


Jika dirasa sudah bersih, silahkan coba lakukan pengetesan. Untuk melakukan tes print pada printer Epson L3110 ini tidak perlu menggunakan PC karena sudah terdapat sistem scan sama seperti mesin photo copy.

Jika setelah kertas yangkut (paper jam) dilepas dan tidak ada yang tersisa namun printer masih menunjukan error paper jam, kemungkinan sensor kertasnya lepas. Untuk printer epson L3110 ini untuk memperbaiki sensor kertasnya harus membuka casing terlebih dahulu.

Lepasnya sensor kertas dari dudukannya biasanya dikarenakan mencabut/menarik kertas yang nyangkut secara paksa.


Itulah cara melepas kertas yang nyangkut pada printer epson L3110 tanpa harus membuka casing printer. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Terima ksiah atas kunjungannya dan jangan lupa share artikel sebagai dukungan untuk technodand.net

0 Comments

Posting Komentar