Printer epson L Series Error "Head cleaning can not complete"

Pada saat printer Epson anda hasil cetaknya cacat misalnya cetakan bergaris atau warna hasil cetak yang tidak sesuai. Itu bisanya disebabkan karena ada masalah pada print head. Masalah pada print head tersebut bisa karena nozzle print head buntu, pompa bermasalah, catridge kering atau paling parahnya print head mengalami error atau sudah lemah.

Untuk mengatasi keruskan cetakan tersebut jalan yang pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara head cleaning menggunakan komputer. Jika head cleaning tidak berhasil barulah melakukan langkah selanjutnya berupa perbaikan secara hardware.

Head cleaning can not complete


Baca Juga: Cara Mengetahui Komponen yang Rusak Penyebab Printer Epson seri L hasil Print Bergaris atau Bolong-bolong 

Error Head cleaning can not complete pada printer Epson L series


Melakukan head cleaning berkali-kali untuk megatasi hasil print yang cacat, biasanya akan menimbulkan counter level ini pada sistem printer berkurang. Keadaan ini akan menyebabkan tinta tertedeksi habis oleh sistem printer. Jika ini terjadi maka biasanya indikator tinta akan mulai berkedip.

Jika setelah lampu indikator tinta bekedip dan kemudian kita head cleaning lagi berkali-kali maka ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi yaitu sebagai berikut.

  1. Lampu indikator tinta akan menyala diam dan sudah waktunya untuk direset secara manual
  2. Muncul error  "Head cleaning can not complete" pada saat kita akan melakukan head cleaning.
Untuk cara  mengatasi permasalah poin 1 bisa di baca pada pembahasan Cara Reset Printer Epson L Series Secara Manual Tanpa Software . Untuk poin 2 akan kita bahas pada postingan ini.

Mengatasi error "Head cleaning can not complete" saat head cleaning



Tentunya akan sedikit menjengkelkan ketika kita menjumpai error ini. Bagaimana tidak, ketika printer hasilnya cetaknya bermasalah dan harus dihead cleaning tiba-tiba muncul error seperti ini. tapi tenang saja karena sebenarnya cara mengatasinya sangatlah mudah hanya dengan mengunakan sebuah program kecil yaitu reseter epson.

Silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Pastikan anda sudah mempunyai reseter sesuai dengan tipe printernya. Jika belum ada bisa diunduh pada tautan yang ada pada artikel berikut ini.

  1. Tutorial Rеѕеt Printer Eрѕоn L130 L220 L310 L360 L365 Blinking 100% solved dengan Reseter
  2. Reset Printer Epson L3110 Blinking [reseter epson L3110]
  3. Cara Reset Printer Epson L120 Indikator Berkedip [service required] [waste ink full]
  4. Cara Reset Printer Epson L110, L210, L300, L350 dan L355 dengan Mudah

Ingat reseter harus sesuai dengan printernya


  • Setelah reseter sudah diunduh, jagan lupa ekstrak terlebih dahulu. kemudian dobel klik adjprog yang ada pada folder reseter.  
  • Pilih tipe printer dan port yang terhubung ke printer kemudian klik OK
Printer epson L Series Error "Head cleaning can not complete" 

  • Selanjutnya pilih particular adjutment mode dan akan muncul menu berikutnya. Pada bagian ini silahkan pilih Ink charge / Cleaning.
Printer epson L Series Error "Head cleaning can not complete"


  • Pada menu Ink charge / Cleaning , centang NOT increment waste ink pad counter. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Setelah itu klik tombol Ink Charge.
Printer epson L Series Error "Head cleaning can not complete"

  • Pada saat tombol Ink Charge diklik nanti akan muncul peringatan. Langsung saja klik OK dan nanti akan muncul proses dari ink charge
Printer epson L Series Error "Head cleaning can not complete"


  • Tunggu proses sekitar 3 detik kemudian cabut kabel USB pada printer. Karena kabel usb dicabut, maka otomatis proses ink chage akan gagal dan muncul pesan error pada reseter.
Printer epson L Series Error "Head cleaning can not complete"

  • Terakhir silahkan nyalakan lagi. Pada tahap ini biasanya lampu indikator tinta akan menyala diam. Silahkan lakukan reset tinta secara manual.

  • Selesai. Silahkan coba lagi untuk head cleaning apakah sudah bisa? Jika gagal silahkan baca keterangan di bawah.
Ket: 

Jika printer masih tidak bisa head cleaning, coba lakukan seperti langkah di atas tetapi untuk tahapan mencabut usb coba ganti dengan mencabut kabel power listriknya. Setelah kabel listriknya dicabut, silahkan pasang lagi kabel listriknya dan nyalakan printernya. Jika lampu indikator tinta menyala diam (tidak berkedip) silahkan reset tinta secara manual.


Itulah cara mengatasi error Head cleaning can not complete pada printer epson seri L (Lseries). Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Segala risiko akibat mengikuti cara pada artikel ini diluar tanggung jawab kami

0 Comments

Posting Komentar