Cara Mendapatkan VPS Gratis dari Google Cloud 100% Berhasil

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana cara mendapatkan VPS gratis dari Google. Pasti udah tau kan apa itu VPS,? Untuk yang sudah berkecipung didunia internet khususnya blogging pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini.

Cara Mendapatkan VPS  Gratis dari Google


Apa Itu VPS?


Sebuah Virtual Private server (VPS), juga disebut virtual dedicated server (VDS), adalah sebuah virtual server yang muncul untuk pengguna sebagai dedicated server, tetapi yang sebenarnya diinstal pada komputer yang melayani beberapa website. Satu komputer dapat memiliki beberapa VPS, masing-masing dengan sistem operasi (OS) sendiri yang menjalankan perangkat lunak hosting untuk pengguna tertentu.

VPS ini layaknya sebuah virtualbox yang diinstal pada PC

 Apa saja fungsi dari VPS?

Layaknya sebuah Komputer PC VPS bisa bisa digunakan untuk instal os, sebagai penyimpanan data dan sebagainya. Atau secara garis besar vps ini bisa digunakan untuk beberapa hal di bawah ini.

1. Digunakan web server menggantikan fungsi hosting
2. Sebagai RDP atau server remote desktop
3. Host server untuk VPN
4. Sebagai storage server

Bagaimana cara mendapatkan VPS Gratis


Sebenarnya sangat banyak Vendor yang menyediakan VPS namun tentunya tidaklah gratis dan Untuk VPS harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan share hosting. Sebagai contoh misalnya Digital ocean dan vultr, VPS yang termurah adalah seharga $5 untuk setiap bulannya.

Cara Mendapatkan VPS  Gratis dari Google


Untuk yang sudah punya penghasilan besar mungkin tidak akan menjadi masalah, namun untuk yang ingin belajar dan belum punya penghasilan besar, harga $5 perbulan adalah nilai yang sangat besar.

Namun jangan kuatir, jika Anda ingin belajar VPS misalnya ingin instal wordpress di VPS, Anda bisa menggunakan layanan uji coba dari google cloud dan tentunya gratis 100%.  Anda bisa memanfaat kan saldo sebesar $300 yang diberikan cuma-cuma oleh google untuk ujicoba produk google, dalam hal ini misalnya membuat VPS.

Syarat mendapatkan saldo $300  untuk VPS gratis dari google


Sesuatu yang gratis dapat kita dapatkan namun tentunya pasti ada syaratnya. Begitu juga dengan layanan google ini. Sebelum kita mendapatkan saldo sebesar $300 kita harus daftar dan memasukan data kartu kredit.

Kartu credit bisanya jarang dimiliki apalagi oleh orang yang belum punya penghasilan. Namun Anda tidak perlu kuatir karena untuk mendapatkan gratis $300 anda bisa menggunakan kartu debet DBS dari DIGIBANK. Sebelumnya bisa menggunakan virtual card Jenius dari Bank BTPN. Namun untuk sekarang virtual card Jenius sudah tidak bisa digunakan lagi. Untuk VCN saya belum mencoba lagi apakah masih bisa atau tidak.

Setelah Anda memiliki persyaratnya, Anda tinggal daftar, masukan detail kartu maka Saldo $300 akan langsung masuk ke akun google cloud Anda. Untuk detail cara klaim saldonya bisa disimak pada poin-poin dibawah ini.

Mendaftar Google Cloud dan klaim saldo $300 gratis


Pertama-tama silahkan masuk ke cloud.google.com, kemudian perhatikan tombol get started for free. Silahkan klik tombol tersebut.



Atau juga bisa masuk ke sini console.cloud.google.com dalam keadaan login ke akun googlenya. kemudian klik tombol aktifkan yang terletak di pojok kanan atas.



Selanjutnya isi semua data yang dibutuhkan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini. Isi negara dimana Anda berada jangan lupa ceklis term of service atau persyaratan layanan kesmudian klik tombol lanjutkan


Cara Mendapatkan VPS  Gratis dari Google




Selanjutnya isi semua data yang diminta pada form yang sudah disediakan. Ada beberapa yang perlu diperhatikan.

  1. Untuk Account Type harus memilih individual (perorangan). Jika Anda memilih tipe bisnis maka anda wajib memasukan No NPWP.
  2. Untuk nama dan alamat saya menggunakan nama dan alamat asli sesuai kartu atau data bank, belum dicoba pakai alamat random.
  3. Harus ada saldo sekitar 16 ribu untuk verifikasi. Saldo tersebut akan ditarik oleh google tapi nani akan dikembalikan lagi.


Cara Mendapatkan VPS  Gratis dari Google

Untuk pengisian data kartu silahkan isi no kartu, tanggal kadaluarsa kartu dan CVV yang letaknya berada di belakang kartu credit Anda.


Cara Mendapatkan VPS  Gratis dari Google


Setelah semua data diisi silahkan klik "start my free trial" atau "mulai ujicoba gratis saya"


Cara Mendapatkan VPS  Gratis dari Google


Sampai tahap ini Anda sudah berhasil mendapatkan Google cloud gratis dengan saldo sebesar $300 dan dapat dipakai selama 1 tahun. 

Namun meskipun belaku satu tahun jika saldonya sudah habis maka tidak bisa dipakai gratisan lagi. Dengan demikian silahkan gunakan dengan sebijak mungkin supaya lebih awet.

Jika saldo sudah habis nanti akan ada peringatan dari google. Jadi tidak akan langsung memotong saldo kartu credit atau debit DBS Anda. Namun jika Anda ragu, Anda bisa mematikan semua layanan di google cloud sebelum saldo benar-benar habis.

Cara Mendapatkan VPS  Gratis dari Google


Dengan akun google cloud ini kita bisa membuat vps untuk hosting wordpress atau juga untuk membuat RDP.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara mendapatkan VPS gratis dari google cloud. untuk cara membuat VPS dan instal websitenya akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Disklaimer: 

Cara mendapatkan VPS gratis dari google yang dijelaskan pada artikel ini sewaktu-waktu tidak berlaku lagi karena kebijakan dari pihak google yang semakin ketat.