Mengatasi Printer Canon Error Tidak Bisa Print

Mengatasi Printer Canon Error Tidak Bisa Print - Mengatasi Printer Canon  Error E02, E03, E04, E05, Error 1000, Error 1203, error 1300, Error 1687, Error 1401, Error 1403, Error 1485, error 1684 - Meskipun pada era digital seperti sekarang ini, di mana semua data telah terdigitalitasi menjadi sebuah sistem yang paperless (tanpa kertas atau sedikit dalam menggunakan kertas) namun tetap saja kita tidak bisa menafikan bahwa keberadaan printer masih sangat dibutuhkan untuk mencetak data ke dalam bentuk fisik atau kertas. Maka dari itu printer sangat penting dalam membantu setiap pekerjaan.



Dengan begitu pula sudah seharusnya kita paham cara mengoperasikan printer sekaligus kita juga seharusnya mengetahui cara mengatasi printer ketika error. Meskipun kita masih bisa meminta bantuan pada teknisi, namun tidak ada salahnya bagi kita untuk memperbaiki printer sendiri bukan? Terlebih hal ini akan membuat keuntungan tersendiri bagi kita. Mengingat terkadang kita kesusahan untuk menghubungi teknisi, namun ketika kita mampu untuk memperbaikinya sendiri, kita akan langsung mengeksekusinya tanpa menunggu teknisi. Meskipun tidak menutup kemungkinan di tengah perbaikan, kita bisa menghubungi teknisi untuk segera membantu.

Seperti perangkat elektronik lainnya, printer pun bisa mengalami kerusakan atau error. Mulai dari masalah kertas yang tersangkut, tinta yang tidak keluar dan masih banyak lagi permasalahan-permasalahan pada printer. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Permasalahan Pada Printer Canon MP285 atau Canon MP287


Error E02 (Printer is Out of Paper)


Error ini biasanya terjadi karena kertas pada printer habis atau pun jika kertas masih ada namun error message ini tetap muncul. Untuk mengatasinya cukup mudah, Anda bisa mencoba untuk mengeluarkan semua sisa kertas yang ada pada printer lalu memasukkannya kembali. Kemungkinan hal ini bisa terjadi dikarenakan kertas tidak masuk dengan tepat.

Error E03 (Paper Jam)


Masih dengan permasalahan kertas sama seperti Error E02 diatas. Hanya saja pada Error E03 ini, error message yang muncul dikarenakan kertas yang masuk biasanya tersangkut (stucked atau jammed). Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mencoba beberapa alternatif diantaranya:

  • Keluarkan kertas yang tersangkut dan semua kertas kosong yang ada pada printer. 
  • Usahakan untuk tidak menarik kertas yang tersangkut dengan terlalu keras karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen printer. 
  • Kemudian setelah itu, masukkan kembali kertas kosong tersebut dan restart printer.
  • Apabila error message masih saja muncul, cobalah untuk memeriksa apakah ada benda asing yang masuk ke roller kertas sehingga menyebabkan kertas macet.
  • Apabila masih belum berhasil, kemungkinan terjadi kerusakan pada roller kertas atau pun sensor kertas yang terletak di sebelah atas roller kertas. 

Error E04 atau Error E05 (Ink Catridge cannon be recognized)


Lain dengan dua error di atas, Error E04 atau Error E05 ini terjadi karena adanya masalah pada catridge. Seperti board pengenal catridge yang basah, kotor atau mungkin rusak. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencabut catridge (semuanya) lalu bersihkan elemen tembaga yang berwarna kuning emas di bagian belakangnya dengan tissu kering. Kemudian setelah itu pasang kembali catridge tersebut.


Error E07 (Ink Catridge is not installed in the correct position)


Error E07 ini hampir sama dengan error sebelumnya, error message ini muncul karena adanya masalah pada catridge. Biasanya disebabkan oleh posisi catridge yang tidak dipasang dengan tepat. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengatasinya dengan mencabut catridge terlebih dahulu, kemudian memasangnya kembali dengan posisi yang benar.

Apabila error message ini tetap muncul meskipun catridge sudah benar-benar dipasang dengan tepat, maka Anda perlu mereset printer dengan menggunakan software khusus, yaitu Canon MP285 MP287 Reseter. Namun perlu diperhatikan ketika mendownload software seperti ini karena ada kemungkinan file yang Anda download telah tersusupi atau disusupi virus. Pastikan antivirus Anda bekerja dengan optimal dan terupdate.

Error E08 (Ink absorber is almost full)


Di dalam sebuah printer dengan tinta yang berbentuk cair, terdapat pula busa yang berfungsi untuk menyerap tinta yang menetes pada catridge saat proses printing. Atau pun tinta yang mungkin tumpah ke dalam printer secara tidak sengaja.

Meskipun beberapa printer memiliki sensor untuk mendeteksi volume tinta yang diserap busa penyerap atau absorber, namun hal itu kerap kali tidak akurat. Oleh sebab itu, idealnya bongkar printer Anda terlebih dahulu, kemudian lepas ink absorber (busa penyerap tinta) dan bersihkan lalu pasang kembali.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan hal di atas, yaitu dengan mereset terlebih dahulu printer Anda dengan software resetter seperti yang kita bahas sebelumnya. Karena ada kemungkinan ink absorber pada printer tersebut tidak benar-benar penuh, melainkan hanya terjadi kesalahan perhitungan oleh sistem pada printer.

Error E13 atau E16 (Ink has run out)


Error ini terjadi seperti tinta yang habis atau hampir habis, namun jika Anda yakin tinta dalam catridge masih banyak atau mungkin belum lama diisi ulang. Anda bisa menekan tombol STOP/RESUME pada printer sampai indikator atau display kecil pada printer menunjukkan angka 1.

Error P02 (Catridge Error)


Error message ini terjadi karena adanya masalah pada catridge. Umumnya karena ada benda asing yang masuk ke roller atau encoder yang kotor. Encoder merupakan lintasan catridge berupa plastic mika yang membentang dari ujung kiri ke ujung kanan yang berada di dalam printer.

Encoder pada printer ini rentan kotor karena cipratan tinta saat pengisisan atau saat proses percetakan. Jika encoder ini kotor maka sebaiknya segera dilepas kemudian bersihkan. Selain disebabkan oleh encoder, mungkin juga disebabkan oleh board pada catridge yang kotor.

Permasalahan Pada Printer Canon MG2500


Error 1000


Error 1000 ini disebabkan oleh kertas pada tray habis. Untuk memperbaikinya yaitu dengan cara memasukkan kertas pada tray (bagian belakang) lalu menekan tombol reset hingga printer menyala seperti biasa.

Error 1203


Beberapa printer khususnya pada printer Canon, tidak mengijinkan pengguna membuka penutup printer pada saat proses printing berlangsung. Salah satunya error message ini muncul karena hal itu. Membuka penutup pada saat proses printing berlangsung akan menggeser catridge ke posisi recovery. Sedangkan posisi recovery digunakan untuk mencabut catridge atau mengisi tinta. Jika hal ini terjadi, Anda hanya perlu menutup kembali penutup printer lalu menekan tombol reset.

Error 1300


Error message ini hampir sama dengan paper jam, disebabkan oleh adanya kertas yang tersangkut pada roller keluaran atau mungkin ada benda asing yang menyebabkan kertas jadi tersangkut.

Cara untuk mengatasinya adalah yang pertama pastikan printer dimatikan terlebih dahulu, kemudian cabut kertas yang tersangkut dengan hati-hati, usahakan untuk tidak terlalu keras pada saat menariknya karena dapat menyebabkan komponen printer menjadi rusak, lalu pastikan tidak ada benda asing yang tertinggal di dalamnya, kemudian setelah itu nyalakan kembali printer seperti biasa.

Error 1687, Error 1401, Error 1403 atau Error 1485


Error message kali ini pun masih tentang permasalahan pada catridge. Biasanya karena catridge tidak terpasang dengan tepat. Untuk mengatasinya Anda perlu melepas catridge lalu memasangnya kembali dengan memastikan posisi yang tepat ketika memasangnya.

Error 1684


Cara untuk mengatasi error message ini adalah dengan mereset printer dengan cara menekan tombol reset dan menahannya selama kurang lebih 5 detik. Biasanya setelah itu printer akan memproses dan menyala seperti biasa, namun jika masih muncul error message ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti catridge degan yang baru karena kemungkina catridge tersebut rusak atau tidak lagi kompatibel dengan printer Anda.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan pada saat printer bermasalah. Jika memungkinkan Anda juga bisa menghubungi teknisi untuk membantu mengatasi permasalahan pada printer Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Penulis: Megita Rubi