Proyektor Sony VPL- EX7 Sering Mati atau Menyala Sebentar

Proyektor Sony VPL- EX7 Sering Mati atau Menyala Sebentar - Pada pembahasan ini technodand akan membagi pengalaman cara memperbaiki kerusakan yang terjadi pada poyektor atau juga sering disebut dengan nama infocus.

Proyektor Sony VPL- EX7 Sering Mati atau Menyala Sebentar
Perbaikan projector sony VPl-EX7


Jenis Kerusakan Pada Projector atau Infocus


Banyak sekali jenis kerusakan yang biasanya terjadi pada proyektor ( projector ). Kerusakan ini ada yang masih bisa diperbaiki namun ada juga yang sudah parah dan tidak mungkin untuk diperbaiki lagi karena kemungkinan  biaya suku cadang yang susah didapat atau harga suku cadang yang hampir mendekati harga unit proyektor tersebut. Berikut ini ada beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada proyektor:
  • Proyektor mati total
  • Proyektor sering mati
  • Proyektor hanya menyala sebentar
  • Lampu proyektor mati
  • Proyektor hidup tapi tidak bisa dinyalakan
  • Terdapat bintik pada display proyektor
  • Display hasil proyektor menjadi buram dan kekuningan
  • Dan banyak lagi kerusakan yang biasa terjadi pada proyektor
Dari semua poin di atas pada kesempatan ini yang akan kita bahas adalah cara perbaikan proyektor sony VPL-EX7 dengan kerusakan menyala hanya sebentar, sering mati, hanya bisa standby atau bahkan tidak bisa menyala.

Untuk kerusakan tidak bisa menyala di sini yaitu proyektor mati total atau menyala tetapi hanya bisa standby saja ( lampu power menyala merah ). Cara perbaikan yang akan dijelaskan disini adalah berdasarkan pengalaman dalam perbaikan proyektor khususnya tipe Sony VPL- EX7. 

Penjelasan perbaikan projector Sony VPL- EX7 ini tidak akan panjang lebar misalnya dengan tehnik pengukuran atau teori elektronika lainnya. Hal ini karena memang saya bukan seorang teknisi elektronika profesional.. sehingga penjelasannya pun akan langsung ke pokok permasalahan saja.

Langkah perbaikan Projector Sony VPL-EX7 yang sering mati atau menyala hanya sebentar


Berdasarkan pengalaman untuk proyektor tipe ini sering mengalami kerusakan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu susah menyala, menyala hanya sebentar atau bahkan mati total. Dari sekian banyak yang pernah diperbaiki ternyata penyebabnya hampir semuannya sama yaitu salah satu komponen pada  bagian power supply sudah lemah atau sudah mati.

Komponen tersebut yaitu sebuah IC dengan bentuknya seperti transistor namun memiliki 6 buah kaki atau pin. Untuk perbaikannya silahkan ikuti langkah di bawah ini

Langkah pertama perbaikan adalah membongkar casing atau cover dari proyektor tersebut. Jika anda merasa kesulitan membuka casingnya, anda bisa melihatnya pada video di akhir postingan.

Setelah casing bagian atas dibongkar atau dilepas, langkah selanjutnya lepas mainboard beserta dudukannya. Namun sebelum dilepas, jangan lupa untuk melepas kabel fleksibel yang ditandai pada gambar di bawah ini.

Maiboard proyektor

Pasa saat melepas kabel fleksibel tersebut, lakukan dengan hati-hati jangan sampai socketnya rusak atau kabelnya sobek.

Setelah bagian mainboard dibongkar, langkah selanjutnya perhatikan bagian yang diberi tanda. Bagian tersebut adalah modul power supply. Bagian inilah yang akan kita perbaiki.

Proyektor Sony VPL- EX7 Sering Mati atau Menyala Sebentar
Modul power supply proyektor

Lepas bagian power supply kemudian perhatikan komponen yang diberi tanda, komponen inilah yang sering mengalami kerusakan dengan gejala susah dinyalakan, sering mati atau menyala hanya sebentar.

Proyektor Sony VPL- EX7 Sering Mati atau Menyala Sebentar
Komponen yangs ering rusak

Silahkan lepas komponen tersebut kemudian ganti dengan yang baru. Untuk hasil yang terbaik, gunakna komponen IC pengganti dengan kualitas yang bagus. Karena berdasarkan pengalaman, jika diganti dengan IC yang harganya murah biasanya tidak akan bertahan lama.

Proyektor Sony VPL- EX7 Sering Mati atau Menyala Sebentar
Ganti dengan IC yang Bagus


Proyektor Sony VPL- EX7 Sering Mati atau Menyala Sebentar
Melepas IC

Jika sudah dilakukan penggantian komponen IC silahkan lakukan pengetesan apakah proyektor sudah bekerja dengan normal..? Jika sudah menyala coba masukan sinyak input misalnya dari komputer. Jika proyektor bekerja dengan baik, coba runing selama 6 jam. Jika selama 6 jam proyektor tidak mati, berarti anda sudah berhasil memperbaikinya.

Proyektor Sony VPL- EX7 Sering Mati atau Menyala Sebentar
Pengetesan  proyektor

Untuk cara membongkar proyektor dalam bentuk video, anda bisa menyimaknya  pada video berikut ini.





Vtulah pengalaman cara memperbaiki proyektor sony dengan tipe VPL-EX7 sering mati atau menyala hanya sebentar, semoga bisa memberikan manfaat untuk anda semuanya. Terima kasih sudah berkunjung.