Memperbaiki Scanner Honeywell LXE MX8 Tidak konek ke Jaringan

Scanner Honeywell  LXE MX8 adalah sebuah sebuah komputer portable atau mobile komputer   yang dilengkapi dengan scanner. LXE MX8 atau Honeywell LXE MX8 ini biasanya digunakan untuk input data barang misalnya di gudang di sebuah perusahaan , serta untuk kebutuhan input data lainnya. Koneksi data yang digunakan pada scanner ini adalah menggunakan jaringan wifi, sama seperti halnya komputer atau laptop.

Langkah-langkah cara memperbaiki Scanner LXE MX8 versi technodand.


Sebelum ke pemeriksaan bagian hardware, langka pertama adalah perbaikan secara software, untuk mengatasi masalah tidak konek ke jaringan wifi, pertama-tama silahkan cek semua setingan yang berhubungan dengan konenksi wifi.. Jika semua setingan sudah benar. cobalah reset ecara software. Reset yang dimaksud adalah mengembalikan setingan ke defaultnya.

Untuk cara mereset setingan LXEMX8 ini anda bisa membacanya pada postingan sebelumnya.

Baca Juga: Scanner LXE MX8 Tidak Bisa Scan Barcode, INILAH Cara Mengatasinya

Jika setelah dilakukan reset, scanner masih belum bisa konek ke jaringan wifi. Langkah selanjutnya adalah pemeriksaan hardware, yaitu mulai dari reset secara hardware sampai penggantian komponen. Namun sebelum ke tahap pengganti komponen, lakukan reset hardware. Untuk cara mereset secara hardware yaitu dengan mencabut kabel baterai yang ada di dalam sehingga  anda harus membongkarnya telebih dahulu..

Scanner Honeywell  LXE MX8 Tidak konek ke Jaringan
Socket baterai  untuk reset
Untuk tutorial cara membongkarnya bisa dilihat pada postingan berikut ini.

Baca Juga: Cara Bongkar Scanner LXE MX8 Mobile Computer  
    Pada saat membongkar scanner ini, lakukan dengan hati-hati karena ada beberapa kabel yang mudah putus sehingga tidak menambah kerusakan karena proses pembongkaran.

    Jika casing bagian belakang sudah dilepas, perhatikan gambar di bawah. Pada gambar ada sebuah komponen yang diberi tanda anak panah. Komponen tersebut adalah sebuah modul wifi. Jika komponen tersebut bermasalah akan menyebabkan perangkat tidak bisa konek ke jaringan wifi.

    Untuk tindakan pertama, anda jangan dulu mengganti komponen tersebut, namun cukup membersihkan pin pada soketnya saja ( soket yang ada pada mainboard ). Unutk membersihkan pin  tersebut, anda harus melepas bagian modul wifinya terlebih dahulu.

    Scanner Honeywell  LXE MX8 Tidak konek ke Jaringan
    Modul wifi
    Cara melepas modul wifi pada scanner LXE MX8 sangat mudah. Yaitu dengan  melepas kabel fleksibel yang menghubungkan mainboard dengan modul laser terlebih dahulu, kemudian geser modul wifi seperti pada gambar di bawah. Setelah itu lepas kedua kabel antenanya.
      Scanner Honeywell  LXE MX8 Tidak konek ke Jaringan
      melepas modul wifi

      Jika modul wifi sudah dilepas, langkah selanjutnya bersihkan pin socket modul wifi pada mainboard dengan menggunakan sikat atau sejenisnya. Setelah itu rakit kembali scanner dan coba lakukan pengetesan koneksi wifi... Apakah sudah bisa konek ke wifi....? Jika masih belum bisa konek, coba ganti modul wifinya dengan yang masih bagus.

      Scanner Honeywell  LXE MX8 Tidak konek ke Jaringan
      Modul wifi
      Jika setelah penggantian modul wifi, scanner masih belum bisa konek. Berarti yang mengalami kerusakan adalah bagian mainboard. Untuk perbaikan mainboard mohon maaf saya tidak bisa memberikan tutorialnya.. Saran saya dari pada membeli mainboard yang baru lebih baik membeli satu unit scanner LXE MX 8 yang baru...

      Itulah pembahasan cara mengatasi scanner LXE MX 8 yang tidak bisa konek ke jaringan wifi. Mohon maaf jika banyak kekurangan. Jika ada pertanyaan atau masukan mengenai artikel di atas, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah postingan.  Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. jangan lupa untuk like,share dan subscribe technodand.net