Mengatasi General Error Pada Printer Epson C90 T11 Lampu Tombol Resume Menyala

Technodand pada kesempatan ini akan membahas tentang cara mengatasi General error pada printer Epson C90 . Seperti yang kita tahu bahwa printer ini termasuk printer yang sudah lawas, namun  tidak sedikit user yang masih menggunakannya. Mungkin karena cinta atau apa,, hal itu saya tidak tahu :-).

Semakin lama printer digunakan maka kemungkinan rusak atau terjadi error pun akan semakin besar. Begitu juga dengan printer C90, ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada printer ini, mulai dari masalah hasil cetak, suara yang berisik, tinta tidak terdeteksi, general error dan lain-lain. Namun pada tulisan yang akan dibahas technodand adalah kerusakan general error pada printer Epson C90 ini

Mengatasi General Error Pada Printer Epson C90 T11  Lampu Tombol Resume Menyala
Epson C90 General Error


# Mengapa bisa terjadi general error


Sebuah printer semakin lama digunakan pasti resiko tingkat kerusakan atau error yang terjadi semakin besar. Tidak hanya terjadi pada printer C90 ini, namun berlaku untuk semua jenis dan merek printer. Hal ini karena semakin lama printer digunakan maka komponen penyusunnya pun akan mengalami penurunan kemampuannya baik itu Printhead, Motor, ASF, sensor dan yang lainnya.

Baiklan kita kembali ke pokok pembahasan tentang mengatasi general error pada printer epson C90. General error ini adalah error yang sifatnya umum jadi penyebab errornya tidak hanya disebabkan oleh satu komopnen saja, namun hampir semua komponen bisa menjadi akibat penyebab terjadinya general error. Baik itu dari karena faktor  komponen yang berada dalam priner itu sendiri maupun faktor dari luar.

# Cara mengatasi general error Printer Epson C90


Sebelum ke tahap perbaikan, ada beberapa ciri atau gejala yang muncul ketika printer Epson C90 ini mengalami general error.
  1. Error yang muncul berupa menyalanya lampu indikator pada tombol resume, dan indikator power akan mati.
  2. Error biasanya terjadi pada saat mulai dinyalakan, sebelum printer standby, pada saat menarik kertas, pada saat proses print dan banyak lagi.
Untuk lebih mengenal general error pada printer ini, marilah kita simak beberapa penyebab terjadinya error dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

# General error yang disebabkan karena faktor luar


Yang dimaksud dengan general error yang disebabkan faktor dari luar adalah general error yang terjadi karena berbagai faktor namun bukan dikarenakan adanya kerusakan komponen, melainkan karena keteledoran dari penggunaya, misalnya terjadi general error karena ada benda asing yang masuk ke  dalam printer dan menghalangi  laju gerak rumah head, pemasangan kabel infus yang tidak tepat sehingga menghambat laju gerak rumah head, dan sebagainya.

Untuk mengatasi masalah ini anda cukup memeriksanya saja dari kemungkinan adanya benda asing yang masuk ke dalam printer dan menggangu proses kerja printer. Tahap ini adalah tahap awal ketika kita melakukan perbaikan sebelum ke tahap lanjut yaitu memeriksa semua komponen pendukung pada printer

# General error yang disebabkan karena ada kerusakan pada komponen 


General error ini terjadi karena ada komponen yang sudah mengalami kerusakan, atau bahasa kerennya " sudah aus ". memang kompoenen mananya tidak bisa dipastikan, namun berdasarkan pengalaman technodand, ada beberapa komponen yang sering menyebabkan terjadinya general error pada printer Epson C90. berikut ini beberapa komponen yang bisa menyebabkan terjadinya general
error pada printer Epson C90

  • Selang infus yang sudah mulai mengeras 


Untuk  printer Epson C90 yang menggunakan sistem infus, Jika printer tersebut mengalami general error, maka komponen selang infus lah yang pertama kali harus periksa. Mengapa demikian...?  hal ini karena selang infus yang sudah digunakan cukup lama biasanya akan mulai mengeras. Dan mengerasnya selang infus ini akan berakibat terganggunya pergerakan rumah head pada saat printer digunakan sehingga menyebabkan terjadinya general error.
Untuk memperbaiki general error karena faktor ini caranya hanya satu yaitu mengganti selang infus dengan yang baru atau yang masih bagus. Selain itu juga penempatan atau metode pemasangan selang infus yang kurang tepat juga bisa menjadi sumber penyebab terjadinya error.

Untuk memastikan bahwa penyebab general error adalah dari selang infus, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.
  1.  Bongkar casing printer Epson C90 anda
  2. Setelah itu pasang kembali catridge dengan selang infusnya tanpa menggunakan casing printer
  3. Silahkan hidupkan printer kemudian tes print gambar atau coba head cleaning. Jika printer berjalan normal tanpa general error berarti bisa dipastikan bahwa penyebab general error adalah sistem selang infunya yang kurang tepat atau selang infus yang sudah tidak fleksibel (mulai mengeras)
Jika penyebab general erro rsudah dipastikan dari selang infus yang rusak atau pemasangan yang kurang tepat, silahkan segera ganti selang infusnya dan rubah sistem penempatan selang infusnya sudapya tidak mengganggu pergerakan rumah catridge. Sebagai contoh dibawah ini adalah gambar perubahan selang infus sebelum dirubah ( menyebabkan general error ) dan satunya lagi adalah penempatan selang infus yang sudah di rubah.

Mengatasi General Error Pada Printer Epson C90 T11  Blinking
cara memasang selan infus yang benar


  • CR motor ( Motor Carrriage )


 CR motor adalah motor yang berfungsi untuk mengerakan rumah catridge ke kiri dan ke kanan yang letaknya disebelah kanan. Untuk printer yang sudah digunakan cukup lama biasanya pada Motor Cr tersebut putarannya sudah cukup berat sehingga kerja driver motor pada mainbord akan bekerja lebih berat sehingga bisa menyebabkan general error. Penyebab putaran motor menjadi berat biasanya dikarenakan adanya penumpukan serbuk karbon di dalam motor Cr tersebut sehingga menggangu putaran motor.

Mengatasi General Error Pada Printer Epson C90 T11  Blinking
Motor carriage Epson C90


Untuk mengatasi kerusakan ini, sebagai pertongan pertamanya, anda bisa mengakalinya dengan cara berikut ini.
  1. Bongkar CR Motor, kemudian coba putar rotornya dengan tangan. Jika terasa berat, lanjut ke langkah berikutnya.
  2. Coba ketuk-ketukan bagian bawah motor ke lantai, biasanya akan keluar serbuk karbon yang cukup banyak,,, Lakukan dengan perlahan sampai bubuk karbon nya habis.
  3. Setelah bubuk karbonya berhasil di keluarkan, coba putar lagi rotornya dengan tangan. Apakah gerakannya sudah terasa ringan..? Jika sudah terasa ringan Silahkan coba lakukan pengetesan dengan cara memasangnya kembali pada printer. 
  4. Jika pada saat rotor pada motor CR diputar terasa ringan namun putarannya tidak halus, berarti motor CR sudah tidak bisa digunakan lagi. Karena jika tetap digunakan, maka akan menyebabkan terjadinya general error
  5. Coba ganti dengan menggunakan Motor CR yang masuh bagus
Jika motor CR masih bagus, langkah selanjutnya cek bagian Cap Unit atau mekanik Ink Pad Cap

  • Cap Unit


Cap Unit atau ink pad cap adalah part yang berada dibawah print head pada saat posisi print head sedang standby. Komponen ini berfungi untuk menyedot sisa sisa tinta pada print head dan menyedot tint adari print head pada saat printer melakukan head cleaning.  Pada beberapa kasus yang technodand alami, bagian cap unit ini biasanya menjadi salah satu penyebab terjadinya general error.

Mengatasi General Error Pada Printer Epson C90 T11  Blinking
Cap Unit Epson C90


General error yang terjadi karena kerusakan pada bagian ini biasanya terjadi sebelum printer standby. Adapun kerusakan yang terjadi pada bagian ini biasanya ada bagian yang patah atau posisi selang yang terhubung ke pompa unit tidak tepat akibatnya menggangu pergerakan dari cap unit tersebut. Untuk memastikan apakah bagain cap unit dalam keadaan bagus tau tidaknya, silahkan lakukan beberapa langkah berikut ini.
  1. Matikan printer
  2. Geser posisi rumah catridge ke tengah-tengah. Jika rumah catridge tidak bisa digeser, silahkan tekan penguncinya yang berwarna putih tepat di sisi kiri bawah rumah catridge.
  3. Langkah selanjutnya gerakan cap unit ke sebelah kanan kemudian  setelah itu geser kembali kesabelah kiri. Pada saat menggeser cap unit ke kanan kemudian ke kiri,, apakah gerakannya lancar atau ada yang menghalagi. Berdasarkan pengalaman biasanya pada bagian ini ada bagian yang patah atau posisi selang yang tidak tepat sehingga mengganggu pergerakan cap unit
  4. Jika cap unit tidak ada masalah kita lakukan pengecekan komponenyang lainnya
Mengatasi General Error Pada Printer Epson C90 T11  Blinking
Geser ke kanan kemudian ke kiri

    •  Jalur gerak rumah catridge


    bagian ini adal tempat bergesernya rumah catridge. bagian ini biasanya diberikan pelumas atau grease sehingga gerakan rumah catridge tidak berat. Untuk printer yang sudah cukup tua biasanya grease nya sudah habis atau bercampur dengan debu sehingga menjadi kesat akubatnya pergeseran rumah catridge menjadi terganggu dan menyebabkan general error.

    Mengatasi General Error Pada Printer Epson C90 T11  Blinking


    Untuk langkah perbaikannya cukup mudah, anda tinggal membersihkan bagian ini dengan menggunakan kain bersih kemudian olesi dengan grese yang masih bagus..

    • Motherboard 


    Motherboard adalah otak dari sebuah printer, bagian inilah yang mengatur semua proses yang terjadi pada printer termasuk, proses print, head cleaning, dan yang lainnya. Berdasarkan pengalaman, bagian ini juga bisa mengakibatkan terjadinya error pada printer C90 ini. Namun pengecekan bagian ini adalah langkah terakhir setelah komponen yang lainnya sudah di periksa.

    Motherboard Epsn C90 atau T11



    Kesimpulan..

    Kerusakan General error memang penyebabnya tidak bisa dipastikan, oleh karena ini diperlukan analisa terhadap error yang terjadi dengan cara memperhatikan semua gejala dan proses yang muncul. Adapun urutan dalam perbaikan printer berdasarkan uraian di atas adalah dumulai dengan pengecekan komponen luar seperti pengecekan selang tinta, kemudian pemeriksann bagian dalam terhadap kemungkinan ada benda asing yang menghalangi gerakan atau proses printer. setelah itu barulah dilanjutkan dengan pemeriksaan semua komponen pendukung

    Itulah cara langkah-langkah cara memperbaiki printer Epson C90 yang mengalami general error, semoga bermanfaat. akhir kata saya mengucapkan terima kasih atau kunjungannya. Jangan lupa like, share dan subscribe www.technodand.net.