Perbaikan Printer Epson L series L110 L210 L220 L300 L310 L555 L360 L365 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali

Tinta tidak keluar pada printer epson L series seperti L110, L210, L300, L310, L220, L360, L555, L360  Itulah salah satu keluhan yang saya dengar dari user yang datang untuk memperbaiki printer-nya. Dia datang dengan membawa sebuah printer buatan epson dengan  tipe seri L yaitu Epson L300.

Berdasarkan keterangan yang saya dapatkan dari user tersebut, ternyata  printernya bisa dikatakan masih belum lama dipakai karena setelah dihitung dari tanggal pembelian, printer tersebut baru digunakan selama 4 bulan serta dengan pemakaian yang wajar.

Setelah mendengar ceritanya saya langsung percaya karena memang dari fisiknya-pun masih terlihat baru dengan plastik pelindung yang masih menempel pada casing.

Setelah mendengar penjelasan dari user tersebut saya langsung curiga pada salah satu kelemahan dari printer tipe ini yaitu minimnya atau habisnya tinta pada catridge sehingga suplay tinta ke print head jadi terhambat sehingga pada saat dilakukan proses print, tidak ada tinta yang keluar.

Minimnya tinta ini bisa terjadi karena telat mengisi tinta pada tabung tinta, atau bahkan pada banyak kasus juga banyak printer tipe ini yang caridgenya  mengalami hal sama meskipun pengisian tinta tidak pernah telat serta tinta yang digunakan pun memakai tinta original. Jagi memang masalah ini saya juga masih belum begitu pasti penyebabnya.

Untuk pembahasaan minimnya tinta pada printer epson seri L sudah saya bahas pada postingan sebelumnya.

Silahkan cek di sini: Penyebab Hasil Print Bergaris dan Bolong-Blong Pada Printer Epson L Series

Sekarang kita kembali pada pokok permasalahan. Setelah saya melakukan sedikit analisa dengan mencoba test print pada printer milik user tersebut, ternyata ada satu perbedaan yaitu tita tidak keluar sama sekali. Jadi tidak ada satu titik pun tinta yang tercetak pada kertas. Setelah itu saya coba head cleaning, dan ternyata hasil test print masih seperti semula yakni tinta tidak keluar sama sekali.

Karena masih penasaran saya coba bongkar casing, tentunya dengan meminta persetujuan dari sang mpunya terlebih dahulu  karena dengan membongkar casing maka garansi akan hangus. Kemudian Untuk menjawab rasa penasaran, saya langsung membongkar catridge printer tersebut, dan ternyata memang benar bahwa catridge masih penuh dan saya coba vacum dengan suntikan-pun tidak ada masalah pada catridge tersebut.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kerusakan bukan berasal dari catridge yang kosong.  Karena masalah bukan berasal dari catridge, saya langsung memeriksa beberapa komponen yang berhubungan dengan proses print dan pengeluaran tinta. Komponen tersebut termasuk pompa pembungan, cap unit (bagian yang terletak tepat dibawah print head yang terhubung ke pompa pembuangan), print head, kabel print head, dan bagian mainboard.

Baca Juga: Printer Epson L110 L210 L310 L300 Menyala Sebentar Ketika dihidupkan

Dari semua komponan  tersebut, ternyata  tidak ada yang mengalami kerusakan. Sampai disini  saya merasa hampir putus asa sampai saya coba mengganti satu set mekaniknya. Namun ternayata hasilnya sama, tinta tidak keluar sama sekali. Pada akhirnya saya ingat ada salah satu komponen yang luput dari analisa saya. Dan ternyata memang benar, komponen tersebut adalah penyebabnya. Setelah diganti dengan mengambil dari printer lain, ternyata printer pun berfungsi seperti sedia kala.

Tentang apa komponen yang saya maksudkan, saya akan mejelaskannya dibawah. Jika ada pembaca yang memang mengalami permasalahan yang sama, saya berharap semoga pengalaman yang saya tulis pada postingan ini bisa membantu untuk mengatasinya.

Komponen Penyebab tinta tidak keluar pada Printer Epson L series L110 L210 L220 L300 L310 L360 L365 L555 dan seri L baru yang lainnya


Pada tulisan di atas sudah saya singgung beberapa komponen yang berpengaruh pada poses print atau yang ada hubungannya dengan pengeluaran tinta. Komponen tersebut seperti print head, catridge , pompa pembuangan, cap unit, kabel head, dan mainboard. Jadi untuk mengatasi masalah tinta yang tidak keluar sama sekali kita harus memeriksa komponen-komponen tersebut sebelum kita menyimpulkan komponen mana yang mengalami kerusakan.

Baiklah berikut ini pembasan bagaimana cara nmengecek komponen tersebut apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Catridge


Catridge adalah komponen yang berfungsi untuk menampung dan  memberikan suply tinta ke komponen print head, jika bagian ini bermasalah maka suplay tinta ke bagian print  head akan terganggu. Akibatnya hasil print menjadi tidak normal. Untuk mengetahui apakah komponen ini bekerja dengan baik, maka bisa diikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Bongkar catridge dengan cara  melepas penutupnya terlebih dahulu kemudian mencongkelnya.
  • Lakukan penyedotan dengan menggunakan suntikan 
  • Jika pada saat dilakukan penyedotan tinta berhasil tersedot dengan mudah ( tidak berat ) berarti caridge dalam keadaan bagus. 
  • Jika pada saat dilakukan penyedotan terasa berat berarti catridge tersumbat atau bagian tabung penampungan  tinta yang bermasalah. Untuk menghetahui apakah catridge atau tabung tinta yang bermasalah, kita bisa mencobanya dengan melepas selang yang menempel pada catride, jika setelah selang dicabut dan dilakukan penyedotan dengan suntikan menjadi ringan berarti cartidge tidak bermasalah dan yang mengalami masalah adalah bagian tabung penampungan tinta. 


    Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali
    catridge yang kosong
    Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali
    Sutnikan untuk menyedot catridge


    Pompa Pembuangan Tinta 


    Pompa pembungan tinta adalah bagian yang berfungsi untuk menyedot sisa- sisa tinta pada print head dan  pada proses head cleaning yang kemudian tinta dikeluarkan untuk dibuang. Jika bagian ini bermasalah maka ketika hasil print bermasalah sepeti tinta tidak keluar, maka meskipun dilakukan proses head cleaning  berkali-kali, masalah tidak keluarnya tinta tidak akan teratasi. Untuk mengetahui apakah bagian ini berfungsi dengan baik, kita bisa mengeceknya dengan cara berikut ini.

    • Lakukan prose head cleaning kemudian perhatikan pada selang pembungannya apakah ada tinta yang keluar, 
    • Jika tinta tidak keluar coba geser print head ke sebelah kiri kemudian isi bagian cap unit dengan cairan sampai penuh. Tujuannya supaya ada cairan yang bisa disedot oleh bagian pompa pembungan.
    • Setela itu lakukan proses head cleaning lagi. Pakah ada tinta yang keluar dari selang pembungan, jika ada berarti pompa tidak bermasalah. Namun jika tinta tidak keluar berarti pompa bermasalah. Silahkan bongkar dan perbaiki

    Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali
    Isi bagian cap unit dengan cairan

    Print Head


    Print head adalah komponen utama pada  prose pencetakan, Jika bagian ini bermasalah, maka proses pencetakan-pun akan terganggu. Keusakan pada bagian ini biasanya berupa tinta tidak keluar karena mampet, konslet, atau kondisi print head yang sudah lemah.

    Pada kasus di atas bahwa tinta tidak keluar sama sekali pada saat proses print ataupun pada proses head cleaning, dengan demikian  kita berangapan bahwa komponen print head ini mengalami masalah yaitu mampet. Dengan demikian kita bisa memakai salah satu cara untuk mengetahui apakan print head dalam keadaan mampet atau tidak dengan cara berikut ini.

    • Bongkar atau lepas print head dari dudukannya. 
    • Supaya lebih leluasa lepas terlebih dahulu kabel pleksibelnya.
    • Ambil sebuah suntikan yang sudah disambung dengan selang ( selangnya bisa menggunakan selang bekas pompa pembungan ) kemudian isi suntikan tersebut dengan cairan head cleaner atau tinta.
    • Hubungkan ujung selang dengan lubang print head seperti pada gambar di bawah ini.
    Printer Epson L series L110 L210 L300 L310 Tinta Tidak Keluar Sama Sekali
    sambungkan selang dengan print head
    • Rubah posisi print head menjadi menghadap ke atas, kemudian dengan sangat perlahan dan hati-hati, kita tekan tuas suntikan sekitar 1 mili. Jika suntikan ditekan terlalu keras dan terlalu jauh maka print head akan jebol. Setelah itu perhatikan apakan ada cairan yang keluar melalui nozzle print head..??
    Printer Epson L110 L210 L300 L310 tinta tidak keluar
    Perhatikan tinta yang keluar dari nozzle
    • Jika ada cairan yang keluar berarti print head tidak dalam keadaan mampet dan sebaliknya.
    Jadi sampai di sini kita bisa menyimpulkan bahwa penyebab tinta tidak keluar sama sekali buka disebabkan karena print head yang mampet. Namun jika anda masih penasaran, anda bisa mencobanya dengan menggunakan print head yang lain dan tentunya dengan tipe yang sama.


    Kabel Print Head


    Kabel print head adalah kabel pleksibel yang menghubungkan print head dengan mainboard. Pada beberapa kasus putusnya salah satu jalur pada kabel ini bisa menyebabkan tinta tinta tidak kaluar, Namun kasus ini sangat jarang terjadi. Dari semua kasus kerusakan pada jenis printer ini yang sudah saya temukan hanya 2 kali yang mengalami kerusakan tinta tidak keluar yang disebabkan karena kabel print head yang putus.

    Kebanyakan putusnya kabel print head akan menyebabkan general error. Jadi saya tidak bisa memastikan jalur kabel yang mana pada kabel pleksibel print head yang dapat menyebabkan tinta tidak keluar.

    Mainboard Printer


    Mainboard adalah papan induk yang berfungsi untuk pusat pengontrol semua komponen yang ada pada printer, atau bisa dikatakan otaknya printer. Kurasakan yang berupa tinta tidak keluar juga bisa disebabkan karena bagian ini. Hampir 30 % kerusakan tinta tinta tidak keluar yang pernah saya temukan pada jenis printer ini disebabkan oleh mainboard.

    Beberapa komponen pada  mainboard  yang menjadi penyebab tinta tidak keluar adalah IC driver print head dan beberapa resisitor smd yang ada pada jalur yang terhubung ke kabel fleksibel print head

    Power supply 


    Ini adalah bagian terekahir yang juga berpengaruh pada proses print. Pada kasus yang sudah saya uraikan di atas ternyata bagian inilah yang bermasalah. Memang jika diperhatikan, bagian ini terlihat seperti normal karena pada saat printer dinyalakan, printer berfungsi seperti biasa dan tidak terjadi error. Namun ketika dilakukan proses print dan head cleaning, tidak ada satu tetespun tinta yang keluar. Setelah saya coba ganti bagian ini ternyata printer menjadi normal kembali.

    Itulah beberapa bagian yang berpotensi mengalami karusakan dan bisa menyebabkan printer tidak mengeluarkan tinta sama sekali. Ketika printer Epson seri L mengalami masalah tinta bisa mengelauarkan maka  kita harus melakukan pengecekan semua komponen tersebut satu-persatu. mulai dari catridge dan seterusnya.Dengan demikian kita bisa menemukan komponen atau bagian yang mengalami kerusakan.

    Mungkin itu saja yang bisa sampaikan pada postingan ini, saya berharap semoga tulisan in bisa bermanfaat buat para pembaca semuanya. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa like, share. dan subscribe blog sederhana ini.