Cara Flash Handphone Lumia Dengan WPID

Cara Flash  Handphone Lumia Dengan WPID - Lumia adalah smartphone atau ponsel yang barbasis Sistem Operasi Windows. Seperti halnya ponsel dengan OS lainnya seperti android dan IOS, handphone yang berbasis Windows Phone juga tidak luput dari yang namnya error. Error yang terjadi misalnya sering hang, bootloop dan sebagainya.

Pada Pembahasan sebelumnya saya juga sudah membahas bagaimana cara memperbaiki handphone lumia yang mengalami kerusakan error yang termasuk fatal karena gejala yang timbul adalah mati total. Namun Mati total pada pembahasan tersebut bukan secara hardware namun secara software.

Silahkan baca: Cara Flashing Nokia Lumia yang Mati Total UNBRICK 

Error yang Biasanya Muncul pada Smartphone Lumia 


Kasus bootloop pada ponsel lumia memang jarang ditemui namun  berdasarkan pengalaman selama memakai ponsel jenis lumia ini ada beberapa jenis error yang  muncul. Berikut ini beberapa error yang bisa  terjadi pada ponsel jenis lumia.

1. Ponsel  hang pada saat digunakan
2. Muncul emote sedih pada saat dinyalakan
3. Tampilan mentok do logo nokia atau logo microsoft
4. Ponsel sudah terasa lemot pada saat digunakan
5. Handphone mentok di gambar gear pada saat update ke windows 10 mobile
6. Camera tidak bisa dibuka,, biasanya layar menjadi blang wana hitam atau warna hijau

Semua jenis error di atas dapat diperbaiki hanya dengan melakukan flash atau program ulang pada ponsel lumia tersebut. Namun sebelum melanjutkan ke proses flashing ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu data dan semua aplikasi pada ponsel yang di flash akan hilang. Oleh karena itu sebelum melakukan flash, alangkah baiknya membuat backup terlebih dahulu termasuk file-file yang berada pada memory telepon.


Cara Flash  Handphone Lumia Dengan WPID
Cara Flash Lumia

Untuk masalah kontak yang ada pada lumia, Anda tidak perlu khawatir karena asalkan kita login lagi memakai akun microsoft sebelumnya pada ponsel tersebut, maka semua kontak akan otomatis kembali lagi tanpa ada kontak yang hilang. Karena pada ponsel lumia setiap kita memasukan kontak pasti pilihannya adalah disimpan di email sehingga lebih aman.

Software atau Tools yang di guanakan untuk flash lumia


Flashing lumia sebenarnya banyak sekali software yang bisa digunakan.  Misalnya NSU atau Nokia Software Updater, Windows Device Recovery Tools, WP internal, dan WPID atau Windows Phone Image Designer. Namun pada postingan ini saya hanya akan membahas cara flash lumia dengan menggunakan WPID. Karena menurut saya cara ini merupakan cara yang paling simpel dan paling mudah.

Selain untuk memperbaiki error seperti yang sudah dijelaskanj di atas, flash  lumia juga kita perlukan ketika kita ingin mengembalikan versi OS yang digunakan ke setelah pabriknya. Misalnya ketika kita melakukan upgrade lumia 730 ke windows 10 mobile dan kemudian ingin dikembalikan lagi ke versi OS bawaaanya yaitu windows 8.1 dengan berbagai alasan maka kita bisa melakukan roolback yaitu flash ulang dengan OS bawannya. Baiklah sekarang kita langsung saja ke langkah-langkah flash lumia.

Cara Flash Smartphone Lumia dengan Menggunakan WPID


Pertama-tama  download terlebih dahulu firmware driver dan WPID nya.  Silahkan download melalui  link berikut ini.


Pasword rar : www.technodand.com

Untuk memilih firmware yang tepat, anda bisa memilihnya berdasarkan Product Code yang ada pada lumia anda. Biasanya kode ini tertulis di bawah tempat batre atau  di sekitar sim tray untuk lumia yang batrenya tidak bisa dilepas.

Setelah semua file yang butuhkan sudah di download ekstak semua bahannya. Setelah itu sekarang kita ke tahap instal drivernya terlebih dahulu.
Buka folder driver yang sudah kita extrak tadi, kemudian dobel klik file INSTAL

Cara Flash  Handphone Lumia
Instal driver lumia
Setelah ikuti petunjuknya sampai beres, jika pada saat instalasai driver terjadi error, silahkan matikan dulu  integrity check (Windows 8 keatas) buat install unsigned driver.

Langkah berikutnya buka folder WPID yang sudah kita download dan kita ekstak kemudian eksekusi file START, nanti akan terbuka program WPID-nya seperti gambar dibawah ini. Di situ akan muncul tiga pilihan, silahkan pilih yang ke-tiga "flash a windows phone image onto your phone " setelah itu pilih next.

Cara Flash  Handphone Lumia
Pilih yang ke-3

Langkah selanjutnya matikan lumia yang akan diflash, kemudian tekan dan tahan tombol power sampai muncul logo microsoft atau nokia kemudian dengan cepat lepas dan langsung tekan dan tahan  tombol volume up sampai muncul gambar petir dan gear. Jika gagal silahkan ulangi lagi sampai berhasil.

Cara Flash  Handphone Lumia Dengan WPID
Flash lumia

Catatan:
Untuk hp lumia yang masih berlogo nokia biasanya untuk masuk ke download mode pada saat menekan tombol power dan terasa ada getar, maka langsung lepas tombol power dan langsung tekan dan tahan  volume up tanpa harus menunggu logo nokia muncul terlebih dahulu.

Setelah muncul gambar petir dan gear, hubungkan lumia dengan pc menggunakan kabel usb. Setelah itu perhatikan pada program WPID. Apakah lumia sudah terdeteksi, jika belum coba klik gambar refresh

Cara Flash  Handphone Lumia
Lumia sudah terdeteksi

Jika lumia sudah terdeteksi oleh program WPID, silahkan klik change. Setelah itu pilih file firmware yang sudah didownload sebelumnya. File yang dimasukan adalah file yang berextensi .ffu . setelah berhasil menemukan file ffu-nya kemudian klik open.

Cara Flash  Handphone Lumia
Masukan file ffu sesuai tipe lumia
Langkah selanjutnya jika file yang sudah dipilih sudah yakin, kemudian pilih tombol flash.

Cara Flash  Handphone Lumia
Klik tombol Flash

Setelah itu proses flashing lumia akan berlangsung dan akan terlihat progresnya. tunggu saja sampai selesai. Proses ini tidak akan memakan waktu yang lama. Berdasarkan pengalaman, biasanya proses ini memakan waktu sekitar 5 menit.

Cara Flash  Handphone Lumia
Proses flashing lumia

Jika proses flash sudah mencapai 100% dan selesai nanti akan muncul pop up bahwa flash sudah sukses. kemudian tunggu sampai sang lumia hidup ...

Cara Flash  Handphone Lumia
Flash berhasil

Langkah terakhir lakukan seting seperti biasa yaitu seting region, bahasa, sign in ke akun mocrosoft dan sebagainya. Jika sebelumya anda pernah backup setingan, maka pada langkah ini anda akan diminta untuk memilih backup yang ada pada akun microsoft. Disini anda boleh pasang backup yang audah ada, atau dilewati juga tidak masalah. Sampai di sini anda sudah berhasil flash lumia anda sehingga lumia anda menjadi fresh seperti baru.

Itulah langkah- langkah cara flash hp lumia, saya ingatkan kembali bahwa pada saat lumia anda diflash, kondisi batre minimal 70% untuk menghindari terjadinya hp mati pada saat proses flash berlangsung. Jangan takut untuk mencoba karena segala sesuai kalau kita berani mencoba, saya yakin kita pasti bisa.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada postingan ini, semoga bisa memberikan manfaat. Jangan lupa untuk like, share, dan subscribe blog ini. Terima kasih sudah berkunjung.

35 komentar

  1. tetep matot om. padahal udah sukses. pas nyalain HP g ada tampilan nokia, apalagi gambar gear. tapi dalam app kedetec jenis hpnya. dan gw flash sukses. tp hp masih aja mati g mau nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau getar ada ga mas..?
      Coba flash sekali lagi, jika masih kemungkina hardwarenya bermasalah..misal lcd

      Hapus
  2. Kalau gak muncul tanda gear dan petir bagaimana mas? saya pengguna lumia 535 dual sim

    BalasHapus
  3. doh mas ,,sya pakai lumia 430 ,, kalau gk dicolokin ke charger malah mati total ,tombol power dan volume gk berfungsi ,nah kalau dicolokin ke charger malah hanya ada getar saja dan kemudian muncul tulisan microsoft sedetik kemudian padam ,getar padam getar padam begitu sterusnya ,gk da muncul gear petir pun kalau tekan tombol volume up , apakah koncinya saya harus update software pake " nokia software update " ya?. soalnya kalau dah masuk wpid ,,flasable divice nya gk terdeteksi alias kosong meskipun udah sy refresh :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baterai udah dicek ? Kemungkinan baterainya drop

      Hapus
    2. gk mas ,,terakhir saya pakai pun masih banyak batrenya dan aman2 aja ,itu aja saat buka line ,itulah terakhir kali saya pakai lumia ini , langsung padam

      Hapus
  4. gk mas ,,terakhir saya pakai pun masih banyak batrenya dan aman2 aja ,itu aja saat buka line ,itulah terakhir kali saya pakai lumia ini , langsung padam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya biasanya gejala seperti bisa karena baterai,, kalau pakai wp id ga bisa bisa coba pakai NSU, tapi itu kalau masalah dari software, jadi kalau kerusakannya dari hardware ga akan bisa pakai cara soft (flash)

      Hapus
    2. Pernah ada kejadian L930 kasus sama seperti punya agan,, solve hanya dengan ganti baterai,, oia coba baterainya di charge dulu pakai deaktop atau pakai rangkaian charger universal..

      Hapus
    3. nsu apa tuh? bisa tunjukkan jalan menuju NSU ?

      Hapus
    4. :v sorry ,jadi stress haha NSU nokia software update ya maksudnya =D

      Hapus
    5. Nokia software updater,, ada 1 lagi namanya thor

      Hapus
    6. APA iya sy harus ganti batre ?. harganya berapa ya batre lumia 430 ?. iya ni sy cass via pc

      Hapus
    7. sbnernya awalnya sy colokin ke usb saat pake windows device recovery tool tersambung internet ,, tetiba ada update nyelonong sekilas saya baca ada firmware 24 net gitu mas ,sy bingung :/ -_____- ,, nomor kontak ,photo2 dihape lumia semua -___- jadi ludesss

      Hapus
    8. please mas kasi info juga dimana tempat download thor ,saya mau coba cara itu semua .. btw apakah file2 saya di onedrive bsa diakses melalui website microsoft atau outlook gitu mas ?. sy pengen ambil file2 sy , :/

      Hapus
    9. Kalau foto di one drive bisa diambil dari websitenya,, kontak juga bisa ambil lagi selama masih bisa masuk ke akun microsoftnya

      Hapus
    10. Jangan charge pakai pc gan, soalnya arus dr pc kecil, coba pakai charger yg amperenya besar misal charge xiaomi atau vivo

      Hapus
    11. mas mungkin bener juga ya batrenya perlu diganti ?. tapi saat masih saya pakai aman2 aja tidak ada menunjukkan batre dropp gitu

      Hapus
    12. Mungkin aja gan,, baterainya bisa dilepas ga ? Coba di charge pakai desktop dulu.. Belum pernah pakai L430 jadi belum tau 😁

      Hapus
    13. udah dilepas kemudian saya colokin , hasilnya gk da apa2 .. mati aja gitu

      Hapus
    14. sipp.. ternyata bisa diakses onedrivenya ,hehe tinggal hapenya aja yg blm berhasil diperbaiki

      Hapus
    15. gan ,udah ganti baterai ,tapi bedanya cuma restart mulu tanpa dicolokin charger ,gimana nih -____- sama aja nih tetap aja restart ampe tulisan microsoft terus padam lagi -_- hard rest pun gk bisa

      Hapus
  5. Thor itu ada di dalam di wprt/wdrt cuma ngaksesnya lewat CMD. Biasanya ini dipakai untuk hp yg hardbrick ga bisa menyala sama sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya mas saat flashing pake cara WPID tu harus off line ?. terus harus ada SIM CARD nya ya ?

      Hapus
  6. Selamat Sore Mas, sya Flash via WPID. Koq Pas Nyampe 60%. Gagal. Kenapa Ya. Dan Sekarang HP sya Malah. Tampilan Biru. Mohon bantuan nya Mas. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk firmwarenya bagus gan ? ga corupt? apakah baterai ketika flash kurang dari 30 % ?

      Hapus
    2. kalau flash awal gagal, harus diflash lagi, Untuk flash bisa pakai WDRT atau wp internal

      Hapus
  7. Iya Kang Wiran, Pas Sya Flash Batre sekitat 25-27%. Emang Ngaruh ya Mas???

    BalasHapus
  8. Saat Flash dn Nyampe 60%. Ada Notif Seperti ini
    Sorry! Your device could not be flashed with the image you selected.

    Please correct the following error and try again:
    Failed to flash with device error { 0x18, 0x0, 0x0, 0x2, 0xa, 0x5 } : Status: 0x8000001a

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya untuk baterai minimal 30% itu untuk mencegah baterai habis pas proses flash. tetapi kalau dilihat dari keterangan errornya kemungkinan bisa dari firmware yang tidak sesuai atau filenya rusak. tetapi tidak menutup kemungkinan juga karena masalah lainnya.. Untuk firmware pastikan produk codenya sama. coba aja diflash lagi pakai WDRT atau WP internal. kalau pakai WPID sepertinya tidak bisa karena hp harus masuk flash mode ketika akan diflash. ( tapi ga ada salahnya mencoba lagi )

      Hapus
  9. sy sdh ada gambar gear dan petir, harus via pc ya ? udah 12jam nih, gd pc, musti konter reparasi donk 😂

    BalasHapus
  10. Iya gan harus pakai pc 😁

    BalasHapus
  11. min hp saya kan bootlop dan saya sudah melakukan flashing dan berhasi kembali normal,, tetepai setelah satu minggu bootlop nya itu kembali tejadi.. itu gimana cara menyelesaikan nyah min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya mohon maaf karean baru bisa memberikan balasan. Untuk kasus mas andika langkah pertama paling harus diflash lagi, jika masih tetap sering bootlop itu kemungkinan IC Emmc sudah lemah

      Hapus


EmoticonEmoticon