Cara Reset Printer Epson 1390 lampu Indikator Tinta dan Resume Berkedip Bergantian

Cara Reset Printer Epson 1390 lampu Indikator Tinta dan Resume Berkedip Bergantian - Technodand pada kesempatan ini akan menulis sebuah tutorial cara reset printer Epson 1390, Sebenarnya mungkin postingan ini sudah telat tetapi tidak ada salahnya juga technodand membuat postingan yang berjudul "Cara Reset Printer Epson 1390 lampu Indikator Tinta dan Resume Berkedip Bergantian" ini.

Postingan ini merupakan sebuah permintaan dari teman techno yang tujuannya sebagai catatan dan pengingat saja jikalau suatu hari memerlukan tutorial bagaimana cara mereset printer Epson 1390. Namun selain itu technodand berharap semoga tulisan ini tidak hanya untuk teman technodand saja tetapi untuk semua pengunjung www.technodand.net termasuk yang masih awam dalam bidang perbaikan atau meintenance printer.

Untuk masalah penyebab printer harus direset tidak perlu technodand bahas lagi, karena sudah dijelaskan pada postingan-postingan sebelumnya. Silahkan cek pada postingan berikut ini.

Hal yang harus diketahui sebelum reset printer epson 1390


Sebelum melakukan reset printer epson 1390 ini perlu diketahui  beberapa hal berikut ini.
  1. Printer 1390 yang harus direset adalah printer yang mengalami blinking atau berkedipnya lampu indikator tinta dan resume ( gambar kertas) secara bergatian sejak printer mulai dinyalakan
  2. Printer yang muncul notifikasi service required atau ink pads are at the end of their service life pada komputer yang terhubung pada printer 1390 tersebut.
  3. Untuk printer 1390 yang mengalami blinking atau berkedip lampu indikator tinta dan resume secara bersamaan dan cepat tidak bisa di atasi dengan cara direset. Untuk mengatasi kerusakan error ini silahkan baca beberapa artikel technodand di bawah ini.
Baca Juga : 


Baiklah sekarang kita ke tahap bagaimana cara mereset printer epson 1390. Langkah pertama tentunya anda harus mempunyai terlebih dahulu program adjustment tools nya, jika belum punya anda bisa unduh dengan tautan pada akhir artikel ini (versi lama).

Untuk versi terbaru "Reseter Epson 1390 V 1.7.4" ( untuk epson 1390 dengan  mainboard kecil ), bisa japri ke WA 089655218218

Atau bisa langsung di download melalui tautan di bawah artikel ini ( versi lama )

Langkah-langkah reset epson 1390 yang mengalami error blinking bergantian


Jika program reseternya sudah ada , biasanya dalam bentuk rar, terlebih dahulu extrak file rarnya. Dalam folder hasil extrak terdapat beberapa file, silahkan klik kanan file Adjprog kemudian pilih properties. Setelah itu lihat pada tanggal modified.

Langkah selanjutnya rubah tanggal komputer ke tanggal modified file Adjprog tersebut. Jika tanggal komputer sudah dirubah silahkan dobel klik file adjprog-nya ( gambar 1 ). Setelah file adjprog didobel klik, nanti akan muncul program adjustment, Pada tahap ini langsung saja pilih accept (gambar 2).

Untuk langkah selanjutnya silahkan klik tombol select ( gambar 3), nanti akan muncul menu berikutnya, Pada pilihan port, silahkan pilih port yang tehubung ke printer 1390, atau memilih auto selection juga tidak ada masalah (gambar 4)

Cara Reset Printer Epson 1390 lampu Indikator Tinta dan Resume Berkedip Bergantian
Reset printer Epson 1390

Setelah seting port selection silahkan klik ok kemudian selanjutnya akan muncul menu berikutnya. Pada menu tersebut  pilih menu particular adjustment mode ( gambar 1 ). Setelah memilih particular sdjustment mode, akan muncul menu berikutnya, Pada menu tersebut terdapat banyak pilihan termasuk eeprom data copy, initial seting dan sebagainya. Namun karena kita hanya ingin mereset saja, jadi silahkan pilih  waste ink pad counter ( gambar 2 ) .

Cara Reset Printer Epson 1390 lampu Indikator Tinta dan Resume Berkedip Bergantian
Cara reset printer Epson 1390

Pada menu waste ink pad counter, terdapat dua pilihan yaitu Check dan initialization (gambar 3). Pilihan check berfungsi untuk mengecek jumlah sampah yang tertampung di memory dan untuk pilihan initialization berfungsi untuk mereset jumlah sampah yang terbaca memory kembali ke nol.

Jika anda memilih check silahkan silahkan centang pilihan o column dan 80 column setelah itu klik tombol check ( gambar 3 ) kemudian pilik ok, nanti akan muncul valuenya... Untuk printer yang sudah mengalami blinking, maka pada value hasil check, akan lebih besar dari jumlah maksimalnya seperti yang tertera di sebelahnya.

Untuk langkah selanjutnya adalah mereset printer, langkahnya sama dengan langkah sebelumnya ( gambar 4 di atas ), namun untuk mereset anda harus memilih tombol initialization seperti pada gambar 1 di bawah ini. Jika muncul pop up peringatan langsung saja klik ok. Setelah itu restart printer dengan mematikan dan menghidupkannya kembali. 

Cara Reset Printer Epson 1390 lampu Indikator Tinta dan Resume Berkedip Bergantian
Cara reset printer Epson 1390

Sampai tahap ini anda sudah selesai mereset printer Epson 1390 yang mengalami blinking atau berkedipnya lampu indikator tinta dan resume secara bergantia. Printer 1390 anda pun sudah bisa digunakan kembali. Sangat mudah bukan.... ?

keteangan:
Jika pada saat mereset terjadi communication error seperti muncul kode error 20000010 atau muncul kode error 21000068, And abisa membaca postingan saya sebelumnya berikut ini.

Baca Juga

Password rar: www.technodand.net

Baca juga: Cara download file di situs technodand



Itulah tutorial cara mereset printer Epson 1390 semog abermanfaat. Jangan lupa untuk  like share dan subscribe technodand.com. Terima kasih sudah berkunjung