Download Resetter Epson L1800 + Cara Reset

Cara Reset Printer Epson dengan reseter -  Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk produk printer apapun itu mereknya pasti suatu saat akan berhenti bekerja dan diperlukan tindakan untuk mengatasinya. Hal ini salah satunya adalah berhentinya fungsi printer karena perlu dilakukan reset printer. Reset ini bisa dilakukan dengan cara manual atau juga reset printer dengan menggunakan reseter atau adjustment program.

Tutorial Reset Printer Epson L1800 dengan Mudah Menggunakan Reseter
Reset Printer Epson L1800

Table of Contents

Begitu juga dengan printer keluaran terbaru  EPSON L1800, setelah digunakan pada kurun waktu tertentu printer ini akan berhenti bekerja dan memunculkan suatu indikator tertentu berupa berkedinya lampu indikator secara bergantian. Serta munculnya pop up pesan  Service Required pada komputer konek dengan printer Epson L1800 tersebut.

Sekilas tentang Epson L1800

Printer Epson L1800 adalah printer seri L keluaran epson dengan fitur A3+ borderless enam warna serta sudah menggunakan teknologi infus pada sistem supply tintanya sama seperti seri L di bawahnya seperti Epson L 110, L220, L130, L310 dan yang lainnya. 

Printer Epson L1800 ini bisa dijadikan alternatif pengganti printer A3 1390 yang sekarang sudah sangat sudah untuk didapat. Namun tentunya dengan berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan printer epson 1390 yang sama-sama menggunakan sistem 6 warna.

Bagi kalangan tertentu, Printer Epson L1800 sering dimodifikasi menjadi Printer DTG atau DTF Epson L1800.  Printer ini dijadikan untuk sablon digital yang mencetak menggantikan sablon manual.

Kapan Harus Reset Printer Epson L1800

Sama seperti jenis printer epson yang lainnya penyebab printer epson blinking dan harus direset adalah karena sistem pada printer mendeteksi bahwa sampah pembuangan sudah penuh dan harus segera di ganti. 

Pada kondisi ini printer akan menampilkan indikator pada lampu indikator resume dan tinta secara bergantian dan mengirim pesan lewat komputer yang terhubung dengan ketererangan service required atau juga Ink Pad Is At the End Of Its Service Live atau Ink waste Is Full.

Walaupun sistem sudah mendeteksi pembungan sampah sudah penuh, namun sebenarnya sistem printer hanya menghitung secara data saja bukan secara fisik. Dengan demikian walaupun sudah mengeluarkan pesan service required atau ink waste full, kalau kita cek secara fisik belum tentu tempat pembungannya sudah penuh.

Untuk tabung pembungan harus dilakukan pengecekan secara fisik untuk mencegah tinta pembungan penuh dan membanjiri komponen printer di dalamnya. 

Baca juga: Cara reset printer epson L 310, L220, L130, L360, L365 dengan reseter


Hal yang menyebabkan sering atau tidaknya printer epson harus direset


Sebuah printer walaupun dengan tipe sama, untuk rentang waktu kapan harus direset dan seberapa sering harus direset memang tidak sama. Hal ini karena frekuensi pemakaian yang berbeda sehingga data yang dikumpulkan oleh tiap printer pun juga berbeda.  

Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi terhadap seberapa sering printer harus direset.
  • Frekuensi penggunaan printer. Printer yang sering digunakan akan lebih cepat minta untuk direset dibandingkan dengan printer yang jarang digunakan 
  • Sering dihead cleaning. Printer yang sering dihead clean beberapa kali lebih cepat minta direset jika dibandingkan dengan yang jarang di head clean atau dengan printer yang sering digunakan.

Download resetter epson L1800 dan Cara Reset

Setelah memahamai penyebab printer harus direset, mengapa printer harus direset dan hal apa saja yang mempengaruhi frekuensi berapa sering sebuah printer harus direset, selanjutnya kita bahas bagaimana cara reset printer epson L1800 dengan menggunakan program resetter atau adjustment program.

Sebelumnya ke tahapan cara reset, silahkan download resetter Epson L1800 pada link download yang sudah admin sediakan. Resetter ini aman dan sudah sering admin gunakan untuk reset epson L1800. Namun walaupun demikian kadang masih sering di blok anti vitrus. Oleh karena itu silahkan mastikan terlebih dahulu anti virus pada komputer Anda

Berikut adalah link download resetter epson L1800 gratis full untuk Anda.


Resetter ini bisa di gunakan di sistem operasi Windows 7, 8, 10, maupun di windows 11.
Untuk Password  rar ada di akhir postingan ini.

Tutorial Cara Reset Printer Epson L1800

Untuk reset printer eposon L1800 ini sama persis dengan mereset printer jenis epson yang lainnya.yang membedakan hanya program atau software yang digunakan.

Untuk langkah pertama silahkan unduh terlebih dahulu adjustment program atau reseter L1800. tautan untuk unduhnya ada di akhir postingan ini.
  • Extrak file yang sudah diunduh. Jika meminta password silahkan masukan pasword "technodand.com" tanpa tanda petik
  • Hidupkan printer
  • Buka folder reseter epson L1800 hasil extrak kemudian dobel klik file adjprog_L1800.exe
  • Nanti akan terbuka program reseter adjustment L1800 nya. Langsung saja pilih tombol particular adjustment mode seperti pada gambar di bawah ini.

Tutorial Reset Printer Epson L1800 dengan Mudah Menggunakan Reseter [ Download reseter L1800 ]
Reseter Epson L1800- pilih particular adjusment mode

  • Untuk langkah selanjutnya pada menu maintenance, silahkan pilih waste ink pad counter, kemudian eksekusi dengan mengklik tombol ok. Perhatikan gambar di bawah ini.

Tutorial Reset Printer Epson L1800 dengan Mudah Menggunakan Reseter [ Download reseter L1800 ]
Pilih waste ink pad counter

  • Pada menu berikutya centang 0 column side ink pad counter. Pada tahap ini anda boleh mencentang keduanya atau hanya yang atas saja (0 column side ink pad counter). Selanjutnya klik initialize

Tutorial Reset Printer Epson L1800 dengan Mudah Menggunakan Reseter [ Download reseter L1800 ]
Reset Epson L1800 - klik initialize

  • Setelah mengklik tombol initialize akan muncul pop up information. Lagsung saja pilih tombol ok

Tutorial Reset Printer Epson L1800 dengan Mudah Menggunakan Reseter [ Download reseter L1800 ]
Reseter epson L1800- pilih OK

  • Tunggu sampai proses reset selesai. Jika sudah muncul peringatan untuk mematikan printer, silahkan matikan printer kemudian nyalakan lagi.
  • Selesai. Pada tahap ini printer  epson L1800 sudah berhasil di reset dengan menggunakan reseter epson L1800. 
  • Silahkan cek apakah printer sudah bisa digunakan?

Jika terjadi error saat membuka program reseter epson L1800 karena di blok oleh anti virus, Silahkan matikan dulu anti virusnya dan coba lagi runing program reseternya. Setelah selesai proses reset barulah nyalakan lagi anti virusnya


Password: technodand.com

Kesimpulan

Pada artikel ini admin terlah membahas tentang resetter epson L360, link download resetter sampai dengan tutorial cara reset. Pada dasarnya reset semua tipe printer epson itu ada dasarnya sama saja. Yang terpenting adalah kita bisa membedakan jenis error yang harus direset atau jenis error hardware.

Itulah cara reset printer epson L1800 dengan reseter atau adjustment program, somoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung.