Cara Vacum atau Buang Udara pada Catridge Epson L220 L210

Printer Epson L220 dan Epson L210 termasuk printer inkjet yang sudah dilengkapi dengan sistem infus sama seperti Epson seri L lainnya seperti Epson L100,  Epson L200 Epson L110, L300 dan seri L lainnya. Sama seperti seri L lainnya, Epson L220 ini juga sering mengalami kosongnya tinta pada bagian catridgenya. Akibatnya hasil cetak tidak akan maksimal meskipun sudah dihead cleaning berkali-kali.

Baca juga : Memperbaiki Printer Epson L210 Blinking Error Kertas (Load Paper Error)

Dampak dari catridge kering pada printer Epson


Kosongnya tinta pada catridge akan menyebabkan beberapa kerusakan pada printer misalnya sebagai berikut.

  • Hasil cetak tidak sempurna misalnya bolong-bolong, bergaris atau warnanya tidak sesuai.
  • Jika dibiarkan maka akan menyebabkan kerusakan permanen pada print head.
Oleh karena itu jika tinta pada catridge sudah minim atau kosong, segera lakukan penyedotan pada bagian catridge.. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen pada bagina print head, mengingat harga dari print head untuk printer merek ini bisa dikatakan sukup mahal.

Untuk memastikan apakah tinta pada cartidge sudah kosong atau minim, atau untuk memastikan apakah penyebab hasil print tidak sempurna itu dari masalh catridge atau bukan, anda bisa membacanya pada artikel berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengetahui Komponen yang Rusak Penyebab Printer Eson seri L hasil Print Bergaris atau Bolong-bolong

Printer Epson L220 vacum catridge
Vacum catridge Epson L220


Cara vacum catridge Printer Epson L220 dan L210


Sebenarnya cara vacum catridge atau membuang udara pada catridge printer Epson L220 ini pada dasarnya sama dengan cara vacum cadridge pada printer Epson L 310, caranya bisa dilihat pada postingan berikut ini.

Baca Juga: Cara Membongkar Catridge Printer Epson L110, L300, L310 tanpa membuka casing

Yang membedakan hanya pada proses membuka catridgenya saja.. Untuk lebih jelas bagaimana cara vacum catridge pada printer Epson L220 ini, silahkan simak beberapa langkah berikut ini.

Langkah pertama sebelum kita melepas catridge dari rumah catridge adalah melepas bagian penutup catridge. Sebenarnya caranya cukup mudah yaitu dengan melepas baut pada penutup catridge tersebut. Namun karena pada printer ini ada bagian scanner, sehingga akan menyulitkan kita melepas bautnya karena terhalang oleh bagian scanner tersebut.

Untuk letak penutup catridge ini bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Printer Epson L220 tinta tidak keluar
Penutup catridge Printer Epson L220

Supaya kita bisa membuka baut penutup catridge tanpa membongkar bagian scanner, silahkan lepas bagian yang diberi tanda anak panah seperti pada gambar di bawah ini.  Jika anda merasa kesulitan saat melepas bagian ini, silahkan tekan  terlebih dahulu  pengaitnya pada bagian bawahnya.

Printer Epson L220 error
Vacum catridge Espon L220

Langkah selanjutnya geser rumah catridge ke sebelah kanan sampai mentok.

Cara reset Printer Epson L220 error
Vacum catridge Espon L220

Jika posisi rumah catridge sudah mentok ke sebelah kanan, maka baut pengunci penutup rumah catridge akan berada tepat di bagian yang sudah kita lepas tadi.. Pada posisi ini baut penutup catridge sudah tidak terhalang lagi oleh bagian scanner sehingga bisa dengan mudah untuk di lepas.

Langkah selanjutnya silahkan buka baut tersebut dengan menggunakan obeng plus kecil. Setelah itu lepas penutup catridgenya.

Espon L220 blinking error
Vacum catridge Espon L220

Setelah penutup catridge dilepas, geser rumah catridge seperti pada gambar di bawah ini.

Espon L220 paper jam
Vacum catridge Espon L220

Untuk langkah selanjutnya vacum semua catridge yang tintanya sedikit sampai semua catridge terisi penuh oleh tintanya. Untuk alat vacumnya anda bisa membelinya di toko spare part printer atau bisa dibeli dari online shop.

Vacum catridge Espon L220

Jika semua catridge sudah divacum, tugas anda selanjutnya adalah merakitnya kembali   printer seperti semula... Kemudian langkah terakhir, silahkan lakukan pengetesan seperti head cleaning, tes print dan sebagainya. Pastikan printer berjalan dengan normal.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara menyedot udara atau vacum pada catridge printer epson L220, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk like, share dan subsrcibe technodand.net. Jika ada masukan atau pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kotak komentar yang sudah disediakan.


Salam technodand.net

8 komentar

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa knjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/obat-herbal-sakit-kepala/

    BalasHapus
  2. thanks Informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-galatama-lele/

    BalasHapus
  3. Gan koq saya kesulitan menggeser catrid printer Epson L220 ya..caranya gimana..kmudian alat vacum ujung suntikan itu saya bisa mendapatkan dimana?...thanks ats blsnnya..

    BalasHapus
  4. he efforts taken into ensuring that your living environment is in a pristine state is very significant. Having a clean home is vital for your health and well being How to Clean a Steam Mop

    BalasHapus
  5. Makasih sangat bermanfaat bagi pemilik printer EPSON.. sekali lagi terima kasih banyak

    BalasHapus
  6. Just admiring your work and wondering how you managed this blog so well. It’s so remarkable that I can't afford to not go through this valuable information whenever I surf the internet! Domino99

    BalasHapus
  7. Pak.. Suntikannya beli dimana? Dan nama suntikannta apa?

    BalasHapus


EmoticonEmoticon