Printer LaserJet Hp Pro M402n Error Paper jam [kertas tertarik miring]

Printer LaserJet Hp Pro M402n Error Paper jam atau kertas tertarik miring - Technodand pada kesempatan ini akan membagikan sebuah tutorial bagaimana cara mengatasi printer laser jet  Hp Pro m402n yang  mengalami paper jam. Jenis paper jam yang akan dijelaskan di sini penyebabnya sedikit berbeda dengan pembahasan cara mengatasi paper jam printer laserjet pada postingan-postingan sebelumya.

Untuk pembahasan printer dengan kerusakan kertas nyangkut atau paper jam lainnya bisa Anda baca pada postingan berikut ini.

Silahkan baca:

Printer LaserJet Hp Pro M402n Error Paper jam [ kertas tertarik miring ]
Printer laser jet Pro M402n

Gejala kerusakan hasil print miring dan paper jam pada LaserJet Hp Pro M402n


Biasanya kertas paper jam pada printer hp laser jet adalah disebabkan oleh pelumas fuser film yang sudah lengket, fuser film sobek, paper pick up rusak atau ada potongan kertas yang menghalangi jalur kertas. Namun pada kasus yang saya temukan ini sedikit berbeda. Dari 10 printer laserjet tipe ini ada 3 buah printer yang mengalami masalah paper jam seperti yang akan kita bahas pada tulisan ini.

Berikut ini gejala yang muncul pada kasus paper jam printer Hp laser jet m402n ini.
  • Pada saat print, kertas  akan tertarik masuk namun kemudian kertas menggulung sebelum keluar dari dari jalur kertas. 
  • Jika kertas berhasil keluar biasanya kertas keluar dengan posisi miring.
  • kertas kusut ( akibat kertas keluar dengan posisi miring )
  • Hasil print miring
Setelah dianalisa ternyata penyebab paper jam tersebut adalah dikarenakan pada saat kertas tertarik, kertas tersebut tertarik dalam keadaan miring sehingga pada saat mau keluar dari mekanik pemanas, kertas tersebut terhalang. Akibatnya kertas menggulung di dalam.

Untuk melakukan perbaikan pada kerusakan ini langkah pertama silahkan bersihkan bagian dalam printer dari serbuk toner atau dari potongan kertas.  Jika sudah dipastikan bersih, coba lakukan pengetesan apakah printer sudah bisa print dengan normal...? jika belum lanjut ke tahap berikutnya.

Printer LaserJet Hp Pro M402n Error Paper jam [ kertas tertarik miring ]
Printer Laserjet Hp Pro M402n

Langkah selanjutnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini, pada gambar tersebut ada dua bagian roller yang di beri tanda. Tugas ada adalah mengecek kedua roller tersebut. Caranya silahkan coba putar dengan jari anda.

Untuk printer yang normal, kedua roller tersebut akan terasa besat saat diputar atau bahkan tidak  bisa diputar karena saling menempel dengan karet roller di bagian bawahnya. Namun jika roller bisa diputar  dengan sangat ringan, sudah dipastikan bahwa roller tersebut bermasalah dan menjadi penyebab terjadinya paper jam pada printer tipe M402n ini.

Untuk printer yang hasil print nya miring biasanya salah satu rollernya bermasalah. Biasanya
roller yang satu bisa diputar  dan yang satunya lagi tidak bisa diputar atau  bisa diputar namun tidak seringan pada saat memutar roller satunya lagi ( tidak seimbang )

Printer LaserJet Hp Pro M402n Error Paper jam [ kertas tertarik miring ]
Ck kedua roller yang diberi tanda

Untuk cara pebaikannya cukup mudah, anda hanya tinggal mengencangkan baut yang ditandai dengan anak panah pada gambar di bawah ini. Baut tersebut terdapat pada sisi kiri dan kanan seperti pada gambar di bawah ini.

Printer LaserJet Hp Pro M402n Error Paper jam [ kertas tertarik miring ]
Lokasi baut sebelah kanan

Printer LaserJet Hp Pro M402n Error Paper jam [ kertas tertarik miring ]
Lokasi baut sebelah kiri

Jika baut sudah dikencangkan, silahkan coba cek rollernya apakah sudah seimbang...? jika sudah seimbang silahkan coba tes print.. Seharusnya pada tahap ini anda sudah berhasil memperbaiki paper jam pada printer hp laser jet m402n.

Jika setelah mencoba cara yang sudah dijelaskan di atas masih terjadi paper jam misalnya kertas terjepit oleh mekanik pemanas, berarti kerusakan ada pada bagian lain misalnya mekanik pemanas dan sebagainya.

Itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara perbaikan printer hp laer jet M402n yang hasil printnya miring atau peper jam, terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk like,share dan subscribe technodand.com.