Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF

Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF - Assalamu'alaikum ,,, Pada kesempatan ini technodand akan membahas sebuah pengalaman perbaikan printer Epson L555 yang mengalami blinking seperti general error yang terjadi ketika printer melakukan kalibrasi scanner.

Gejala yang muncul pada kerusakan Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF


Pada mulanya printer setelah dinyalakan seperti biasa kalibrasi rumah head dan kalibrasi scanner. Ketika rumah head selesai parkir, printer masih dalam keadaan normal namun setelah beres kalibrasi scanner, printer langsung error dengan indikator lampu power dan lampu indikator ADF berkedip bersamaan.

Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF
Epson L555 error

Untuk memperbaiki error ini berdasarkan pengalaman memang cukup mudah. Tapi jujur saja apakah cara saya ini hanya kebetulan atau bukan.

Jujur saya sudah dipusingkan dengan printer epson L555 ini. Untuk mengatasi error pada printer ini sudah saya coba reset default, kemudian coba ganti print head, ganti kabel print head, ganti kabel scanner, coba ganti scanner, ganti mainboard, dan terakhir tukar IC eeprom dari mainbord yang lama..

Dari semua itu tidak ada satupun yang berhasil. Namun ada satu cara lagi yang belum saya coba yaitu menggunakan program adjustment (reseter) karena memang untuk tipe L555 ini saya belum punya reseternya.

Karena mencari program adjustment untuk Epson L555 belum dapat, akhirnya dicoba pakai adjustment program atau reseter untuk epson tipe L550 dan akhirnya Alhamdulillah printer kembali normal seperti biasa. Entah itu kebetulan atau bukan, buat saya yang penting printer bagus lagi.

Mengatasi Error Blinking Power dan ADF pada Printer Epson L555 


Untuk langkah-langkahnya sangatlah mudah seperti berikut ini.

  • Langkah pertama anda harus punya programnya terlebih dahulu..buat yang belum punya silahkan unduh pada tautan di akhir postingan ini.
  • Selanjutnya buka program kemudian coba di reset waste ink pad counternya dengan cara  pilih model printer kemudian masuk menu particular adjustment mode dan pilih waste in pad counter , terakhir klik initalized. setelah itu restart printer
Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF
Pilih tipe L550

Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF
Pilih Particular adjustment mode

Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF
Pilih waste ink pad counter

Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF
Centang main pad counter kemudian pilih initialized

Langkah terakhir coba lakukan proses backup - restore eeprom melalui reseter dengan cara berikut ini.

Resetter epson L550, L555
Pilih EEPROM Data Copy

Printer Epson L555 Error Blinking Power dan ADF
Cara backup - restore config eeprom Epson L555

Langkah terakhir silahkan pilih tombol Backup dan setelah proses backup eeprom selesai,  silahkan pilih Restore. Terakhir restart printernya dengan cara mematikan dan kemudian menghidupkannya kembali. Perhatikan apakah setelah proses di atas, printer anda normal kembali..? Jika printer masih error kemungkinan ada bagian lain yang mengalami kerusakan misalnya mekanik, board dan yang lainnya.

Itulah cara saya untuk memperbaiki error pada printer epson L555 yang bisa saya sampaikan pada postingan ini.  Semoga bisa bermanfaat untuk anda semuanya. Terima kasih sudah berkunjung.

Penting:
Setelah proses backup-restore printer dengan reseter Epson L555, biasanya printer tidak akan bekerja optimal jika pada komputer masih terinstal driver epson L555. Jadi  silahkan instal driver untuk epson L550 pada komputer yang terhubung ke printer. Hal ini bisa terjadi karena kita backup-restore eepromnya memakai reseter L550

Link Download Resetter Epson L550, L555


Untuk  download resetter bisa didapatkan pada artikel cara reset printer epson L550, L555. Resetter ini  aman tetapi biasanya komputer akan mengangap virus. Oleh karena itu sebelum download disarankan untuk mematikan anti virus pada komputer Anda. 
Jika Anda kesulitan mendownload file di situs technodand, silahkan simak postingan berikut ini

Cara download file di situs technodand
Update artikel: 29 Oktober 2021