Cara Mengetahui Komponen yang Rusak Penyebab Printer Epson seri L hasil Print Bergaris atau Bolong-bolong

Untuk kasus printer Epson yang hasil print nya tidak sempurna misalnya hasil print bergaris, hasil print bolong bolong atau warna hasil print yang tidak sesuai atau bahkan tinta tidak keluar sama sekali, terutama Epson seri L seperti Epson L 100, Epson L200, Epson L210, Epson L110,Epson L300, Epson L310 dan lain-lain. Terdapat beberapa kemungkinan kerusakan

Faktor penyebab kerusakan hasil print Printer Epson L series


Ada bebepa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan hasil print atau hasil print cacat pada printer Epson seri L misalnya Epson L110, Epson L210, Epson L220, L300, L310, L360, L365 dsb. Faktor tersebut diantanya adalah sebagai berikut.

  1. Print head mampet atau buntu
  2. Tinta pada catridge minim atau kosong
  3. Sintem pompa rusak
  4. Mainbord rusak

Sebenarnya selain dari 4 poin di atas, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan rusaknya hasil print. Namun berdasarkan pengalaman saya dalam meperbaiki printer Epson, hanya 4 poin di atas yang paling terjadi.

Untuk mngetahui lebih jauh tentang bagaimana cara perbaikan kerusakan hasil print, Anda juga membaca beberapa artikel berikut ini.

Baca juga :

Printer Epson L110 L210 L300 L310 head mampet
kerusakan Epson L seies

Trik cepat mengetahui penyebab kerusakan hasil print pada printer Epson Seri L


Untuk mengetahui kerusakan bagian mana yang menjadi penyebab terjadi kerusakan, ada beberapa gejala yang bisa kita ambil sebagai acuan.

  • Jika hasil nozzle check bolong-bolong  dan  setelah dihead cleaning beberapa kali tidak ada perubahan lokasi titik yang bolongnya, berarti dapat dipastikan bahwa print head mampet atau buntu, atau sistem pompa rusak
  • Jika posisi bolong-bolong pada hasil nozzle check berubah-rubah setiap di head cleaning, atau hasil nozzle check semakin parah, biasanya yang mengalami masalah adalah catridge kosong, catridge mampet, atau print head yang sudah lemah. Namun pada beberapa kasus  yang mengalami masalah adalah pada bagian sistem pompa
  • Jika saat nozzle check tidak ada tinta yang keluar, kemungkinan kerusakan adalah print head mampet total ( untuk printer yang sudah lama tidak dipakai ), mainboard rusak, sistem pompa rusak. 
Dari tiga gejala di atas ada satu kesamaan yaitu kerusakan pompa.. Terus bagaimana cara memastikan kalau yang rusak adalah bagian sistem pompa... ? Untuk mengetahuinya anda bisa lakukan cara berikut ini.

  • Buka penutup pada tabung tinta ( lubang untuk mengisi tinta ). Jika printer yang ada perbaiki adalah Printer Epson seri L yang menggunakan keran pada tabung tintanya, pastikan juga kerannya dalam keadaan terbuka.
  • Silahkan lakukan head cleaning kemudian perhatikan pada selang pembuangan. Karena selang pembungan ada di dalam, berarti anda harus membongkar casing printer tersebut terlebih dahulu.
  • Jika pada saat head cleaning, tinta yang keluar dari selang pembuangan, keluarnya normal, berarti sistem pompa dalam keadaan bagus.
  • Jika pada saat head cleanig tidak ada tinta yang keluar dari selang pembuangan, berarti  sistem pompa tidak bekerja. (acuan ini berlaku jika head print tidak dalam keadaan mampet total)
Untuk kasus  hasil print tidak keluar sama sekali, dan sudah dipastikan bahwa pompa dalam keadaan bagus serta print head dalam keadaan tidak mampet. Berarti kita dapat mengambil kesimpulan bahwa bagian yang mengalami kerusakan adalah bagian Mainboard.

Itulah beberapa trik atau cara untuk mengetahui komponen apa yang mengalami kerusakan pada printer Epson seri L yang mengalami masalah pada hasil print.. Saya berharap semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda. Jang lupa untuk like, share atau subscribe technodand.com. Jika ada yang kurang dipahami atau ada masukan mengenai pembahasan artikel ini, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom yang sudah disediakan. Terima kasih.