Cara Membuang Muatan Listrik pada Kapasitor [ ELCO ] Tegangan Tinggi

Membuang muatan listrik pada kapasitor ( Elco ) tegangan tinggi adalah langkah awal yang harus dilakukan ketika kita sedang memperbaiki Adaptor atau Power supply serta peralatan lain yang di dalamnya terdapat sebuah Elco besar dengan tegangan tinggi.  Kapasitor besar pada perangkat elekronika khususnya power supply akan menyimpan tegangan tinggi meskipun power supply tersebut dalam keadaan mati beberapa hari (terutama power supply yang rusak). Oleh karena itu sangat berbahaya jika kita melakukan perbaikan pada power supply tersebut tanpa membuang muatan listriknya terlebih dahulu.

Cara membuang Muatan Kapasitor Tegangan Tinggi
Elco filter tegangan tinggi

Baca juga:

Bahaya Muatan Listrik Pada Elco Tegangan Tinggi 


Berdasarkan pengalaman memang sengatan listrik dari sebuah elco yang menyimpan tegangan listrik tersebut tidak  menyebabkan luka yang serius. Namun di sisi lain dengan sengatan listrik tersebut bisa menyebabkan kejutan yang luar biasa yang mungkin tanpa kita sadari kita bisa melakukan tindakan lain yang berbahaya. Sebagai contoh misalnya melempar barang yang sedang kita pegang atau tangan kita terpental dan menyentuh benda lain yang bisa membahayakan diri kita maupun orang lain.

Beberapa Langkah Yang Dapat dilakukan Untuk Membuang Muatan Listik Pada Komponen Elco


Sebelum kita memulai pekerjaan memperbaiki power supply atau adaptor baik itu power supply komputer, Televisi, adaptor laptop dan sebagainya, terlebih dahulu kita pastikan dulu apakah elco filter masih menyimpan muatan listrik atas tidak dengan menggunakna AVO meter.

Cara mengecek muatan listrik elco yaitu dengan menempatkan probe merah ke kaki positif elco dan probe hitam ke kaki negatif elco , namun sebelumnya atur dulu AVO meternya ke tegangan DC dengan skala 1000  (harus di atas 400 v). Jika ternyata hasilnya ternyata pada elco masih terdapat muatan listrik, silahkan buang dulu muatan listriknya dengan beberapa pilihan cara berikut ini.

1. Membuang muatan listrik elco dengan menggunakan penghantar langsung.


Metode membuang listrik dengan cara ini merupakan cara yang sedikit extrim dibandingkan cara yang lain. Cara ini kita bisa menggunakan benda yang terbuat dari logam misalnya obeng atau kabel besar.

  • Siapkan sebuah obeng, tang atau sejenisnya yang bisa kita gunakan utuk mengkonsletkan kaki elco ( alat yang digunakan harus mempunyai bagian pegangan berbahan isolator )
  • Selanjutnya konsletkan kaki positif dan negatif elco dengan ujung obeng atau sejenisnya selama beberapa detik.
Cara ini biasanya akan mengeluarkan percikan api ketika kaki elco di konsletkan. selain akan menyebabkan kita terkejut, percikan api juga dapat menyebabkan bagian PCB di sekitar kaki elco akan terbakar . Oleh karena itu cara ini sangat  tidak direkomendasikan.

2.  Membuang muatan listrik Elco dengan menggunakan resistor.


Cara yang kedua ini termasuk cara yang aman  yaitu dengan menmggunakan resistor dengan daya besar . Cara nya adalah sebagai berikut.

Cara membuang Muatan Kapasitor Tegangan Tinggi
Sumber gambar : modul pengujian komponen elektronika terjemahan masimmow
  • Siapkan sebuah resistor dengan daya besar misalnya 1,8K atau 2,2 K dengan daya 5 watt sampai  10 watt.
  • Sentuhkan kedua  kaki resistor ke kaki positif dan negatif elco beberapa detik 
  • Pada saat menyentuhkan kaki resistor lakukan hati-hati jangan sampai kita menyentuh kaki resistornya. 
  • Selesai

    3. Dengan menggunakan lampu pijar. 


    Membuang muatan listrik pada elco dengan lampu pijar yaitu dengan menyambungkan  dua kabel yang tersambung ke bola lampu pijar sekitar 100 watt. cara ini termasuk cara aman dan banyak digunakan oleh para teknisi elektronika.

    Cara membuang Muatan Kapasitor Tegangan Tinggi
    Sumber gambar : modul pengujian komponen elektronika terjemahan masimmow
    • Siapkan sebuah lampu pijar dengan daya 100 watt
    • Siapkan dua kabel dengan panjang sekitar 5-10 cm kemudian solder ke kaki lampu
    • Cara penggunaannya tinggal sentuhkan kedua ujung kabelnya ke kaki positf dan negatif elco.
    • Pada saat ujung kabel di sentuhkan ke kaki elco, lampu akan menyela beberapa detik sampai muatan listrik pada elco habis.

      4. Dengan menggunakan solder


      Cara ini adalah cara yang biasa saya terapkan untuk membuang muatan listrik pada elco filter bertegangan tinggi pada power supply.

      Cara membuang Muatan Kapasitor Tegangan Tinggi
      Membuang muatan listrik elco dengan solder

      Cara ini juga termasuk cara yang aman dan sangat simpel menurut saya. Jika anda ingin menggunakan cara ini pada dasarnya sama saja dengan cara yang lainnya, yaitu tinggal menempelkan colokan atau steker solder ke kaki elco. Namun karena kaki steker lebih lebar dari kaki elco, sehingga kita harus harus memilih titik yang tepat untuk menempelkan kaki steker soldernya.

      Kesimpulan: Dari beberapa cara menghilangkan muatan listrik pada elco di atas dapat disimpulkan bahwa cara yang paling simpel dan aman adalah dengan menggunakan steker solder, menggunakan tahanan atau juga menggunakan lampu pijar. Dan untuk poin 1 atau menggunakan penghantar langsung tidak direkomdasikan karena cukup berisiko

      Itulah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk membuang muatan listrik pada elco filter power supply.  Dari keempat cara tersebut silahkan pilh salah satu yang menurut anda paling mudah. Namun saya sarankan jangan menggunakan cara pada poin satu karena bisa merusak power supply yang sedang kita perbaiki.

      Baca juga:

      Sumber referensi  artikel:
      - Pengalaman pribadi
      - Modul pengujian kompoenen elektronika terjemahan Masimmow