Sony Xperia M5 Aqua Dual Mati Total Terkena Air

Sony Xperia M5 Aqua Dual Mati Total Terkena Air -  pada postingan ini akan membahas tentang cara mengatasi kerusakan yang terjadi pada smartphone Sony Xperia M5 Aqua Dual,,, Sebenarnya saya buka seorang ahli dalam perbaikan smartphone, namun pada kesempatan ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman tentang yang pernah saya alami dengan smartphone model ini.

Beberapa waktu lalu saya bertemu dengan teman saya, beliau membawa sebuah handphone yang kalau dilihat handphone tersebut termasuk handphone yang menurut saya cukup mahal kalau di kategorikan dengan kondisi dompet saya sekarang heheheh,,, Yup handphone tersebut adalah handphone bermerk sony dengan model Xperia M5, namun sangat disayangkan ternyata handphone tersebut dalam keadaaan mati total.

Berikut ini langkah pertolongan pertama yang saya lakukan untuk mengatasi sony xperia M5 yang  mati total karena masuk ke dalam air, namun cara ini tidak hanya berlaku untuk tipe ini aja namun untuk semua jenis handphone

Langkah perbaikan Sony xperia Aqua Dual yang mati total terkena air


Untuk langkah perbaikannya, silahakn simak penjelansanya berikut ini


  • Bongkar casing Sony Xperia M5 Aqua Dual
Langkah pertama silahkan bongkar handphone yang terkena air tersebut, lepas semua komponen yang ada pada handphone tersebut termasuk speaker, mainboard dan yang lainnya yang sekiranya terlihat basah . Untuk LCD tidak perlu dibuka karena terlalu beresiko terutama untuk yang belum biasa bongkar membongkar handphone.

Jika anda sedikit kesulitan dengan proses membongkar handphone, anda bisa memcari video tutorialny adi youtube, di sana biasanya banyak yang share. Namun jika anda merasa ragu dengan proses ini, mungkin langkah terbaik adalah segera membawanya ke tukang service handphone

Baca Juga: Perbaikan Socket Charger Nokia Lumia 1020 Tidak bisa charge

Sony Xperia M5 Aqua Dual Mati Total
Sony Experia M5 Aqua setelah dibongkar


  • Bersihkan mesin atau mainboard Sony Xperia M5 Aqua Dual
Setelah mainboard berhasil dilepas, langkah selanjutnya silahkan cuci dengan air bersih. Gunakan sikat gigi dan detergent atau menggunakan sabun cuci piring (sunlight) juga tidak ada masalah. Sebelum dicuci  lepas terlebih dahulu seng penutup yang terdapat pada mainboard


  • Keringkan mesin atau mainboard
Setelah di cuci silahkan keringkan maiboard, untuk mengeringkannya anda bisa menggunakan angin dari kompressor, embos  sampai maibornya tidak terlihat basah. Setelah itu kemudian keringkan lagi mainboard dengan menggunakan pengering rambut, hot air ( blower ) sampai mainboard hp tersebut bener-benar kering. Jika tidak ada penering rambut, anda bisa mengunakan tempat jemuran pakaian untuk mengeringkannya,,, hehe,,, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Sony Xperia M5 Aqua Dual Mati Total
Alternatif mengeringkan Mainbord Hp

Untuk proses mengeringkan mainboard hp ini, jika anda tidak mempunyai komporessor atau embos untuk mengeringkan atau membuang sisa-sisa air yang menempel setelah di cuci, menurut saya lebih baik jangan pakai air untuk membersihkannya, tapi gunakan tinner yang berkualitas bagus...

Selain mainboard, keringkan juga part yang lainnya seperti speaker, dll.


  • Periksa bagian atau komponen yang mengalami korosi
Untuk kasus hp yang terkena air, ketika anda membersihkannya, ada bagian-bagian yang sangat  rentan terjadinya korosi. Bagian ini adalah socket-socket yang menghubungkan mainbord dengan part yang lainnya. Jadi ketika anda membersihkannya, pastikan komponen ini tidak terlewatkan.

Sony Xperia M5 Aqua Dual Mati Total
Socket yang rentan terkena korosi


  • Merakit kembali Sony Xperia M5 Aqua Dual
Langkah selanjutnya rakit kembali hp seperti semula. Setelah itu tes apakan hp sudah bekerja dengan normal?

Pada kasus yang saya alami, setelah hp sony xperia M5 aqua dual saya rakit kembali ternyata hp tetap tidak menyala, yang muncul hanya getar saja. Namun setelah saya periksa komponen yang lainnya ternyata terdapat korosi pada bagian switch power. Dan setelah saya ganti ternyata hp sony milik teman saya bisa menyala dengan normal lagi.

Sony Xperia M5 Aqua Dual Mati Total
Pada komponen IC dan switch terjadi korosi

Itulah sekilah carita tentang pengalaman saya dalam mengatasi Hp sony xperia M5 Aqua Dual yang mati total karena tenggelam ke dalam air. Sebenarnya cara ini bukan hanya untuk hp sony M5 saja,  namun berlaku untuk jenis-jenis dam merek yang lainnya termasuk hp samsung, xiaomi, HTC dan yang lainnya.

Penting:

Pada banyak kasus lain, hp yang masuk ke air kemudian didiamkan dalam keadaan baterai terpasang bisa menyebabkan konslet  pada komponen mesin. Untuk kasus ini penanganannya cukup sulit dan harus dikerjakan oleh tenaga ahli dibidangnya.