Perbaikan Hasil Print Printer Epson Berbayang atau Blur

Hasil Print Printer Epson Berbayang atau Blur - Hasil print berbayang adalah salah satu masalah atau kerusakan yang muncul pada printer. Masalah ini termasuk salah satu kerusakan yang mengganggu karena menyebabkan hasil print menjadi tidak sempurna. 

Kerusakan hasil prin berbayang bisa terjadi pada semua printer. Baik itu printer epson maupun canon atau  yang lainnya bisa berisiko hasil printnya berbayang. Untuk mengatasi masalah ini marilah kita bahas pada artikel ini. 

Penyebab Hasil Print Printer Epson Berbayang


Kerusakan hasil cetak berbayang pada printer Epson ini sangat banyak penyebabnya. Kerusakan bisa diakibatkan karena ada masalah pada mekanik printer, sensor, dan setingan printer. Selain itu yang paling fatal disebabkan karena ada kerusakan pada komponen print head atau komponen mainboard.

Untuk kerusakan yang disebabkan karena setingan yang salah, anda bisa mengatasinya dengan menyeting ulang printernya lewat komputer. Namun untuk kerusakan yang disebabkan karena masalah pada hardware diperlukan tidakan yang lebih serius dan harus hati-hati dalam penangannya supaya tidak terjadi kerusakan tambahan.

Perbaikan Hasil Print Printer Epson Berbayang atau Blur


Untuk perbaikan secara mekanik, setidaknya anda butuh keberanian untuk membongkarnya. Berdasarkan pengalaman, bagian yang sering bermasalah adalah seperti mekanik, sensor, encoder dan mainboard.

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab kerusakan printer epson dengan gejala Hasil Print Berbayang atau Blur dan cara mengatsinya. Sebenarnya ini sudah banyak diketahui oleh pada penguna printer, tapi tidak ada salahnya saya tulis di postingan ini.

Mengatasi hasil print berbayang pada printer epson


Berikut ini beberapa cara atau langkah - langkah yang bisa kita praktekan jika printer anda mengalami masalah yang sudah saya jelaskan di atas.

  • Cek sistem infus jika printer anda menggunakan sistem infush

Jika printer yang bermasalah menggunakan sistem infus, maka langkah pertama adalah  menganalisa sistem kerja pada bagian infusnya. Untuk cara menganalisanya, silahkan perhatikan selang infusnya apakah menggangu pergerakan catridge pada saaat melakukan print,

Biasanya selang infus yang terlalu kencang atau terlalu kendur bisa menyebabkan hasil print berbayang. Jika terlalu kendur atau kencang, silahkan seting lagi dengan mencangkan atau mengendurkan selang sampai benar-benar pas. Perhatikan juga kondisi selangnya, jika sudah keras, silahkan ganti selangnya dengan yang baru.

  • Cek komponen CR SCALE pada printer epson Anda



Hasil Print Printer Epson Berbayang atau Blur
( bentuk komponen CR Scale )

Komponen  CR Scale ini terletak memanjang yaitu sepanjang jalur pergerakan rumah catridge di atas kompone timing belt. Komponen ini bentuknya seperti pita transparan. Silahkan cek komponen tersebut, pastikan dalam keadaan bersih dari tinta atau debu.

Jika komponen CR scale bermasalah misalnya kalau sensor kotor, maka akan menyebabkan hasil print yang berbayang atau bahkan loncat-loncat

  •  Seting Alignment Head printer epson

Seting alignment head adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah hasil print yang berbayang. Untuk cara penyetingannya sangat mudah, tinggal hubungkan ke komputer, buka menu maintenance pada drivernya, kemudian masukan value yang sesuai .

Perbaikan Hasil Print Printer Epson Berbayang atau Blur
Seting alignment printer Epson

Untuk lebih jelasnya mengenai setingan ini, bisa anda ikuti langkah-langkahnya pada postingan saya yang lain yaitu Cara seting Alignment Printer Epson

  • Print Head mulai  rusak 

Kerusakan pada print head juga bisa menyebabkan hasil print yang berbayang. Kerusakan ini karena kondisi print head yang mulai rusak yaitu nozzle yang tidak beraturan. Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan print noozle check.

Jika banyak titik yang letaknya tidak  beraturan walaupun sudah dilakukan head cleaning dan tidak ada perubahan, berarti head mulai rusak Cara mengatasinya adalah dengan mengganti dengan print head yang baru .


Baca juga : Cara Membongkar Casing dan Mengganti Head Printer ESON L110, L300, L310, L210

  • Memory eeprom corrupt.

Untuk penyebab hasil print yang berbayang pada printer epson selanjtnya adalah karena memory eeprom yang corupt. Kerusakan ini bisa dikatakan jarang terjadi namun berdasarkan pengalaman, ada beberapa kasus yang disebabkan oleh kerusakan pada bagian ini.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara mengkopi file eeprom dari printer lain yang masih bagus dan tentunya dengan tipe yang sama.

Silahkan baca di sini : Cara Backup File Eeprom Printer Epson Tanpa Alat Programer

  • Ada kerusakan pada bagian mekanik

Kerusakan pada mekanik ini termasuk kerusakan yang sering terjadi pada printer epson terutama printer yang sudah berumur cukup lama. Adapun komponen yang sering rusak adalah bagian motor cariade dan jalur rumah catridge atau jalur gerak rumah catridge yang sudah kering atau lengket karena kotoran seperti debu. Untuk mengatasinya bisa diikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Pelumas jalur gerak catridge sudah lengket atau kering, Cara mengatasinya adalah dengan memberikan pelumas pada bagian jalur gerak rumah catridge. Silahkan bersihkan terlebih dahulu dari kotoran debu atau grease yang sudah lengket. Setelah itu beri pelumas lagi dengan grease kusus printer yang kualiasnya bagus. 
  2. Motor cariage sudah mulai rusak, untuk cara perbaikannya, silahkan matikan printer kemudian lepas motor cariage ari dudukannya. 

Hasil Print Printer Epson Berbayang atau Blur
( motor carriage )
Setelah dilepas dari dudukannya coba putarkan porosnya dengan tangan. Jika sudah terasa berat pada saat diputar, coba ketuk-ketukan bawahnya ke lantai sampai semua kotoran atau bubuk karbonnya keluar... biasanya cara ini cukup ampuh sebelum diganti dengan motor yang baru.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi kerusakan printer epson yang hasil printnya berbayang atau blur. Cukup mudah bukan ? Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat para pembaca semuanya. Jika ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan komentar  Terima kasih sudah berkunjung.