Blinking General ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100 T13 dan Me32

Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100 Dan T13 - General  Error pada printer adalah salah kerusakan pada printer yang bisa dikatakan cukup fatal. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan adanya pesan melalui lampu indikator. Pesan yang muncul ketika terjadi general error sangat beragam tergantung jenis printernya. Ada yang mengalami blinking cepet pada indikator tinta dan kertas secara bersamaan, adanya yang hanya menyala lampu indikator tintanya saja tetapi indikator power tidak menyala. dan banyak lagi sesuai tipe printernya.

Kerusakan blinking error biasanya terjadi karena ada salah satu komponen yang rusak, gangguan pada mekanik, atau ada sesuatu yang menggangu proses kerja printer misalnya kemasukan benda asing. Untuk memperbaikinya kita perlu menganalisanya terlebih dahulu supaya perbaikannya tepat pada sasaran.

Mengatasi general error pada printer Epsn L100 T13 dan Me32
Mengatasi general error pada printer Epsn L100 T13 dan Me32


Baca Juga: Cara Memperbaiki Printer EPSON L100 dan T13 mati total

Cara Menganalisa Penyebab General error pada Printer Epson


Berikut ini beberapa cara untuk menganalisa penyebab kerusakan general error.
  • Perhatikan semua proses yang terjadi pada printer yang mengalami error mulai dinyalakan sampai terjadinya error.
  • Pada saat printer melakukan proses apa..? dan komponen apa saja yang berperan dalam proses tersebut sesaat sebelum printer mengalami error ? 
  • Perhatikan indikator error yang muncul. Apakah karena general error atau error yang lain misalnya kertas tidak tertarik normal, waste ink pad full, atau tinta terdeteksi habis. Dengan mengetahui jenis blinking maka kita akan lebih mudah untuk memperbaikinya.
Berdasarkan pengalaman biasanya kerusakan general error hampir 90% disebabkan karena ada gangguan pada bagian hardware baik itu mekanik, mainboard, atau komponen lainnya termasuk motor dan sebagainya. Dan pada kesempatan ini saya akan membahas general error yang terjadi pada salah satu printer keluaran epson yaitu seri L100 dan T 13. Kedua printer ini memiliki mekanik dan mainboard yang sama persis sehingga kerusakannya pun 99% sama. sehingga cara perbaikannya juga bisa dikatakan sama persis.

Blinking general error pada  printer Epson L100 dan T13 memang sering terjadi terutama untuk printer yang sudah lama di pakai atau cara pemakaian yang kurang tepat. Adapun penyebabnya sangat banyak bisa dari bagian hardware seperti motherboard, mekanik maupun dari bagian firmware nya, namun secara garis besar penyebabnya adalah disebabkan karena ada gangguan pada bagian hardware.

Penyebab general error pada printer Epson L100, T13 dan epson ME 32


Berikut ini beberapa penyebab fatal error yang sering terjadi pada printer Epson L100 dan Epson T13 serat  cara perbaikannya.

1. Putaran motor carriage lemah.


Putaran motor carriage yang sudah lemah termasuk salah satu penyebab general error yang sering terjadi pada jenis printer ini. Biasanya gejala yang muncul jika terjadi kerusakan pada bagian ini adalah sebagai berikut.

Pada saat printer dinyalakan catridge akan bergerak tetapi gerakannya tersendat-sendat dan setelah itu terjadi  general error yang ditandai dengan blinkingnya  lampu orange dan hijau berkedip secara  bersamaan.

Kerusakan pada motor carriage biasanya terjadi karena umur motor yang sudah lama sehingga karbon nya sudah terkikis habis dan bubuknya menyumbat atau menghambat laju motor pada saat berputar.

Cara memperbaikinya adalah dengan cara membuang bubuk karbon yg ada di dalam  motor carriage tersebut. Silahkan ketuk-ketuk komponen  motornya  ke meja atau benda yang keras sampai bubuk carbonya keluar, atau dengan cara dibongkar dan membersihkan bagian dalamnya.

Namun jika setelah komponen motornya dibersihkan tetapi tidak membuahkan hasil, langkah satu-satunya adalah dengan cara menggantinya dengan komponen yang baru


Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100  T13 dan Me32
( motor carriage Epson L100 )

2. Komponen Print Head Rusak


Fatal error atau general error juga bisa disebabkan karena ada kerusakan pada komponen print head atau kondisi print head yang mulai melemah. Ciri kerusakan general error yang disebabkan oleh komponen print head ini adalah sebagai berikut.
  • Jenis blinkingnya sama dengan blinking pada kerusakan motor carriage
  • Biasanya general error terjadi pada saat printer sedang melakukan proses print. Baik pada saat dengah-tengah proses print maupun sesaat setelah proses print beres.
  • General error terjadi pada saat printer melakukan head cleaning atau setelah head cleaning
  • Kalau dicek dengan adjustment program biasanya muncul pesan error "head hot error"
Untuk memperbaiki kerusakan ini  satu-satunya jalan  adalah dengan menggantinya dengan print head yg baru. Kalau dicek dengan adjustment program biasanya muncul pesan error "head hot error"


3. Kabel data print head ada yang putus


Kabel print head yang rusak juga merupakan salah satu penyebab terjadinya general error pada printer epson tipe L100 dan T13 ini. Kerusakan pada kabel print head biasanya berupa adanya jalur yang putus atau jalur pada kabel print head terjadi korosi sehingga menghasilkan hambatan yang cukup besar gan menggangu kinerja print head.

Jika terjadi kerusakan pada kabel print head biasanya error terjadi pada saat catride mulai bergerak, kalau dicek dengan adjustment program biasanya muncul pesan error " head hot error " sama seperti print head rusak

Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100  T13 dan Me32
( Kabel print yang sudah rusak )

4.  CR scale yang kotor


CR scale  bentuknya seperti pita panjang dan transparan. Komponen ini terletak didekat komponen timing belt di sepanjang jalur pergerakan rumah catridge. Jika Komponen CR scale ini kotor parah misalnya karena ada tinta yang menyerap kedalamnya atau ada grease yang menempel, maka akan menyebabkan terganggunya pergerakan rumah catridge pada saat melakukan proses print atau pada saat printer melakukan kalibrasi sehingga menyebabkan printer mengalami general error, tetapi jika kotornya sedikit biasanya hanya berpengaruh pada kualitas hasil print yaitu huruf atau gambar jadi blur atau berbayang.

Baca Juga: Hasil Print Printer Epson Berbayang atau Blur

Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100  T13 dan Me32
( CR scale yang kotor )

5. Pelumas jalur rumah catridge yang kering  (" lupa namanya")


Kondisi jalur rumah catridge yang pelumasnya kering juga bisa menyebabkan terjadinya general error pada printer epson terutama tipe L100 dan T13. Keringnya bagian ini akan menyebabkan jalur rumah catridge menjadi kesat sehingga menggangu atau menghambat pergerakan rumah catridge. Akibatnya akan terjadi general error.

Pada printer yang masih baru biasanya pada bagian ini sudah di olesi oleh grease atau pelumas sehingga gerakan catride bergerak dengan mulus. Tetapi jika sudah lama biasanya pada bagian ini akan kering sehingga gerakan catride jadi terhambat.Gejalanya hampir sama dengan kerusakan pada bagian motor carriage.

Untuk memperbaiki kerusakan general error yang disebabkan karena jalur rumah catridge yang kering  sangatlah gampang yaitu hanya dengan mengoleskan grease pada bagian tersebut

Blinking general ERROR atau FATAL ERROR pada Printer EPSON L100  T13 dan Me32
( jalur rumah catridge yang kering )


6. Eeprom rusak atau corupt


General error juga bisa disebabkan oleh file eeprom yang corupt,, gejala error biasanya terjadi langsung sejak printer mulai dinyalakan. Berdasarkan pengalaman, jenis kerusakan general error yang disebabkan karena eeprom bisa dikatakan jarang terjadi. Jika kemungkinan error disebabkan karena masalah pada eeprom maka langkah perbaikannya adalah dengan cara menggati ic eeprom dengan ic eeprom yang lain yang sudah  diisi firmware sesuai dengan jenis dan tipe printernya.

7. Posisi selang infus yang tidak benar


Posisi selang infus yang tidak benar juga  merupakan salah satu penyebab terjadinya general error.  misalnya posisi selang infus yang lepas dari jalurnya, selang infus yang sudah mulai mengeras dan kaku atau pemasangan selang infus yang terlalu kencang atau longgar. Kondisi selang infus yang tidak benar akan mengganggu gerak laju catride sehingga bisa menyebabkan general error.

8. Motherboard Rusak


Selain dari poin-poin di atas, motherboard juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya general error. Namun kerusakan motherboard yang menyebabkan general error memang bisa dikatakan jarang terjadi. Kita bisa memvonis bahwa kerusakan general error berasal dari motherboard jika kita sudah menganalisa semua komponen selain motherboard termasuk sudah mengganti ic eepromnya. Jika masalah dari motherboard, maka jalan satu-satunya adalah kita harus mengganti motherboard tersebut dengan yang baru

Dalam perbaikan error pada printer pada intinya kita harus bisa menganalisanya dengan cara memperhatikan hal-hal berikut ini.
  • kapan error itu terjadi?
  • pada saat printer melakukan proses apa ?
  • komponen atau part mana saja yg berperan pada saat melakukan proses tersebut

Dari situ kita bisa memprediksi komponen apa yang mengalami masalah.

Itulah pembahasan mengenai general error pada printer Epson L100 dan T13 beserta cara memperbaikinya. Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat pembaca semuanya. Jika ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan komentar. Jangan lupa like, share dan subscribe blog ini. Terima kasih sudah berkunjung.