Printer Epson L100 dan T13 hasil print [blank] Tinta tidak Keluar

Printer Epson L100 dan T13 hasil print [blank] tidak mencetak atau tinta tidak keluar sama sekali - Setelah sebelumnya saya membahas  tentang perbaikan printer Epson seri L100 dan T13 yang mati total,  pada postingan ini masih pada pembahasan printer L100 dan T13 tapi masalahnya yang akan dibahas pada postingan ini  berbeda yaitu printer tidak bisa mencetak atau hasil print "blank" atau tidak keluar tinta sama sekali.

Printer tipe L100 dan T13 yang tidak bisa mencetak dalam kasus ini tidak ada hasil print sama sekali padahal tidak ada tanda-tanda error. Jadi ketika ngerprit ataupun check nozzle, tidak ada satu titik pun tinta yang keluar dari print head seperti keadaan dimana print head mampet total. Kerusakan ini bisa terjadi baik pada printer lama maupun printer baru sekalipun.

Printer Epson L100 dan T13 hasil print [blank] tidak mencetak


Langkah Perbaikan Printer Epson L100 dan T13 hasil print blank tidak mencetak


Kerusakan ini sangat sering terjadi pada jenis printer ini. Adapun  kerusakan ini biasanya terjadi pada printer yang bagian sekitar print headnya lembab atau ketika pergantian print head yang kurang hati-hati sehingga menyebkan terjadinya konslet. Selain itu juga karena kondisi komponen print head yang mulai rusak.

Untuk perbaikannya kita bagi menjadi tiga tahap berdasarkan komponen yang paling berperan dalam proses ini. Yang pertama kita lakukan pemeriksaan pada bagian catridge kemudian pemeriksaan komponen print head dan yang terakhir kita lakukan pemeriksaan pada bagian bagian mainboard printer L100 atau T13 ini.

Baiklah sekarang kita ke proses pemeriksaan dan perbaikan

Pemeriksaan serta perbaikan catridge dan print head


Untuk tahap ini Anda bisa mengiktui beberapa langkah berikut ini. Silahkan lakukan dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan kerusakan lain yang terjadi pada saat proses perbaikan.
  1. Lakukan pengecekan bagian catridge apakah tintanya penuh atau kosong. Jika ternyata  tintanya masih ada atau penuh berarti tidak ada masalah pada bagian ini. 
  2. Setelah itu lakukan pengecekan pada komponen print head terlebih apakah print head dalam keadaan mampet total atau tidak. Cara pengecekannya seperti berikut.
  • Dengan  cara head cleaning lewat komputer sambil memperhatikan selang pembungan . Apakah ada tinta yang keluar dari selang pembungan...? Jika ada berarti head tidak mampet. 
  • Lakukan dengan cara menyuntikan cairan head cleaner ke lubang catride tempat masuknya tinta dari catridge. Dalam penyuntikan cairan tersebut harus dilakukan dengan hati-hati. Gunakan suntikan yang kecil supaya tekanannya tidak terlalu besar. Suntikan secara perlahan sekitar 1/2 ml, kemudian perhatikan apakah ada yang keluar dari print head. Jika ada cairan yang keluar berarti print head tidak dalam keadaan mampet dan ini berarti masalah bukan dari printhead.

Pemeriksaan bagian mainboard printer


Setelah pengecekan catridge dan print head, jika hasilnya tidak ada masalah, sekarang kita fokur ke bagian mainboard.

Baca juga : hasil Print EPSON bergaris ( C90, T11, T13, L100, 1390, L110, L210, L300, dll )

Untuk Pengecekan bagian mainboard dapat diikuti beberapa langkah berikut ini

  •  Pertama-tama matikan terlebih dahulu printer yang akan kita perbaiki, kemudian cabut kabel power yang terhubung ke listrik PLN.
  • Setelah itu bongkar casing printer bagian atasnya dengan hati-hati. Dalam membuka casing atas printer, perhatikan kabel powernya jangan sampai putus atau terkelupas pada bagian ujungnya.
  • Setelah bagian casing atas dibongkar,  lepaskan bagian motherboard dari dudukannya.dalam pembongkaran motherboad, lakukan dengan hari-hati terutama pada saat mencabut kabel data ke print head karena mudah terkelupas
  • Setelah itu kita perhatikan motherboard, lihat pada gambar berikut ini.


Perhatikan pada bagian yang diberi tanda panah. Coba ukur dengan multi tester. Jika sudah putus silahkan ganti, tetapi jika tidak ada kerusakan maka kita lanjut ke langkah berikutnya.

  • Lakukan pengecekan bagian kabel  data print head dengan cara melepas print headnya terlebih dahulu kemudian ukur dari ujung yang satu ke ujung yang lain dengan menggunakan multitester . Jika ada yang putus, silahkan ganti dengan kabel yg bagus atau lakukan jamper pada jalur yang putus.
  • Jika sampai langkah no.5 tidak ada perubahan, coba ganti print head dengan yang baru atau pakai dulu print head dari printer lain yang masih bagus dan tentunya dengan tipe print head yang sama.
  • Jika masih belum membuahkan hasil, silahkan coba dengan mengganti motherboar yang baru

Itulah penjelasan mengenai cara perbaikan printer L100 dan T13 yang mengalami  mati total, semoga memberikan manfaat kususnya buat para pembaca blog ini. Jangan lupa untuk like, share dan subscribe blog ini. Terima kasih sudah berkunjung.